Connect with us

Mitra Hijau

Program CSR PT Mandiri Sekuritas Tanam 1.001 Mangrove di Kabupaten Tangerang

Published

on

Program CSR PT Mandiri Sekuritas

PT Mandiri Sekuritas merupakan perusahaan yang didirikan pada tahun 2000. Lebih dari 22 tahun beroperasi, Mandiri Sekuritas senantiasa menghadirkan solusi bagi nasabah terkait keuangan pasar modal yang komprehensif dan memiliki nilai tambah.

Mandiri Sekuritas telah diakui sebagai Investment Bank terbaik di Indonesia oleh FinanceAsia selama 12 tahun berturut-turut dan Best Broker selama 8 tahun berturut-turut.

Mandiri Sekuritas juga memiliki jaringan perusahaan yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia dan juga memiliki jangkauan pasar di Singapura yang bernama Mandiri Securities Pte. Ltd.. Dalam perjalanan bisnisnya, Mandiri Sekuritas telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas jasa Keuangan (OJK).

Mandiri Sekuritas memiliki program tanggung jawab sosial dan lingkungan hidup dengan tema Mandiri Sekuritas Peduli yang didukung oleh 4 pilar, antara lain literasi keuangan, pendidikan, penanggulangan bencana alam, dan lingkungan hidup.

Salah satu perwujudan tanggung jawab perusahaan terkait lingkungan hidup, Mandiri Sekuritas mengambil langkah dengan menjalin kolaborasi penghijauan bersama LindungiHutan.

Kolaborasi Penghijauan Mandiri Sekuritas Bersama LindungiHutan

Foto bersama Mandiri Sekuritas dengan tim LindungHutan
Foto Bersama oleh rekan-rekan PT Mandiri Sekuritas dan tim LindungiHutan di Desa Sukawali, Kabupaten Tangerang. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Mandiri sekuritas senantiasa percaya bahwa dengan memberikan kontribusi kepada sosial dan lingkungan, akan mendukung perkembangan yang berkelanjutan.

Dengan membangun lingkungan hidup, kita dapat menjaga kehidupan yang lebih baik dan memperbaiki kondisi lingkungan di tengah-tengah masyarakat. Oleh karena itu, Mandiri Sekuritas menginisiasi sebuah program penghijauan yang bertajuk “Penanaman 1001 Pohon Mangrove oleh Mandiri Sekuritas”.

Dalam program ini, Mandiri Sekuritas berhasil melakukan penanaman sebanyak 1.001 pohon mangrove (Rhizophora sp.) yang dilakukan pada 26 Juli 2023 bersama mitra penggerak (petani) yang bernama Abdul Gopur dan tim LindungiHutan.

Program CSR Mandiri Sekuritas di Tangerang
Penyerahan secara simbolik pohon mangrove dari PT Mandiri Sekuritas kepada LindungiHutan. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Bukan hanya ucapan semata, melainkan aksi nyata yang dilakukan oleh Mandiri Sekuritas sepatutnya kita apresiasi bersama. Langkah ini juga dapat dijadikan contoh oleh perusahaan-perusahaan lainnya untuk terus menjaga kelestarian alam secara bersama.

Semoga dengan penanaman 1001 pohon ini, dapat membawa manfaat yang baik untuk masyarakat dan lingkungan sekitar. Dukung terus keberlanjutan dan kegiatan pelestarian alam Indonesia dengan bergabung bersama LindungiHutan.

Baca juga: Sustainability Action PT Bina Pertiwi Tanam 1.000 Mangrove di Kepulauan Seribu

Kolaborasikan Program CSR dan TJSL Perusahaan Anda Bersama LindungiHutan

LindungiHutan telah melakukan penghijauan di 40+ lokasi di Indonesia bersama dengan 350+ brand dan perusahaan. Mudah, transparan, dan berkelanjutan menjadi nilai yang Kami tanamkan dalam menjalankan aktivitasnya bersama Mitra Hijau. Tertarik bekerja sama dengan LindungiHutan?

Penanaman Mangrove sebagai Penyelamatan Desa Sukawali dari Abrasi

Penanaman pohon mangrove oleh Mandiri Sekuritas
Penanaman mangrove selamatkan Desa Sukawali dari abrasi. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Kabupaten Tangerang menyimpan potensi mangrove yang cukup besar. Pada tahun 1996-2012 luasan mangrove di Kabupaten Tangerang mengalami penyusutan, namun mengalami penambahan pada tahun 2013-2014.

Pada tahun 2015 luasan mangrove kembali mengalami penyusutan seluas 149,61 ha yang disebabkan oleh abrasi air laut setinggi lebih dari 3 meter. Akibatnya, kondisi tambak, pemukiman warga, dan kawasaan hutan mangrove mengalami kerusakan yang cukup parah. Pohon mangrove yang ditanam ikut rusak dan terbawa air.

Kesadaran masyarakat akan menjaga lingkungan terjadi pada tahun 2016 dan 2017. Pada tahun itu, kembali diadakan penghijauan di area tersebut. Perlahan luasan hutan mangrove di Desa Sukawali mengalami penambahan.

Desa Sukawali terletak di Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang merupakan wilayah bagian utara yang berpapasan dengan Laut Jawa. Kecamatan Pakuhaji memiliki kawasan hutan mangrove yang cukup besar mengelilingi wilayah pesisir dan melindungi pantai.

Namun, Kecamatan ini memiliki habitat mangrove yang buruk, sebab kawasan ini dikelilingi oleh tambak dan pemukiman warga. Masyarakat setempat mayoritas bekerja sebagai nelayan dan banyak melakukan aktivitas perikanan lainnya.

Keberadaan mangrove sangat dibutuhkan oleh Desa Sukawali. Mangrove memiliki manfaat sebagai benteng alami penahan ombak yang menyebabkan abrasi, habitat bagi fauna, penyerap karbon dioksida, dan lainnya.

Maka dari itu, LindungiHutan mengajak Anda semua, untuk ikut serta dalam penanaman mangrove di Desa Sukawali seperti yang dilakukan oleh PT Mandiri Sekuritas.

Baca juga: Fabelio Tanam 150 Pohon untuk Hijaukan Sumatera Barat

Dukung Kolaborasi Penghijauan Bersama LindungiHutan melalui CollaboraTree

Aksi penghijauan kini dapat dilakukan dengan mudah dan tanpa mengeluarkan banyak waktu dan tenaga. LindungiHutan memiliki sebuah skema kerja sama yang bernama Impact CSR, sebagai wadah untuk mengimplementasikan tanggung jawab perusahaan dalam menjaga lingkungan.

LindungiHutan memegang 5 nilai dalam setiap aktivitas yang dilakukan, antara lain mudah, berkelanjutan, transparan, fleksibel, dan inklusif. Hingga saat ini, LindungiHutan telah membantu 350+ brand dan perusahaan dalam melakukan penghijauan di lebih dari 40 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

#BersamaMenghijaukanIndonesia dengan LindungiHutan! 

Baca juga: Program 1-2 Trees, Komitmen Nyata SKK Migas Tekan Emisi Karbon

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan