10 Website Download Ebook Gratis Terbaru (2022)

Kumpulan situs penyedia ebook gratis lengkap dan terpecaya lokal dan internasional
10 situs website yang menyediakan download ebook gratis secara legal, lengkap dan terpecaya.

Tren paperless semakin populer beberapa tahun belakangan ini, terutama di kalangan anak muda yang telah terbiasa hidup dengan teknologi dan gadget. Guna menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi dampak kerusakan hutan akibat penebangan untuk kertas, penggunaan kertas mulai banyak dikurangi.

Sebagai solusinya, sebagian orang lebih memilih membaca ebook (buku elektronik). Tulisan ini pun akan mengulas situs-situs web yang menyediakan fitur download ebook gratis untuk kamu.

Buku telah menjadi bagian penting dalam proses pendidikan dan pengajaran. Bukan sekedar sebagai alat pembelajaran di sekolah atau kampus, peranan buku sangat penting untuk dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan, pepatah terkenal menyebutkan bahwa “Buku adalah jendela dunia”.

Seiring kemajuan teknologi serta bertumbuhnya kesadaran akan penggunaan kertas yang dinilai kurang ramah lingkungan, buku elektronik atau ebook menjadi pilihan karena mengurangi pemakaian kertas yang berasal dari pohon. Terlebih lagi, sekarang ebook gratis banyak tersebar di internet. Ebook gratis menjadi primadona karena mudah diunduh dengan cuma-cuma.

Kumpulan website berikut menawarkan download ebook gratis tanpa perlu membayar.

1. OpenLibrary.org: Download Ebook Gratis dari Seluruh Dunia

Tampilan antarmuka beranda Open Library, salah satu situs download ebook gratis dari penjuru dunia, versi dekstop/komputer. Design oleh Muhammad Nana Siktiyana
Tampilan beranda Open Library (LindungiHutan/M. Nana Siktiyana)

Apabila kamu senang membaca buku, perpustakaan pasti sudah tidak asing lagi. Di zaman digital ini, perpustakaan tradisional mulai berkembang dan beradaptasi dengan teknologi sehingga muncul perpustakaan online/digital.

Kedua jenis perpuastakaan memiliki fungsi sama, yaitu menawarkan kesempatan untuk membaca buku-buku secara gratis.

Salah satu perputakaan digital yang dapat kamu akses adalah Open Library.

Open Library memiliki lebih dari 20 juta koleksi ebook yang dapat kita manfaatkan secara gratis. Uniknya, kita juga bisa ikut berkontribusi dengan menambahkan buku-buku elektronik pada situs tersebut.

Agar mempermudah pencarian ebook, Open Library mengelompokkan ebook berdasarkan tema masing-masing. Mulai dari buku romantis, seni, novel fantasi, biografi, kesehatan sejarah, resep masakan, buku-buku klasik dan anak-anak lengkap tersedia.

Selain itu, situs Open Library juga menyediakan fitur pencarian berdasarkan judul, kategori, penulis, tema dan lain sebagainya.

Kamu bebas membaca, menambahkan, atau download ebook gratis yang tersedia di Open Library kapan saja.

2. Buku Sekolah Eletkronik (BSE) Kemdikbud: Download Buku Paket Resmi untuk SD, SMP dan SMA

Beranda website buku sekolah elektronik (BSE) Kemdikbud. Design oleh Muhammad Nana Siktiyana
Situs download ebook gratis berupa buku pelajaran sekolah resmi, BSE Kemdikbud (LindungiHutan/M. Nana SIktiyana)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) beberapa tahun silam merilis program Buku Sekolah Elektronik (BSE). Kamu dapat mengunduh lebih dari 1300 buku pelajaran resmi untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK tanpa dikenakan biaya.

Tujuan dari program ini yaitu mempermudah akses siswa, wali dan guru dalam memperoleh bahan pembelajaran. Dengan mengakses situs resmi kemdikbud, kamu bisa download ebook gratis berupa buku paket ajar versi siswa dan buku pendamping versi guru yang tersedia sebagai pegangan dalam belajar.

Buku-buku paket elektronik yang disediakan pun lengkap dari kurikulum 2007 hingga kurikulum terbaru 2013.

3. DuniaDownload.com: Kumpulan Ebook Gratis Penulis Dalam Negeri

Beranda DuniaDownload.com situs kumpulan buku elektronik lokal
DuniaDownload.com merupakan salah satu website untuk download ebook gratis asli dalam negeri (LindungiHutan/M. Nana Siktiyana)

Situs ini merupakan penyedia ribuan ebook gratis dalam bahasa Indonesia. Dunia Download menawarkan ebook tanpa berbayar dan tidak perlu mendaftar.

Ebook yang tersedia memiliki topik yang beraneka ragam dari bisnis, novel, resep makanan, komputer, pariwisata, komik, SEO, trik sulap dan yang lainnya.

Kamu juga dapat menjadi seorang kontributor dengan mengunggah karya tulismu di website Dunia Download.

Disamping menyediakan ebook gratis, penyedia layanan kerap mengadakan undian berhadiah buku. Jika terpilih sebagai pemenang, buku original akan dikirimkan ke alamat rumahmu.

4. Project Gutenberg: 60 Ribu Ebook Gratis dan Tertua

Halaman depan Project Gutenberg, situs download ebook gratis pertama di dunia
Halaman depan Project Gutenberg, situs download ebook gratis pertama di dunia (LindungiHutan/M. Nana Siktiyana)

Salah satu website penyedia layanan download ebook gratis pertama, tertua dan terlengkap di dunia adalah Project Gutenberg. Situs ini bermula sejak 1975 silam dan masih eksis sampai sekarang.

Project Gutenberg merupakan perpustakaan online yang menyimpan lebih dari 60.000 buku elektronik. Untuk membacanya, kamu bisa memilih format epub gratis atau melalui Kindle. Kamu juga dapat mengunduh atau membacanya langsung secara online.

Keunikan Project Gutenberg adalah keberadaan buku-buku literatur klasik. Buku-buku yang hak ciptanya telah kadaluarsa ini disimpan untuk diakses secara online dan gratis oleh semua orang.

Masalah pada buku klasik bukan pada harganya, tetapi pada ketersediaan buku cetak. Karena telah diterbitkan ratusan tahun lalu, sebagian besar naskah aslinya telah lenyap.

Tapi kita tetap bisa mengaksesnya secara bebas di situs resmi Project Gutenberg.

5. Indonesia Ebook: Kumpulan Novel Romantis Lokal dan Terjemahan

Tampilan situs Indonesia Ebook, website download ebook gratis berupa novel lokal dan terjemahan.
Tampilan beranda situs Indonesia Ebook (LindungiHutan/M. Nana Siktiyana)

Bingung mau baca novel apa hari ini? Coba googling Indonesia Ebook dan pasti menarik untuk kamu kunjungi.

Indonesia Ebook menyediakan bermacam-macam novel dalam negeri dan terjemahan yang dapat kamu download secara mudah dan gratis.

Tidak hanya novel, Indonesia Ebook juga berisi buku-buku fiksi dan non-fiksi dalam format digital lain. Apabila kamu jeli, diantara berbagai tulisan yang ada terdapat pula buku best-seller yang terkenal di pasaran. Terlebih lagi ebook terjemahan juga dapat kamu download gratis.

6. Oapen.org: Ebook Akademik Gratis Berkualitas

Tampilan pencarian situs Oapen.org
Oapen.org menyediakan bermacam buku-buku paket dari seluruh dunia (LindungiHutan/M. Nana Siktiyana)

Kamu dapat mengunduh berbagai jenis buku akademik secara gratis dari website ini. Sebagian besar terdiri atas buku-buku ilmu sosial.

Oapen bekerja sama dengan sejumlah penerbit untuk menciptakan kontrol kualitas terhadap buku-buku yang ditawarkan kepada pembaca.

Perpustakaan digital ini memiliki kantor fisik di National Library di The Hague, Belanda. Awalnya, Oapen (Open Access Publishing in European Networks) adalah proyek yang didanai oleh EU dalam waktu 30 bulan. Tujuan dari proyek tersebut adalah melakukan publikasi yang optimal terhadap buku akademik, khususnya di bidang sosial, sehingga semakin banyak dibaca.

7. Google Books: Situs dan Aplikasi Wajib Penggemar Buku

Google Books telah terintegrasi dengan layanan Play Store.
Google Books yang terintegrasi dengan Play Store memudahkan pengguna untuk membeli atau mengunduh ebook yang diminati (LindungiHutan/M. Nana Siktiyana)

Google telah lama dikenal sebagai raksasa mesin pencari selama belasan tahun terakhir.

Akan tetapi, raksasa teknologi asal Amerika Serikat tersebut tidak berhenti berinovasi dalam pengembangan layanan.

Google menginisiasi sebuah mesin pencari untuk menelusuri buku. Layanan yang dinamakan Google Books mendorong kemudahan bagi kita guna menemukan buku dengan mudah.

Prinsip utama Google Books pun sama seperti Google Search Engine dengan cukup menuliskan kata kunci semisal judul buku, nama penulis, tahun terbit atau topik terkait.

Sebagian ebook memang berbayar, namun tidak jarang ebook gratis yang ditemukan beredar. Google Books tersedia dalam versi web yang bisa diakses menggunakan browser dan aplikasi smartphone.

Sekarang, Google Books terus berkembang dan terintegrasi dengan layanan pusat aplikasi Android resmi milik Google yaitu Google Play.

8. Bookyards: Unduh Puluhan Ribu Ebook Gratis

Tampilan Bookyards.com dalam bentuk dekstop/komputer/laptop.
Situs Bookyards.com memiliki tampilan sederhana (LindungiHutan/M. Nana Siktiyana)

Bookyards menyediakan puluhan ribu ebook gratis dari beragam tema seperti seni, bisnis, buku-buku berbahasa perancis dan spanyol, sejarah, hukum dan literatur serta masih banyak lainnya.

Nikmati buku-buku elektronik gratis yang ditawarkan oleh Bookyards. Perpustakaan online ini menyimpan sejumlah buku yang ditulis oleh 6.709 penulis. Hingga saat ini, ada sekitar 24.278 judul buku yang tersedia di situs Bookyards dan berasal dari ratusan penerbit.

Menariknya, kamu bisa melacak buku dengan pencarian berdasarkan nama penulis.

Namun, untuk mengunduh dan mendapatkan ebook, kamu hanya perlu menekan satu tombol. Selanjutnya, kamu bisa menikmati alias membaca buku dalam format PDF.

Tentu pilihan ini lebih simpel jika dibandingkan dengan membawa buku fisik.

9. CentslessBooks: Ebook dan Audiobook Terlengkap Tanpa Bayar

Beranda CentslessBooks.com dalam versi dekstop
CentslessBooks.com tidak hanya menyediakan ebook tapi audibook juga secara gratis (LindungiHutan/M. Nana Siktiyana)

Kamu dapat mengakses ribuan ebook dan audiobook secara gratis di Centsless Books.

Di situs ini, banyak sekali pilihan buku yang dapat diakses secara gratis melalui Kindle. Mulai dari yang populer hingga klasik, semua bisa kamu temukan di situ.

Ebook-ebook dan audiobook yang tersedia di Centsless Books dikelompokkan dalam beberapa kategori. Kateogori yang tersedia pun beragam seperti buku romance (romantis), fantasi, nonfiksi, self help, referensi, hukum, medis, travel, buku parenting (pengasuhan anak) dan hubungan, sejarah dan buku anak-anak.

Kamu akan diarahkan ke halaman Amazon untuk mengunduh ebook yang mereka sediakan.

10. Buku-e LIPI: Temukan Buku Elektronik Non-fiksi Resmi dan Gratis

Download ebook gratis dari situs resmi LIPI
Buku-e LIPI berisi ribuan buku elektronik dan artikel ilmiah yang bermanfaat untuk penelitian dan tugas akhir (LindungiHutan/M. Nana Siktiyana)

Kalau kamu sedang mencari buku referensi untuk melengkapi tugas kuliah atau skripsi, alangkah baiknya kamu mengunjungi situs buku elektronik yang dikelola oleh LIPI.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menawarkan ribuan buku elektronik yang bisa kamu unduh kapanpun.

Disamping literatur berbahasa Indonesia yang mudah dipahami, kamu juga tidak perlu membayar sepeserpun untuk mengunduh ebook di situs ini.

Merasa cinta lingkungan? Tapi kok abai sama hutan?

Kertas-kertas yang kita gunakan untuk menulis dan membaca buku-buku selama ini berasal dari pohon-pohon di hutan. Semakin banyak kertas yang kita gunakan, semakin berkurang manfaat pohon yang dihasilkan.

Tanam Pohon Hari Ini