Connect with us

Mitra Hijau

Blibli Tiket Action Tanam 4.000 Mangrove Hijaukan Pesisir Mangunharjo, Kota Semarang

Published

on

Aksi penghijauan blibli tiket action di demak

Blibli merupakan platform ekosistem omnichannel terintegrasi yang dikembangkan di Indonesia. Melalui gerakan Blibli Tiket Action, perusahaan menggerakkan sebuah komitmen keberlanjutan yang berfokus pada pelestarian lingkungan yang dilakukan sejak tahun 2021.

Tahun ini, Blibli Tiket kembali melakukan aksi penghijauan dengan berkolaborasi bersama LindungiHutan dengan melakukan upaya penanaman pohon mangrove di pesisir Mangunharjo, Kota Semarang, Jawa Tengah. Sebanyak 4.000 bibit mangrove ditanam oleh Blibli Tiket merupakan bentuk komitmen menjaga kelestarian lingkungan sekaligus memperkuat ekosistem di Mangunharjo.

Lawan Perubahan Iklim, Blibli Lakukan Penghijauan di Mangunharjo, Kota Semarang

Penanaman simbolis bibit mangrove gerakan blibli tiket action
Penanaman mangrove secara simbolis oleh Blibli bersama perwakilan Gubernur dan Dinas Lingkungan Hidup Jawa Tengah. (Dokumentasi: LindungiHutan).

Aksi penghijauan yang dilakukan Blibli melalui gerakan Blibli Tiket Action merupakan aksi nyata untuk mendukung program berkelanjutan (SDG’s) pada poin 13, 15, dan 17 mengenai perubahan iklim, degradasi lahan akibat abrasi, dan kemitraan untuk mencapai tujuan. 

Lisa Widodo, COO & Co-founder Blibli, mengatakan “Sejalan dengan misi kami untuk menjadi platform perdagangan dan gaya hidup omnichannel yang terpercaya, di Blibli Tiket, kami berupaya menciptakan bisnis yang berkelanjutan dan memberikan dampak positif secara ekonomi, sosial, dan lingkungan bagi karyawan, pelanggan, mitra, dan pemangku kepentingan lainnya, dilandasi standar tata kelola data tertinggi”.

Dengan menanam pohon bersama LindungiHutan aksi ini diharapkan dapat bermanfaat bagi lingkungan, masyarakat, dan stakeholder lain secara berkelanjutan. Sebanyak 4.000 mangrove berhasil dikumpulkan melalui kampanye “Aksi Cinta Bumi bersama Blibli Tiket Action”. Jumlah bibit tersebut merupakan hasil konversi dari 40.000 kemasan plastik dan kardus yang dikembalikan oleh pelanggan dan karyawan ekosistem Blibli Tiket, hingga donasi dari masyarakat umum dari berbagai acara publik sepanjang tahun 2023.

Upaya penghijauan ini turut sebagai aksi Blibli melawan dari perubahan iklim dengan membantu mengurangi emisi karbon melalui aksi penanaman pohon. 

“Kami berharap dapat berkontribusi terhadap pengurangan emisi karbon dan memberikan dampak positif bagi ekonomi, komunitas, dan masyarakat sekitar. Kami berupaya menjadi solusi nyata bagi dampak perubahan iklim di Indonesia,” sambung Lisa.

Penanaman ini turut dihadiri oleh COO & Co-founder Blibli, Lisa Widodo, Ranch Market District Manager Wilayah Semarang Sri Supriyati, Chief People Officer tiket.com Dudi Arsandi, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah Pujiharini. Serta melibatkan Kelompok Tani Mangrove Lestari Mangunharjo yang dipimpin oleh Sururi.

Baca juga: Aksi BHUMI Tanam 1.000 Mangrove Lestarikan Pesisir Bekasi

Melihat Kondisi Lingkungan di Pantai Mangunharjo

kelompok tani mangrove lestari mangynharjo
Kelompok Tani Mangrove Lestari Mangunharjo. (Dokumentasi: LindungiHutan).

Kerusakan luasan mangrove di Kota Semarang banyak disebabkan adanya alih fungsi lahan menjadi area pertambakan atau kawasan industri. Tahun 1980-1990 banyak masyarakat yang membuka hutan mangrove dan mengubah menjadi tambak udang yang menguntungkan bagi masyarakat. Hingga tahun 2009, garis pantai di pesisir Jawa Tengah telah mengalami abrasi seluas 5.600 ha. 

Berbagai upaya penghijauan yang terus dilakukan oleh pemerintah Kota Semarang, Namun, upaya ini belum berjalan maksimal karena luasan mangrove yang hilang masih menimbulkan jejak kerusakan yang tinggi. 

Kawasan pesisir Mangunharjo menyandarkan harapan besar kepada kelestarian hutan mangrove. Adanya hutan ini, kerusakan lingkungan seperti abrasi, banjir rob dapat berkurang secara signifikan. 

Salah satu tokoh masyarakat sekaligus Ketua Kelompok Tani Mangrove Lestari Mangunharjo, terus menggalakkan penanaman mangrove untuk menyelamatkan pesisir Mangunharjo hingga saat ini. Melalui penanaman 4.000 Mangrove oleh Blibli Tiket bersama LindungiHutan di pesisir Mangunharjo, Sururi berharap mangrove yang ditanam dapat menjadi benteng pertahanan untuk menekan laju abrasi di kawasan ini.

“Harapannya, semoga mangrove di Mangunharjo tumbuh dengan baik sehingga mangrove dapat menjadi penahan abrasi,” ucap Sururi, Ketua Kelompok Tani Mangrove Lestari Mangunharjo.

Baca juga: Atasi Masalah Lingkungan, PT Behn Meyer Tanam 1.000 Mangrove di Surabaya

Berikan Dampak Lingkungan yang Berkelanjutan Bersama LindungiHutan

Gerakan penghijauan blibli tiket action
Gerakan Blibli Tiket Action di pesisir Mangunharjo, Demak. (Dokumentasi: LindungiHutan).

Ikuti langkah Blibli Tiket Action dalam menghijaukan Pantai Mangunharjo bersama LindungiHutan. Aksi tersebut, menjadi kontribusi nyata Blibli Tiket Action memberikan dampak pada lingkungan dan masyarakat secara langsung maupun tidak langsung.

LindungiHutan bersama dengan 506 mitra hijau, penggalang, dan penggerak telah bersama-sama menanam 792.600 pohon di 47 lokasi penghijauan yang tersebar di seluruh Indonesia. Telah menjadi komitmen LindungiHutan untuk menghijaukan hutan di Indonesia untuk menjaga kelestarian bumi.

Jalin kerja sama bersama LindungiHutan dalam upaya peduli lingkungan dengan mengisi formulir di bawah ini.

Baca juga: PT Mitra Adiperkasa Tbk & Grup Tanam 900 Mangrove di Pantai Indah Kapuk

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Rawat Bumi LindungiHutan