Connect with us

Tips & Trik

10+ Aktivitas di Hari Libur yang Bisa Kamu Lakukan

Published

on

aktivitas di hari libur

Hari libur adalah waktu yang mungkin ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang. Waktu di mana kita bisa bersantai melepas penat setelah lelah menjalani aktivitas sehari-hari. Tak jarang kemudian banyak orang memanfaatkan hari libur untuk bepergian ke tempat wisata atau ke luar kota. Padahal banyak alternatif aktivitas di hari libur yang bisa kita lakukan.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas berbagai macam aktivitas di hari libur yang bisa dilakukan dan tentunya bermanfaat. Siapa tahu kamu tertarik untuk mencobanya,

Infografis aktivitas seru di kala liburan.
Infografis daftar aktivitas seru untuk mengisi hari libur. Oleh:Muhamad Iqbal/LindungiHutan.

1. Apa yang Harus Dilakukan saat Hari Libur? Menjadi Relawan Salah Satunya

Kamu bisa menjadi relawan untuk mengisi aktivitas di hari libur. Selain menambah pengalaman dan teman, ikut terlibat dalam kegiatan volunteer punya banyak manfaat lainnya. Kamu akan belajar bagaimana rasanya bekerja dalam tim. Melatih diri cara berkomunikasi, berkoordinasi, hingga bertukar pendapat.

Selain itu, kamu akan jadi lebih peka melihat permasalahan yang ada di sekitarmu. Kamu akan sadar bahwa dalam hidup sudah seharusnya kita saling membantu. Oleh sebab itu, perasaan peduli terhadap sesame perlu diasah dan dikembangkan, salah satunya dengan menjadi relawan.

Buat kamu yang ingin mencoba pengalaman volunteer, boleh banget ikut bergabung dalam Relawan LindungiHutan Daerah. Sebuah organisasi sejenis komunitas yang terdiri dari gabungan relawan LindungiHutan dari domisili daerah yang sama.

Baca juga: Tiga Program Utama Relawan LindungiHutan Daerah

2. Memasak

Salah satu aktivitas di hari libur yang cocok untuk dinikmati adalah masak-masak. Selain menyenangkan, memasak juga bisa menambah kemampuanmu dalam membuat makanan. Selain itu, kamu juga bisa bereksplorasi lewat resep-resep baru yang selama ini ingin dicoba. Kerap kali ketika kamu masih disibukkan dengan aktivitas kerja atau kuliah, kamu tidak akan sempat untuk memasak. Maka dari itu, mumpung ada waktu libur kamu bisa gunakan kesempatan ini.

Apalagi, memasak punya banyak manfaat loh! Salah satunya yaitu mengurangi jumlah pengeluaran. Saat memasak sendiri di rumah, kamu bisa bereksplorasi dengan bahan-bahan yang ada dan secukupnya. Satu ikat sayur bisa dimasak untuk tiga kali makan dan tentunya uang yang dikeluarkan pun akan jauh lebih murah ketika membeli makanan jadi.

Memasak juga bisa jadi ajang quality time dengan orang tersayang baik itu keluarga ataupun sahabat. Kerap kali padatnya kesibukan dan aktivitas harian membuat kamu tidak mempunyai banyak waktu dengan mereka. Nah, memasak dapat menjadi waktu untuk merekatkan hubungan. Mulai dari berbelanja di pasar, menyiapkan bahan, hingga menyantapnya bersama-sama.

3. Kegiatan di Hari Libur Bisa Diisi dengan Membaca Buku

Adakalanya kamu membeli buku tetapi belum sempat membacanya karena aktivitas yang padat. Kamu bisa mengisi waktu luang di hari libur dengan membaca buku tersebut. Selain untuk menghilangkan rasa penasaranmu, membaca buku ternyata memiliki berbagai macam manfaat.

Salah satunya adalah meningkatkan fungsi otak. Faktanya, rutin membaca dapat merangsang kerja otak menjadi lebih baik, aktif, dan mencegah penurunan daya ingat.  Selain itu, membaca buku setidaknya 30 menit sehari juga bisa mengurangi tingkat stress. Pikiran akan terasa lebih santai dan menurunkan tingkat stress hingga 67%

Intinya, mengisi aktivitas di hari libur dengan membaca bisa mendapatkan berbagai manfaat. Yuk, baca lagi bukumu!

4. Bersih-Bersih Rumah

Bersih-bersih rumah juga bisa jadi aktivitas di hari libur yang kamu lakukan. Mengingat, kondisi rumah yang bersih tentu akan nyaman ditinggali dan baik untuk kesehatan. Selain itu, aktivitas bersih-bersih rumah ternyata dapat membakar hingga 200 kalori di dalam tubuh. Kamu bisa  menyapu dan mengepel selama kurang lebih 30 menit.

Oh iya, rumah yang bersih selain enak dipandang juga mempunyai pengaruh terhadap kesehatan mental. Coba bayangkan ketika rumahmu berantakan dan kotor, tentu kamu akan merasa risih bukan. Namun, sebaliknya kalau kondisi rumahmu rapi dan bersih suasana hatimu akan jadi positif. kamu jadi lebih bersemangat untuk beraktivitas!

So, mulailah luangkan waktu di hari libur untuk melakukan bersih-bersih rumah. Kamu bisa mulai dengan mengepel lantai, membersihkan ventilasi jendela, merapikan meja kerja, dan lain sebagainya. Alhasil, hari liburmu tidak sia-sia tetapi penuh dengan aktivitas produktif!

5. Mendekor Ulang Ruangan juga Aktivitas di Hari Libur yang Seru!

Jika kamu merasa bersih-bersih tidak cukup membuat nyaman dengan kondisi rumah, mungkin solusi lainnya adalah mendekor ulang ruangan. Yup! Contoh kegiatan hari libur yang tak kalah menarik untuk dilakukan ialah merombak tampilan rumah sehingga memberikan suasana yang baru.

Kamu bisa mengubah tata letak meja dan perabotan lainnya atau dengan memberikan hiasan-hiasan baru di rumah. Bukan hanya itu, kamu juga bisa mengemas barang-barang yang sekiranya tidak terpakai ketimbang hanya menjadi tumpukan sampah.

Setelah kamu mendekor ulang ruangan maka tampilan rumahmu akan jadi lebih fresh. Terlebih setelah bertahun-tahun tampilan rumahmu itu-itu saja pasti akan sangat membosankan bukan? Dengan begitu, kamu atau keluargamu akan merasa betah berlama-lama di rumah daripada menghabiskan waktu di luar sana.

6. Mendengarkan Lagu Kesukaan

Refreshing mengisi waktu hari libur juga bisa dilakukan dengan mendengarkan lagu kesukaan. Mungkin ada banyak lagu yang sudah kamu susun di playlist tetapi hingga sekarang kamu belum sempat mendengarkannya. Di hari libur inilah kamu bisa mendengarkan lagu-lagu tersebut dengan puas tanpa harus terganggu dengan pekerjaan.

Nyatanya, mendengarkan lagu bisa jadi obat ampuh mengusir rasa stress. Sebab, musik dapat menurunkan kadar kortisol di tubuh. Kortisol adalah hormon yang bertanggung jawab sebagai respons terhadap stres. Musik juga bisa memberikan pengaruh pada aktivitas fisiologis di tubuh seperti detak jantung, suhu tubuh, hingga tekanan darah.

Selain itu, mendengarkan lagu juga dapat meringankan gangguan kecemasan. Karena, musik akan menjadi pengalih perhatian yang baik. Well, buat kamu yang lagi merasa banyak pikiran dan sedang dirundung kecemasan, enggak ada salahnya buat istirahat sejenak sembari dengerin lagu kesukaanmu.

7. Berolahraga

Kegiatan di hari libur juga boleh banget kamu isi dengan berolahraga. Ingat! Kesehatan juga tetap harus kamu jaga. Jangan sampai padatnya kesibukan harian membuatmu tidak sempat berolahraga.

Apalagi, jika aktivitas di hari liburmu seharian hanya rebahan, lantas kapan olahraganya? Umumnya untuk orang dewasa berusia 19-64 tahun disarankan berolahraga sekitar 150 menit per minggu atau 30 menit per hari. 

Oleh sebab itu, kamu perlu meluangkan waktu untuk berolahraga. Mulai terlebih dahulu dengan yang ringan-ringan seperti lari, lompat tali, atau senam. Mengingat, olahraga adalah salah satu cara paling praktis dan sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya kesehatan tubuh saja sebenarnya, tetapi juga kesehatan mental.

Beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan mental seperti memperbaiki suasana hati, menumbuhkan rasa percaya diri, mengatasi stress, membuat tidur lebih nyenyak, dan juga mengembalikan gairah seksual.

Baca juga: Perjuangan Pak Ujang Jaga Kelestarian Hutan Mangrove di Jakarta

8. Melakukan Hobi

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hobi adalah kegemaran, kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama. Sederhananya, aktivitas atau kegiatan rekreasi yang bisa kamu lakukan di waktu luang. Nah, melakukan hobi juga termasuk aktivitas di hari libur yang juga mengasyikan loh!

Kamu bebas melakukan hobi apapun yang kamu suka, mulai dari bersepeda, merajut, bermain games, atau melukis. Pokoknya lakukan aktivitas yang sekiranya dapat membuat diri kamu merasa enjoy dan bahagia. Sebab, di tengah gempuran aktivitas yang padat dan kadang memusingkan, kamu juga butuh mengecas kebahagian salah satunya lewat hobi.

Maka dari itu, di hari libur kamu bisa memanfaatkan waktu seharian guna melakukan hobimu. Tinggalkan sejenak pekerjaan dan gunakan waktu tersebut sebagai ‘harimu’.

9. Waktu Liburan Bisa Kamu Manfaatkan untuk Membuat Kerajinan

Melanjutkan pembahasan sebelumnya, salah satu hobi yang dapat kamu lakukan guna mengisi aktivitas di hari libur adalah membuat kerajinan. Ada banyak kerajinan yang bisa kamu buat seperti merajut, merangkai bunga, menjahit, makrame (membuat anyaman simpul berbahan kain atau tali), dan lain sebagainya.

Mengenai bahan pembuatan, kamu tak perlu khawatir. Karena, ada banyak barang-barang di sekitarmu yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan. Mulai dari kain perca, kardus, hingga botol-botol bekas. Intinya, semua tergantung pada kreativitasmu!

Nantinya, hasil kerajinan tersebut bisa kamu gunakan sebagai dekorasi atau dipakai sehari-hari. Tidak hanya itu, jika kerajinan buatanmu berkualitas bagus, kamu juga bisa menjualnya! Mengingat, saat ini bisnis kerajinan tangan sangatlah diminati. Tidak menutup kemungkinan, hobimu bisa menghasilkan uang!

10.  Menonton Film

Aktivitas di hari libur juga boleh dimanfaatkan dengan menonton film favorit. Setelah melewati satu pekan dengan bekerja atau kuliah, nampaknya butuh satu hari di mana kamu bisa bersantai sambil menonton film. Apalgi, kalau film tersebut sudah kamu nanti-nanti sejak lama.

Namun, ingat! Jangan sampai kamu terlalu lama menghabiskan waktu menonton atau istilah lainnya marathon film. Karena hal itu justru bisa berdampak buruk pada kesehatan. Kamu akan mengalami kelelahan mata, mengurangi kualitas tidur, meningkatkan risiko penyakit, hingga mengalami kecanduan. Wah, bahaya juga ya!

Maka dari itu, menonton film juga perlu batasan. Jangan mentang-mentang hari libur kamu lantas seharian hingga begadang hanya menonton film. Alih-alih liburan produktif, justru badan akan tambah terasa capek.

11.  Bersantai Bersama Keluarga

Ada kalanya, kamu perlu meluangkan waktu untuk bersantai bersama keluarga. Aktivitas di hari libur tak harus melulu bepergian. Cukup bersantai dan tidak melakukan apa-apa sambil menikmati ketenangan di hari libur.  

Kamu bisa ngobrol-ngobrol dengan keluarga, mendengar cerita-cerita lucu dari mereka atau sebaliknya menceritakan hal-hal yang kamu alami selama ini. Mungkin terdengar sepele, tetapi bercerita bisa jadi sarana untuk kamu melepas unek-unek, apalagi kalau ceritanya sama keluarga.

Lagipula, tidak ada salahnya juga kalau kamu coba memulai obrolan mendalam. Cara ini malah bisa menciptakan keharmonisan dan kedekatan batin antar anggota keluarga.

12.  Berkebun

Rasa-rasanya berkebun perlu masuk ke dalam daftar aktivitas di hari libur. Selain karena menyenangkan, kegiatan ini dapat membuat pikiran terasa rileks sebab kita berinteraksi dengan alam. Selain itu, berkebun membuat tubuh kita bergerak yang mana hal ini baik untuk kesehatan tubuh. 

Selama berkebun otak kita juga ikut merasakan manfaatnya. Berada di luar dan menghirup udara segar ditemani sinar matahari adalah perpaduan yang sempurna untuk membangun mood positif serta menghilangkan perasaan stres.

Dalam berkebun, kamu boleh memulai dari hal-hal yang sederhana, seperti menyiram bunga di teras rumah, menyiangi rumput yang ada, atau menanam tanaman baru di pot. Meskipun hanya kebun yang kecil, tetapi kamu tetap ikut merawat sebuah kehidupan.

Demikian 12 aktivitas di hari libur yang bisa kamu lakukan. Jangan salah, hari libur bukan berarti bermalas-malasan ya! Malahan bisa menjadi waktu yang produktif dan bermanfaat. Alhasil liburan jadi sebuah pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan.

Libur Telah Tiba, Horee! Enaknya Ngapain Ya?

Kamu bisa mengisi hari liburmu dengan gabung aksi penanaman pohon atau menjadi relawan LindungiHutan. Relawan LindungiHutan adalah para individu yang nantinya akan turut berkontribusi dalam pelestarian lingkungan yang dilakukan oleh LindungiHutan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Survey LindungiHutan