Connect with us

Mitra Hijau

1 Sepatu = 2 Pohon: Kolaborasi Atmos Jakarta dan LindungiHutan

Published

on

Atmos Jakarta dan LindungiHutan berkolaborasi menanam mangrove

Atmos Jakarta (Atmos Indonesia) merupakan salah satu cabang Atmos. Atmos adalah retail streetwear dan sneakers ternama asal Jepang yang berbasis di Tokyo. Atmos didirikan oleh Hidefumi Hommyo di Tokyo Jepang pada tahun 2000. Ritel kecil pertamanya dibuka di jalan belakang Harajuku.

Produk Atmos terdiri dari 80% footwear, 20% apparel dan aksesoris. Produk sneakers Atmos merupakan kolaborasi desain bersama brand ternama seperti Nike, Adidas, Asics Tiger, Puma, dan jenama lainnya.

Hingga saat ini, Atmos mempunyai 6 toko di Tokyo, satu di Osaka, serta outlet Internasional di New York City, dan Seoul. Pada tahun 2018, Atmos membuka International flagship store di kawasan Asia Tenggara di Kota Bangkok, Thailand.

Atmos juga melebarkan sayap ekspansinya dengan kembali membuka toko di Jakarta tepatnya di Plaza Indonesia lantai 2 pada tahun 2020.

Baca juga: Hino Finance Indonesia Gelar Penanaman2000+ Mangrove di Jakarta dan Tangerang

Atmos Jakarta Inisiasi Kampanye Alam Bertajuk Air Max Day 2022

Mitra petani bibit konservasi LindungiHutan sedang menanam bibit mangrove di Cirebon, Jawa Barat hasil kolaborasi dengan Atmos Jakarta.
Proses penanaman pohon mangrove Rhizophora sp. di Cirebon, Jawa Barat oleh mitra petani bibit konservasi LindungiHutan (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Dalam rangka merayakan Air Max Day 2022, Atmos mengimplementasikan program global bertajuk “Give Fresh Air”. Program tersebut merupakan inisiatif global yang mengajak seluruh sneakerheads di seluruh dunia untuk menciptakan gerakan kolektif yang dapat merubah masa depan menjadi lebih baik melalui donasi sneaker kepada komunitas lokal.

Langkah tersebut menjadi bentuk kepedulian Atmos Jakarta terhadap segala upaya yang mendukung bentuk kelestarian lingkungan.

Oktaviani Abby selaku Atmos Jakarta Brand Manager menuturkan bahwa gelaran “Air Max Day” tahun ini sangat istimewa. Maka dari itu, Atmos Jakarta mengimplementasikan “Give Fresh Air” dengan mengajak para Sneakerheads dan Sneakers enthusiast di seluruh Indonesia untuk mendonasikan sepatu layak pakai pada periode donasi 18 Maret-17 April 2022 di toko Atmos Jakarta Plaza Indonesia Level 2 dan Plaza Senayan Level 2.

Gayung bersambut, Atmos Jakarta berkolaborasi dengan LindungiHutan mengajak komunitas sneaker untuk bersatu dan melalui donasi yang dilakukan turut menyumbang kebaikan serta manfaat bagi lingkungan. Setiap sepasang sepatu yang disumbangkan sama dengan 2 pohon yang ditanam.

“Tiap sepasang sepatu yang didonasikan, Atmos akan menanam dua pohon yang dilakukan bersama dengan LindungiHutan,” Kata Oktaviani dalam keterangan pers dikutip dari mediaindonesia.com.

Sementara itu, kampanye alam “AIR MAX DAY 2022” yang diinisiasi oleh Atmos Jakarta melalui website lindungihutan.com berhasil mengumpulkan 2.000 pohon Mangrove Rhizophora. Pohon mangrove tersebut lantas ditanam pada 25 April 2022 di Kawasan Hutan Mangrove Caplok Barong, Kabupaten Cirebon.

Cita-cita dan inisiatif Atmos Jakarta dalam mewujudkan kelestarian lingkungan patut kita apresiasi. Sudah waktunya bagi industri dan perusahaan sadar akan pentingnya peran mereka dalam menjaga keseimbangan ekosistem.

Di samping itu, kini semua orang juga bisa ikut andil menghijaukan Indonesia lewat berbagai cara. Salah satunya seperti yang dilakukan Atmos Jakarta, menyumbangkan sepatu sekaligus menanam pohon.

Cara-cara semacam ini tampaknya bisa menjadi terobosan baru yang akan mendobrak pola pikir kita mengenai penyelamatan lingkungan. Dengan memilih brand atau produk yang berkomitmen menjaga lingkungan, kita secara tidak langsung juga ikut memberikan perhatian terhadap upaya pencegahan kerusakan alam.

Baca juga: AXA Mandiri dan MAGI Menanam Ratusan Mangrove di Pulau Pari, Kepulauan Seribu

Bersama LindungiHutan, Atmos Jakarta Tanam 2.000 Pohon Mangrove di Cirebon

Mitra petani bibit sedang mempersiapkan bibit mangrove di Cirebon.
Mitra petani bibit LindungiHutan sedang mempersiapkan bibit mangrove untuk acara penanaman “AIR MAX DAY 2022” di Cirebon, Jawa Barat (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Luas hutan mangrove Kabupaten Cirebon menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2016 seluas 1.780 ha dengan rincian kondisi baik sebanyak 1.100 ha, kondisi sedang 200 ha, kondisi rusak 480 ha, rehabilitasi 100 ha, dan berubah fungsi sebanyak 100 ha.

Mangrove ditemukan mendominasi kawasan Losari, Pangenan, dan Gebang. Adapun luas hutan mangrove terbesar berada di Kecamatan Losari seluas 164, 30 ha. Sementara itu, jenis mangrove yang tumbuh di kawasan pesisir Kabupaten Cirebon terdiri dari Avicennia Sp., Rhizophora sp., Nypa sp., dan lain-lain.

Kawasan Hutan Mangrove Caplok Barong terletak di Desa Ambulu, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon. Di dalam tempat dengan hutan mangrove sepanjang kurang lebih 300 meter ini, pengunjung dapat berkeliling hutan melalui jembatan bambu yang tersedia sepanjang kawasan.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati perairan di sekitar hutan mangrove menggunakan perahu dari nelayan sekitar. Kawasan Hutan Mangrove Caplok Barong ini bukan hanya menarik wisatawan, tetapi juga bermanfaat meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga.

Mengingat fungsi dan peranannya yang krusial terhadap lingkungan maupun masyarakat setempat. Maka, penanaman pohon mangrove menjadi agenda penting yang sayang untuk dilewatkan. Dalam hal ini, Atmos Jakarta bersama dengan LindungiHutan turut berkontribusi dengan melakukan penanaman 2.000 pohon Mangrove Rhizophora di Kawasan Hutan Mangrove Caplok Barong, Kabupaten Cirebon.

Baca juga: Milo x Restep x LindungiHutan Green Cyclist Virtual Race: Olahraga Sekaligus Melestarikan Hutan

Satu Langkah Kecil Sangat Bermanfaat untuk Kelestarian Hutan dan Manfaat Sosial bagi Masyarakat

LindungiHutan menjalin kemitraan dengan 40+ mitra petani bibit dan masyarakat sekitar untuk menjalankan kegiatan penghijauan yang berkelanjutan manfaatnya. Kami ingin mempermudah Anda dan brand untuk berperan nyata bagi hutan seperti Atmos Jakarta dengan mudah.

Pohon mangrove Rhizophora sp. diketahui menyimpan banyak manfaat seperti kemampuanya yang mampu mengendapkan lumpur di akar-akar pohon bakau sehingga mencegah masuknya air laut ke daratan.

Selain itu, mangrove Rhizophora sp. juga memiliki akar yang bisa mempercepat penguraian limbah organik dan kimia sehingga dapat mencegah terjadinya pencemaran laut.

Harapannya 2.000 pohon mangrove yang ditanam oleh Atmos Jakarta bersama LindungiHutan mampu berfungsi maksimal sebagai penyerap emisi karbon dan juga menyelamatkan daerah pesisir dari ancaman abrasi.

CollaboraTree: Inisiatif Pelestarian Lingkungan dengan LindungiHutan

Upaya pelestarian lingkungan ditengah permasalahan iklim menjadi langkah yang tepat untuk mengurangi dampak secara luas. Pohon sebagai penyerap karbon dioksida memegang peranan penting dalam kehidupan.

Kesadaran akan menjaga lingkungan merupakan tanggung jawab kita bersama, seperti yang sudah dilakukan oleh Atmos Jakarta. Kolaborasi Atmos Jakarta bersama LindungiHutan terjalin melalui skema kerja sama yang bernama CollaboraTree.

CollaboraTree merupakan bentuk kepedulian brand terhadap lingkungan ydengan memberikan manfaat kepada masyarakat dan alam. Ratusan brand telah bekerja sama dengan Kami dalam melaksanakan program penghijauan. Segera jalin kerja sama dengan LindungiHutan, mari berkontribusi untuk kebaikan!

Sedekah Pohon LindungiHutan