Connect with us

Mitra Hijau

Beri Kado Untuk Bumi, AXA Insurance Tanam 438 Mangrove di Bekasi

Published

on

aksi penghijauan AXA Insurance Indonesia

AXA Insurance merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang berfokus pada asuransi umum dan kesehatan untuk perorangan maupun korporasi yang lengkap melalui omni-channel distribusi. AXA Insurance menjadi bagian dari AXA Group, perusahaan asuransi dan manajemen aset terbesar di dunia yang melayani lebih dari 93 juta nasabah di 51 negara di dunia.

Pada tahun 2011, AXA mulai beroperasi di Indonesia dengan nama PT Mandiri AXA General Insurance (MAGI). Secara resmi berganti nama menjadi PT AXA Insurance Indonesia pada tahun 2023 dengan mendapat persetujuan dari Kementerian Hukum dan HAM.

AXA Insurance Galakkan Penanaman Mangrove di Pantai Bahagia

AXA Insurance tanam mangrove di Bekasi
Penanaman mangrove AXA Insurance di Bekasi (Dokumentasi: LindungiHutan).

Dengan pelayanan terbaiknya, perusahaan senantiasa memberikan perlindungan kesehatan dan aset bagi seluruh masyarakat Indonesia. Tidak hanya perlindungan kesehatan, AXA Indonesia juga memberikan perlindungan terhadap lingkungan yang dikolaborasikan bersama LindungiHutan. 

Bertepatan dengan hadirnya AXA Insurance di Indonesia yang ke-12 pada 25 Oktober 2023, AXA Insurance menciptakan aksi nyata dengan memberikan dampak baik untuk bumi melalui program penanaman pohon mangrove. Kegiatan tersebut bertujuan untuk melindungi wilayah pesisir dari abrasi, banjir rob, dan menjaga keberlanjutan untuk lingkungan.

Bersama LindungiHutan, AXA Insurance menginisiasi kampanye alam bertajuk “Beri Kado Untuk Bumi: Spesial HUT AXA Insurance ke-12”. Setiap pembelian 1 asuransi kesehatan dan aset di laman AXA myPage, sama dengan berdonasi pohon di LindungiHutan.

Melalui kampanye tersebut, AXA Insurance berhasil menanam 483 bibit mangrove pada 27 November 2023 bersama masyarakat lokal yang diwakili oleh Sonhaji. Sonhaji merupakan bagian dari Kelompok Sadar Wisata Alipbata yang menaruh perhatiannya pada kelestarian lingkungan di Pantai Bahagia, Kabupaten Bekasi.

Upaya penghijauan yang telah dilakukan AXA di Pantai Bahagia merupakan kontribusi nyata dalam menghadapi ancaman kerusakan lingkungan saat ini. Adanya penanaman ini, diharapkan dapat memberikan manfaat untuk lingkungan dan masyarakat sekitarnya.

Baca juga: Capai Perbankan Berkelanjutan, Bank Bumi Arta Tanam 500 Mangrove di PIK

Bagaimana Kondisi Lingkungan di Pantai Bahagia?

Penanaman mangrove AXA Insurance bersama LindungiHutan
Penanaman mangrove AXA Insurance bersama LindungiHutan (Dokumentasi: LindungiHutan).

Pantai Bahagia terletak di wilayah Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Kecamatan Muara Gembong berpotensi tinggi untuk budidaya rumput laut. Biasanya, masyarakat juga memanfaatkan dengan budidaya ikan bandeng secara polikultur.

Namun, di pantai tersebut seringkali terjadi abrasi yang mengurangi garis pantai mencapai 10-20 meter per tahunnya. Selain abrasi, pantai ini kerap dilanda oleh banjir rob yang mengancam pemukiman warga.

Perlahan ekosistem mangrove di Muara Gembong berkurang dan beralih fungsi menjadi tambak, pemukiman, persawahan, dan peruntukan lainnya. Padahal, ekosistem mangrove sangat berperan penting bagi keberlanjutan di wilayah tersebut. Hasil alih fungsi lahan tercatat seluas 1,582 ha berubah menjadi lahan tambak dalam 10 tahun terakhir. 

Berkurangnya area mangrove menyebabkan potensi karbon yang tersimpan di Muara Gembong tergolong rendah sekitar 55,35 ton CO2eq/ha. Sonhaji bersama Kelompok Sadar Wisata Alibata menyadari akan pentingnya menjaga kelestarian di Muara Gembong. Hal tersebut dilakukan dengan menanam mangrove yang juga bermitra dengan LindungiHutan.

Mangrove memiliki manfaat untuk wilayah pesisir seperti di Pantai Bahagia. Akarnya yang kuat dapat menahan laju dari abasi, erosi, hingga mampu meredam tsunami yang mengancam daratan. Mangrove juga menjadi tempat tinggal baru bagi ikan, kepiting, atau udang yang dapat dimanfaatkan oleh nelayan.

Baca juga: Berikan Aksi Cinta Untuk Bumi, Rebellion Rose Tanam 1.010 Mangrove di Demak

Tanam Mangrove Bersama LindungiHutan, Aksi Mudah yang Berkelanjutan

Kegiatan penghijauan AXA Insurance
AXA Insurance Indonesia bersama LindungiHutan dan mitra petani menanam mangrove bersama (Dokumentasi: LindungiHutan).

Hingga saat ini, LindungiHutan telah menanam 773 ribu pohon di 47+ lokasi yang tersebar di Indonesia. Mitra yang bekerja sama dengan LindungiHutan tidak perlu repot mengatur agenda penanaman karena semua akan direncanakan oleh LindungiHutan. Sehingga, aksi baik ini dengan mudah dilakukan oleh siapapun.

LindungiHutan bermitra dengan masyarakat lokal dalam setiap penanaman mangrove yang dilakukan. Sehingga, dampak dari penanaman mangrove tidak hanya untuk lingkungan tetapi juga untuk masyarakat. Sebab, Kami memperhatikan nilai keberlanjutan setiap aksi yang telah dilakukan.

Baca juga: Blibli Tiket Action Tanam 4.000 Mangrove Hijaukan Pesisir Mangunharjo, Kota Semarang

Ingin berkolaborasi bersama LindungiHutan dalam kegiatan penanaman pohon yang berkelanjutan? Silakan isi form di bawah ini!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan