Connect with us

Kegiatan

7 Tahun LindungiHutan: Inovasi dan Semangat Jaga Hutan Indonesia

Published

on

7 tahun lindungihutan

Senin, 18 Desember 2023 bertepatan dengan hari lahirnya LindungiHutan sekaligus perayaan perjalanan kami yang ke-7 tahun dalam melestarikan hutan di Indonesia. Sebagai startup yang berdedikasi pada konservasi lingkungan sejak tahun 2016, hingga saat ini LindungiHutan telah menanam sebanyak lebih dari 786.900 pohon di 47 lokasi bersama 506 mitra hijau, donatur, dan penggerak lingkungan yang tersebar di seluruh indonesia.

7 tahun LindungiHutan merupakan perjalanan yang cukup panjang, tetapi bukan akhir dari komitmen LindungiHutan untuk melestarikan lingkungan dan membantu masyarakat di sekitar hutan agar memiliki kehidupan yang lebih sejahtera. LindungiHutan bersama masyarakat lokal atau petani bekerja sama dalam upaya penanaman pohon di lokasi-lokasi penghijauan.

Miftachur Robani atau Ben, CEO LindungiHutan mengungkapkan bahwa menginjak tahun ke-7, LindungiHutan telah berbenah baik dari segi internal maupun eksternal dengan meningkatkan kuantitas, kualitas, dan kapabilitas tim secara internal serta mengembangkan produk dari LindungiHutan agar dapat dimanfaatkan oleh lebih banyak orang.

“Kami mencoba untuk memperbaiki kapabilitas secara internal, tim kami berkembang dan bertumbuh. Kami membangun struktur internal untuk melihat tantangan dan peluang lebih banyak lagi yang bisa kami jangkau dan layani. Kami terus mencoba dan mengembangkan LindungiHutan menjadi produk yang dapat digunakan dan dimanfaatkan lebih banyak orang,” ujar Ben.

LindungiHutan senantiasa menciptakan program dan inisiatif yang berdampak positif terhadap pelestarian alam dan pemberdayaan masyarakat di berbagai wilayah penghijauan. 

“Layanan yang kami ciptakan dapat membantu agar hutan tetap lestari, masyarakat di sekitar hutan lebih sejahtera melalui aktivitas reforestasi. Tahun depan akan kami tingkatkan layanan yang dapat digunakan lebih banyak entitas lain,” ucap Ben.

Baca juga: Babak Baru Perdagangan Karbon di Indonesia

7 Tahun LindungiHutan Siapkan Harapan Baru Untuk Hutan Indonesia di 2024

perayaan 7 tahun lindungihutan
Perayaan 7 Tahun LindungiHutan (Dokumentasi: LindungiHutan).

Tahun 2024 menjadi harapan baru bagi LindungiHutan dalam upaya menjaga kelestarian hutan-hutan di Indonesia. Dengan komitmen mereka terhadap pelestarian hutan dan kesejahteraan masyarakat, LindungiHutan telah merancang sejumlah program dan campaign terbaru yang akan diluncurkan pada tahun 2024. 

Dalam program dan campaign tersebut, LindungiHutan senantiasa melibatkan entitas peduli lingkungan untuk menjalin kerja sama memberikan dampak positif bagi alam dan masyarakat yang tinggal di sekitar hutan.

“Beberapa program kita akan kembali hadir, jadi kami menyiapkan kalender program mulai dari aktivitas campaign, program sponsor, hingga aktivasi untuk menambah awareness kita untuk melestarikan lingkungan. Tahun depan ada program yang dapat didukung dan disponsori oleh mitra yang akan bekerja sama bersama kami,” kata Ben.

Setalah 7 tahun LindungiHutan hadir dengan beberapa program dan inisiasi di tahun 2023, pada tahun 2024 ini LindungiHutan kembali menghadirkan beberapa program dan campaign dari LindungiHutan yang akan dijalankan pada tahun 2024 antara lain #PilihLestari, TREESHBASH!, Imbangi 2.0, JAGA HUTAN, HARAPAN HUTAN, dan lain-lain. Sementara itu, akan program reguler yang terus dijalankan adalah The Green CSR dan Collaboratree.

Program-program tersebut merupakan upaya dari LindungiHutan untuk menghijaukan dan melestarikan hutan Indonesia dengan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga alam di sekitar kita.

Baca juga: Luncurkan API LindungiHutan Terbaru untuk Perkuat Kerja Sama dengan Brand dan Perusahaan

Melangkah ke Depan, Jaga Alam Bersama LindungiHutan

Dalam menghadapi tantangan dan melanjutkan komitmen pada perlindungan dan pelestarian alam Indonesia, LindungiHutan terus meningkatkan kualitas layanan dari setiap produk yang dihasilkan. Upaya kolaborasi antar pihak merupakan langkah penting untuk menciptakan perubahan yang berkelanjutan.

LindungiHutan membuka kesempatan bagi mitra baik perorangan, organisasi, komunitas, hingga perusahaan untuk menjalin kerja sama dengan kami dalam upaya penghijauan. Serta, LindungiHutan berharap dapat menciptakan kerja sama dengan mitra-mitra sebelumnya dan mitra baru pada tahun 2024 ini.

“Kami berharap kerja sama yang telah terjalin dengan mitra-mitra kami di tahun-tahun sebelumnya dapat kembali terwujud pada tahun 2024. Bagi mitra baru yang ingin bergabung dan masih ragu dengan LindungiHutan adalah dapat dilihat dari komitmen kami, track record kami yang bisa diakses atau di cek pada tahun sebelum-sebelumnya di website kami,” pungkas Ben.

Baca juga: Konservasi Mangrove Sebagai Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *