Connect with us

Mitra Hijau

Aksi BHUMI Tanam 1.000 Mangrove Lestarikan Pesisir Bekasi

Published

on

Bhumi tanam mangrove di Bekasi

BHUMI merupakan brand skincare yang dilahirkan pada tahun 2017 oleh PT Riza Kreasi Naturalindo. BHUMI tercipta dari sebuah impian untuk menciptakan produk kecantikan kulit yang berasal dari keindahan alam. Setiap produknya berfokus pada perawatan kulit secara alami yang menginspirasi masyarakat untuk menikmati gaya hidup cantik dan sehat. 

Keunikan BHUMI membuatnya lebih unggul dibandingkan brand lainnya yaitu dengan menggunakan 100% bahan alami dan essential oil alami yang bersertifikasi organik dari USDA. Dengan menggunakan bahan dari alam, Bhumi menyadari bahwa alam berperan penting bagi perjalanannya hingga saat ini.

Atas kesadaran tersebut, brand skincare ini melakukan sebuah gerakan penghijauan yang bertujuan untuk melindungi dan memperbaiki alam dan lingkungan. Kolaborasi BHUMI bersama LindungiHutan menjadi salah satu bentuk nyata aksi BHUMI peduli pada kelestarian lingkungan sekitarnya.

Upaya Penghijauan BHUMI Bersama LindungiHutan, Hijaukan Pesisir Pantai Bahagia

1.000 pohon dari Bhumi
Penanaman 1.000 pohon Mangrove dari BHUMI di Pantai Bekasi. (Dokumentasi: LindungiHutan).

Seperti namanya, BHUMI berkomitmen dengan menjunjung pada nilai environment, empowerment, & entrepreneurship dengan memberikan manfaat kepada masyarakat dan lingkungan. Bersama LindungiHutan, BHUMI melakukan kegiatan penghijauan yang bertujuan untuk mengembalikan hijaunya Pantai Bahagia, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat

BHUMI mendonasikan sebagian keuntungan dari setiap penjualan produk dari series Beneath untuk penanaman pohon yang dikumpulkan melalui kampanye “1.000 Pohon dari Bhumi & beneath! Untuk Bumi #BibituntukBumi”. Sebanyak 1.000 bibit mangrove berhasil dikumpulkan BHUMI dan ditanam pada 30 November 2023 di pesisir Pantai Bahagia.

Harapannya dengan adanya penanaman ini dapat berkontribusi dalam mengurangi dampak kerusakan lingkungan serta membantu menyerap karbon lebih banyak dan menjadi solusi bagi persoalan perubahan iklim yang dihadapi bersama.

Selain itu, masyarakat pun dapat menerima manfaat baik yang dihasilkan dari penanaman ini baik secara langsung maupun tidak langsung. Langkah yang telah dilakukan BHUMI ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran dan menginspirasi masyarakat Indonesia untuk turut serta dalam melestarikan lingkungan. Sebagaimana kelestarian lingkungan menjadi tanggung jawab bagi seluruh individu.

Baca juga: PT Asuransi Rama Satria Wibawa Kembali Tanam 4.000 Mangrove di Kota Semarang

Abrasi dan Banjir Rob Menjadi Persoalan di Pantai Bahagia

Penanaman mangrove Bhumi di Pantai Bahagia
Penanaman mangrove oleh tim BHUMI bersama mitra petani. (Dokumentasi: LindungiHutan).

Pantai Bahagia dikenal dengan abrasi dan banjir rob yang merusak kawasan di sana. Pantai Bahagia yang terletak di Kecamatan Muaragembong, Bekasi telah berubah menjadi area pemukiman, tambak, ladang, sawah, hingga peruntukan lainnya. 

Selama 10 tahun terakhir, luasan tambak di Muaragembong tercatat seluas 1,582 ha hasil dari alih fungsi lahan mangrove. Tingginya kegiatan alih fungsi lahan ini, dikarenakan adanya potensi ekonomi dari sektor tambak yang mendapatkan keuntungan hingga Rp56,4 juta/ha dibanding sektor lainnya.

Berkurangnya luasan mangrove mengakibatkan tingginya laju abrasi di Pantai Bahagia menciptakan masalah yang serius. Luasan tambak milik warga terpaksa hancur karena tingginya gelombang air laut yang melenyapkan area tambak tersebut.

Untuk itu, perlu adanya penanaman mangrove di Pantai Bahagia sebagai bagian dari aksi penyelamatan ekosistem di sana. Mangrove berperan sebagai benteng pertahanan wilayah pesisir dari laju abrasi, banjir rob, hingga tsunami air laut. Melalui penanaman 1.003 pohon mangrove oleh BHUMI, menjadi alternatif cara untuk mengurangi dan menyelamatkan pesisir Pantai Bahagia dari kerusakan lingkungan.

Baca juga: PT Mitra Adiperkasa Tbk & Grup Tanam 900 Mangrove di Pantai Indah Kapuk

Dukung Keberlanjutan dengan Menanam Pohon Bersama LindungiHutan

Mitra Petani penanaman mangrove di Bekasi

Mari bergabung dalam aksi nyata untuk melindungi pesisir dan mendukung keberlanjutan lingkungan! LindungiHutan mengajak Anda untuk berpartisipasi dalam program penanaman mangrove yang bertujuan mengatasi abrasi dan menjaga keberagaman ekosistem pesisir. 

Mangrove bukan hanya sebagai penahan abrasi, tetapi juga sebagai rumah bagi beragam spesies laut, serta penyimpan karbon yang sangat penting untuk mengurangi dampak perubahan iklim. Dengan bersama-sama menanam mangrove, kita tidak hanya memperkuat ketahanan wilayah pesisir, tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap keseimbangan ekosistem dan keberlanjutan planet kita.

Partisipasi Anda sangat berarti dalam upaya kami untuk melestarikan mangrove dan melindungi pesisir Pantai Bahagia.

LindungiHutan menyediakan kesempatan bagi setiap individu, kelompok, atau perusahaan yang peduli terhadap keberlanjutan untuk terlibat langsung dalam penanaman mangrove. Dengan setiap bibit yang ditanam, kita membangun pagar hijau yang kuat untuk melindungi lingkungan pesisir dari abrasi yang merusak. 

Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai simbol kolaborasi dan kepedulian terhadap bumi kita. Bersama-sama, kita bisa menciptakan perubahan positif dan meninggalkan warisan keberlanjutan untuk generasi mendatang.

Ayo, tanam mangrove, tanam harapan, dan menjadi pelindung lingkungan bersama LindungiHutan!

Baca juga: Atasi Masalah Lingkungan, PT Behn Meyer Tanam 1.000 Mangrove di Surabaya

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *