Connect with us

Mitra Hijau

No Ribet, No Repot! Pengalaman Arkadia Works Kolaborasi Penanaman Bersama LindungiHutan

Published

on

Kampanye Alam Arkadia Works.

Arkadia Works atau PT Arkadia Sinergi Indonesia adalah perusahaan desain dan konstruksi dengan spesialisasi interior kantor. Sebagai corporate member dari Green Building Council Indonesia, perusahaan tersebut secara aktif mempromosikan penggunaan material ramah lingkungan dalam setiap karyanya.

Sebagai bentuk timbal balik dan pertanggungjawabannya terhadap kelestarian alam, Arkadia Works berkomitmen untuk menanam pohon lebih banyak dari jumlah pohon yang digunakan selama proses produksi interior pada tahun 2025.

Maka dari itu, berkolaborasi dengan LindungiHutan, Arkadia Works berupaya menanam 1 pohon untuk setiap office workstation yang dibangun dari setiap karya yang telah diciptakan. 

Melalui inisiasi Kampanye Alam bertajuk “For Every Office Workstation Delivered, We Plant A Tree With Arkadia Works & LindungiHutan”, berhasil tertanam 2.000 pohon di tiga lokasi penanaman yakni Pesisir Tambakrejo, Desa Bedono, dan Pantai Mangunharjo.

Simak Kesan Pengalaman Arkadia Works Selama Kolaborasi dengan LindungiHutan

Kampanye lingkungan Arkadia Works.
Arkadia Works bersama Mitra Petani LindungiHutan di lokasi penanaman Tambakrejo, Kota Semarang.

Kolaborasi berawal dari rencana PT Arkadia Sinergi Indonesia yang tengah merencanakan penanaman mangrove, tetapi minim informasi dan mekanisme penyelenggaraannya. 

Kondisi tersebut membuatnya melakukan pencarian dan berakhir kepada LindungiHutan yang dianggap mampu memberikan solusi permasalah tersebut. Paling tidak itu yang dikatakan oleh Fahmi Adi Cahya dan Sarah Qaida Islami selaku PIC Arkadia Works dalam kolaborasinya bersama LindungiHutan.

Bagaimana Arkadia Works Menemukan Informasi tentang Kegiatan LindungiHutan?

Kami sebetulnya sudah mencoba misalnya datang ke hutan mangrove mau coba penanaman mangrove gimana, tetapi karena kami bukan orang yang ada di lingkungan ini dan bukan expertise, jadi kami butuh bantuan untuk izin ke RT/RW misalnya, ke kelurahan, pemerintah kota, bahkan sampai ke dinas kehutanan, nah itu tuh menurut kami itu tuh lebih takes time ya dan effort-nya akan lebih banyak, karena itulah kami menemukan LindungiHutan, oh ini cocok nih karena LindungiHutan pasti kan sudah bekerja sama dengan petani sekitar jadi kita enggak perlu ribet lagi nyari bibit mangrove-nya karena sudah disiapin semuanya,” Jelas Sarah.

Sebagaimana nilai yang kami pegang selama ini, LindungiHutan hadir sebagai jembatan bagi siapapun yang ingin ambil peran penghijauan dan upaya pelestarian lingkungan dengan mudah. Mudah menjadi kata kuncinya!

Apa yang Ingin Disampaikan Terkait Pengalaman Penanaman Kemarin?

“Kita sempat bekerja sama dua kali gitu ya, kami merasa sangat terbantu sekali dengan adanya LindungiHutan ini, jadi kami yang tadinya tujuannya hanya sekadar ingin offside tanam pohon gitu, terus yang tadinya kami mikir harus melakukan banyak kegiatan untuk mencapai ke situ, dengan adanya LindungiHutan jadinya sudah dijembatani oleh teman-teman LindungiHutan,” Ungkap Fahmi.

Fahmi menambahkan jika keberadaan LindungiHutan bisa menjadi jawaban untuk mewujudkan komitmen Arkadia Works dalam memberikan dampak baiknya kepada alam. Mengingat, pengalaman dan expertise yang LindungiHutan miliki bisa membantu jalannya kolaborasi ini.

“Menurut saya itu sesuatu yang problem solving banget gitu, buat kami ini bukan sesuatu yang kami kuasai juga untuk di bidang ini. Itu sih awalnya kami menghubungi LindungiHutan” Sambung Fahmi.

Selain mudah, fleksibel juga menjadi salah satu nilai yang LindungiHutan terus junjung sebagai bentuk profesionalitasnya. Kami sangat luwes menyesuaikan diri dengan audiens atau dalam hal ini partner. Kami sadar akan situasi serta kondisi dari masing-masing partner dan sudah menjadi tugas kami untuk menyelaraskan sekaligus menyesuaikan. The show must go on!

Seberapa Baik LindungiHutan Memenuhi Kebutuhan Penanaman Pohon dan Service? Rating 1-10?

“Sejauh ini sih komunikasi dari prosesnya sampai akhir LindungiHutan ini menurut saya sangat fast respon ya, kadang maaf kalau misalkan Sabtu dan Minggu saya chat juga, terus kadang saya agak lama responnya, tapi dari saya sendiri si kasih 8 ya ratingnya, cukup baik dari persiapan semuanya enggak ada kendala sampai akhir gitu,” Tutur Sarah

Senada dengan Sarah, Fahmi juga memberikan apresiasinya kepada LindungiHutan terkait dengan dinamika persiapan selama proses kolaborasi berlangsung.

“Saya juga sangat menghargai effort teman-teman untuk menghadapi kami yang suka dadakan request-nya, last minute, terus juga kata Sarah tadi pas weekend menurut saya itu sesuatu yang saya hargai sekali gitu, jadi itu hal yang baik menurut saya sih,” Ungkap Fahmi.

Arkadia Works Dukung Aksi Penghijauan dengan Menanam 2000 Pohon di Kota Semarang dan Kabupaten Demak

Inisiasi Kampanye Alam“For Every Office Workstation Delivered, We Plant A Tree With Arkadia Works & LindungiHutan” merupakan aksi nyata guna mewujudkan komitmen PT Arkadia Sinergi Indonesia menanam 10.000 pohon pada tahun 2025.  

Arkadia works tanam ribuan pohon mangrove.
Arkadia Works tengah menanam mangrove di Pesisir Tambakrejo, Kota Semarang.

Bersama LindungiHutan, Arkadia Works menanam 1.000 pohon di Pantai Mangunharjo Kota Semarang pada 26 November 2022, kemudian 500 pohon di Pesisir Tambakrejo Kota Semarang pada 26 Maret 2022, dan 500 pohon di Desa Bedono Kabupaten Demak pada 29 Maret 2022.

Proses penanaman berjalan lancar dan dibantu Mitra Petani LindungiHutan di masing-masing lokasi penanaman. Ada Kelompok Tani Mangrove Lestari di Pantai Mangunharjo, lalu Kelompok Camar di Hutan Tambakrejo, dan Mak Jah di Desa Bedono. 

Mitra petani LindungiHutan.
Foto bersama Mitra Petani LindungiHutan.

Tentu, apa yang Arkadia Works lakukan bisa menjadi inspirasi yang harapannya bisa diikuti jejaknya oleh banyak pihak lainnya. Menjalankan praktik bisnis sembari memberikan positive impact bukanlah sebuah hal yang mustahil. Kedua hal tersebut bisa dilakukan beriringan. Bahkan faktanya, merupakan tanggung jawab bagi perusahaan untuk ikut andil dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

Untuk itu, LindungiHutan ada sebagai pihak yang siap membantu perusahaan dalam merencanakan, melaporkan, dan menjalankan program penghijauan dengan mudah, fleksibel, dan transparan.

Melalui CollaboraTree, Wujudkan Aksi Nyata Perusahaan terhadap Kelestarian Hutan dengan Mudah

Bagaimana setelah mendengar kisah Arkadia Works? Tertarik menjalin kolaborasi bersama LindungiHutan?

Paling tidak, kami memiliki lima alasan mengapa perusahaan perlu ‘Ber-ColaboraTree’ bersama LindungiHutan yaitu:

  • Mudah dan berkelanjutan, LindungiHutan menjalin kerja sama dengan Penggerak penghijauan dan petani hutan untuk mempermudah proses penanaman dan memberikan manfaat ekonomi dan sosial kepada masyarakat sekitar hutan.
  • Meningkatkan citra baik brand/perusahaan di mata publik.
  • Menumbuhkan kredibilitas bisnis dan kepercayaan konsumen, karyawan, mitra usaha, vendor, atau auditor terhadap komitmen brand/perusahaan untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan dan publik.
  •  Menaikkan penilaian investor dan pemegang saham perusahaan.
  • Skema kerja sama biaya dan lokasi kegiatan dapat diatur dan dibicarakan.

LindungiHutan Menanam Lebih Dari 800 RIBU Pohon di 50 Lokasi Penanaman Bersama 500+ Brand dan Perusahaan

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan