Kampanye Alam "Pulihkan Hutan Gunung Sindoro" - LindungiHutan

Pulihkan Hutan Gunung Sindoro

"Yuk, bersama-sama kita hijaukan Gunung Sindoro kembali dan kembalikan fungsi hutan nya!"

Dibuat: Lindungi Hutan | Oct 12, 2018

Lokasi: Gunung Sindoro | Kota: Wonosobo

Campaign ini bekerjasama dengan Relawan Temanggung


Lihat Update terbaru dari Kampanye Alam ini.
Kebakaran hutan kawasan Gunung Sindoro, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, terus meluas ke arah timur. Kebakaran terjadi Jumat, 8 September 2018 di wilayah Sigedang, Kabupaten Wonosobo.

Kebakaran telah menghanguskan lahan di petak 10-1 (Desa Tlogowero, Kecamatan Bansari) seluas 60 hektar, petak 10-2 (Desa Giripurno, Kecamatan Ngadirejo) seluas 41 hektar, petak 10-3 (Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo) seluas 37 hektar, dan petak 10-4 (Desa Katekan, Kecamatan Ngadirejo) seluas luas 28,1 hektar.



Foto : Kebakarang yang terjadi di Gunung Sindoro

Kemudian, di petak 10-6 (Desa Tuksari, Kecamatan Bansari) seluas 10,5 hektar, petak 10-7 (Desa Jeketro,Kecamatan Kledung) seluas 15 hektar, petak 10-9 (Desa MranggenKidul, Kecamatan Bansari) 6,0 Ha, dan petak 10-10 (Desa Katekan, Kecamatan Ngadirejo) 20 hektar.

Lalu di petak 10-11 (Desa Bansari, Kecamatan Bansari) 5 hektar, petak 10-12 (Desa Mranggen Tengah, Kecamatan Bansari) 6,5 hektar dan petak 10-16 (Desa Giripurno, Kecamatan Ngadirejo) 16 hektar.

Jika pohon yang berada diatas gunung telah habis. Maka akan terjadi gangguan pada siklus air. Pohon memiliki peranan yang penting dalam siklus air, yaitu menyerap curah hujan serta menghasilkan uap air yang nantinya akan dilepaskan ke atmosfer. Dengan kata lain, semakin sedikit jumlah pohon yang ada di bumi, maka itu berarti kandungan air di udara yang nantinya akan dikembalikan ke tanah dalam bentuk hujan juga sedikit.



Foto : Luasan area kebakaran

Hal tersebut dapat menyebabkan tanah menjadi kering sehingga sulit bagi tanaman untuk hidup. Selain itu, pohon juga berperan dalam mengurangi tingkat polusi air, yaitu dengan menhentikan pencemaran. Dengan semakin berkurangnya jumlah pohon-pohon yang ada di hutan Gunung Sindoro akibat kebakaran, maka hutan tidak bisa lagi menjalankan fungsinya dalam menjaga tata letak air. Untuk mengembalikan fungsi hutan tersebut maka perlu dilakukan penanaman (penghijauan) kembali di area Gunung Sindoro.

Source: Kompas.com, Tirto.id

Melalui Kampanye ini, Lindungi Hutan dan relawan dari Gunung Sindoro akan melaksanakan penanaman pada tanggal 16 Juni 2019 dengan target 2000 pohon. Besaran Donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 30.000/pohon.

Dengan Rincian :
  1. Biaya Bibit
  2. Biaya Tanam
  3. Operasional Kegiatan
  4. Biaya perawatan selama 1 Tahun (Update perkembangan pohon dapat dilihat di website ini)
  5. Update dilakukan selama 3 Bulan sekali
  6. Pengembangan Website Lindungi Hutan
Bagaimana Cara Berdonasi ??
  1. Klik Tombol Donasi
  2. Input Jumlah Pohon yang akan di donasikan
  3. Pilih Transaksi Pembayaran
  4. Konfirmasi
  5. Nama Anda Akan muncul di Halaman Donatur
  6. Selesai

Anda Juga dapat melakukan Gabung Aksi penanaman dengan melakukan pendaftaran di Tombol “Gabung Aksi”, biaya ditanggung peserta.

Salam Lestari !!

LindungiHutan juga akan melakukan monitoring disetiap kampanye alam, dan kamu sebagai donatur ataupun relawan dapat melihatnya di halaman ini.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik pembuat kampanye alam dan tidak mewakili lindungihutan.com.

Kamu bisa melaporkan kepada lindungihutan.com jika kampanye alam yang dibuat mencurigakan atau keterangan yang tertera tidak mengandung kebenaran, dengan klik link berikut. Laporkan

Alfina Fahrani

2 Pohon

Anonymous

1 Pohon

Ku dedikasikan 1 Pohon untuk Cucu saya. Walau calon suamipun belom punya

Laili Dwi Fitriana

1 Pohon