Connect with us

Mitra Hijau

Kolaborasi Penghijauan 3 Komunitas Peduli Lingkungan Bersama LindungiHutan

Published

on

Kolaborasi Penghijauan 3 Komunitas Peduli Lingkungan Bersama LindungiHutan

Di tengah isu perubahan iklim yang kian mendesak, membuat sebagian komunitas ikut tergerak dalam aksi penghijauan. Aksi tersebut dilakukan oleh Wellnees of Wellbeing Movement, Lyfe With Less, dan Kebun Kumara. Kolaborasi mereka bersama LindungiHutan dengan menginisiasi kampanye alam maupun ikut berdonasi untuk pelestarian lingkungan.

Kegiatan penghijauan tersebut dilakukan di beberapa wilayah pesisir Indonesia untuk mengatasi abrasi. Adanya kegiatan ini, besar harapannya memberikan dampak terhadap lingkungan dan kelestarian lingkungan terjaga.

Contoh Komunitas Peduli Lingkungan dan Kelestarian Alam Indonesia

Kegiatan penghijauan bersama LindungiHutan menjadi langkah bagi beberapa komunitas di Indonesia sebagai bentuk kontribusinya menjaga lingkungan.

1. Wellness of Wellbeing Movement: Gerakan Penghijauan Tanami 40 Mangrove di Kota Semarang

Komunitas Wellness of Wellbeing tanam mangrove di Semarang
Komunitas Wellness of Wellbeing Movement lakukan penghijauan di Semarang. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Setiap orang memiliki kehidupan yang luar biasa, namun tidak semua orang bisa menemukan makna dibalik itu. Wellness of Wellbeing Movement merupakan komunitas sosial yang peduli sesama dan mengajak untuk meraih kehidupan yang lebih baik dan bahagia. 

Dengan menyelaraskan tubuh, pikiran, dan jiwa mereka percaya dapat menemukan makna dan tujuan dalam hidup.

Selain terhadap sesama, kepedulian Wellness of Wellbeing Movement ditujukan pula terhadap lingkungan. Wellness of Being bersama LindungiHutan membentuk keselarasan antara manusia dengan alam melalui kampanye alam bertajuk “#StartTogether Langkah Kecil untuk Selaras dengan Alam”.

Setiap individu yang bergabung pada program membership Wellness of Wellbeing, sama dengan memberikan 1 pohon sebagai bentuk kepedulian dan kontribusi pada alam. Pada kampanye alam tersebut, berhasil mengumpulkan 40 pohon mangrove untuk Pesisir Tambakrejo, Kota Semarang.

Baca juga: 5 Brand Pakaian Upayakan Penghijauan Bersama LindungiHutan

2. Lyfe With Less: Tanam 146 Mangrove di Bekasi

Lyfe With Less tanam mangrove di Bekasi
Penanaman mangrove bersama LindungiHutan di Bekasi. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Lyfe With Less adalah komunitas dan media pegiat gaya hidup minimalis di Indonesia. Sejak 2018, Lyfe With Less memberikan edukasi, pengalaman, dan cerita perjalanan menjalani gaya hidup minimalis. Harapannya masyarakat Indonesia sadar dan bijak dalam konsumsinya.Menerapkan gaya hidup minimalis juga berdampak baik bagi lingkungan. 

Sejalan dengan lini bisnisnya, Lyfe With Less juga ikut memberikan kontribusi untuk melindungi hutan dengan berkolaborasi bersama LindungiHutan. Kolaborasi tersebut, menginisiasi kampanye alam dengan judul “Saling Silang x LindungiHutan”.

Melalui kampanye tersebut,  Lyfe With Less  menanam sebanyak 146 mangrove di Pantai bahagia Kabupaten Bekasi. 

Baca juga: 6 Brand Fashion di Indonesia Gerakkan Penghijauan Bersama LindungiHutan

3. Kebun Kumara: Komunitas Urban Farming Dukung Kegiatan Pelestarian Hutan Bersama LindungiHutan

Kebun Kumara menjadi komunitas urban farming yang terkenal dikalangan anak muda Tangerang Selatan. Mereka membagikan ilmu mengenai lingkungan hidup dan pelestarian alam melalui tema pelatihan yang beragam. Kegiatan ini terbuka bagi setiap kalangan mulai dari anak-anak, siswa sekolah, mahasiswa, perusahaan, hingga masyarakat umum.

Bersama LindungiHutan, Kebun Kumara turut serta membantu kegiatan pelestarian dengan menyumbangkan 57 bibit pohon pada kampanye “From Hwang Yunseong for Earth” dan beberapa bibit pada kampanye “MelawanAsap: Untuk Paru-Paru Dunia”.

Baca juga: 4 Perusahaan Retail di Indonesia Laksanakan Program Penghijauan Jaga Kelestarian Lingkungan

LindungiHutan merupakan platform penggalangan dana untuk kegiatan konservasi hutan dan alam. LindungiHutan memiliki program penghijauan yang bernama CollaboraTree yang berdampak bagi lingkungan.

Dengan ber-CollaboraTree bersama LindungiHutan, kalian telah mengikuti jejak kebaikan yang dilakukan oleh Kebun Kumara, Wellness of Wellbeing Movement, dan Lyfe With Less dalam memerangi perubahan iklim.

Tunggu apa lagi? Jalin kerja sama komunitas Anda dengan LindungiHutan sekarang juga!

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan