Connect with us

Mitra Hijau

Astra Life Jalankan Program CSR Penghijauan 1.000 Pohon di Tangerang

Published

on

Astra Life bersama LindungiHutan hijaukan Muara Cisadane, Tangerang.

PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life) adalah perusahaan penyedia asuransi jiwa yang dimiliki oleh PT Astra International Tbk, PT Sedaya Multi Investama dan Koperasi Astra International.

Berdiri sejak Mei 2014, Astra Life terus berkembang dan berinovasi menghadirkan produk perlindungan serta layanan yang sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia.

Astra Life menawarkan layanan yang beragam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dari berbagai tingkat kehidupan dan segmen pasar. Kebutuhan yang dimaksud itu baik nasabah perorangan berupa asuransi perlindungan jiwa, kesehatan, kecelakaan, asuransi jiwa yang dikaitkan dengan Investasi, asuransi jiwa syariah, dan juga nasabah kumpulan beberapa program kesejahteraan karyawan, dan pendiri dana pensiun.

Berdasarkan data per Juni 2022, Astra Life telah melayani lebih dari 3,72 juta tertanggung. Astra Life juga didukung oleh ribuan penyedia layanan kesehatan di seluruh Indonesia yang menjadi mitra perusahaan. Total aset Astra Life tercatat sebesar Rp7,4 triliun dengan tingkat solvabilitas Risk Based Capital (RBC) Astra Life berada di angka 306% (untuk asuransi jiwa konvensional).

Kini, mengedepankan digitalisasi, Astra Life menghadirkan MyAstraLife yang merupakan aplikasi digital untuk layanan nasabah dalam genggaman sehingga nasabah bisa memanfaatkan layanan terintegrasi di seluruh produk yang ditawarkan dari seluruh kanal penjualan.

Video dokumentasi penanaman bersama Astra Life untuk Indonesia.

Life Lovers Inisiasi Kampanye Alam ‘1.000 Mangrove dari Astra Life untuk Indonesia di Muara Cisadane’

Penanaman mangrove oleh Astra Life.
Tampak ketika proses penanaman mangrove oleh Astra Life sedang berlangsung. Dok: Business Development/LindungiHutan).

Life Lovers, sapaan yang akrab bagi karyawan PT ASURANSI JIWA ASTRA (Astra Life), terpanggil untuk sama-sama gelorakan semangat mewariskan alam yang sehat dan hijau untuk Indonesia, serta menerapkan Astra Sustainability Roadmap yang fokus ke dalam aspek lingkungan yaitu GHG Reduction dan juga dalam aspek Masyarakat yaitu Community Development.

Tahun 2022, menjadi momentum bagi Astra Life untuk mengambil bagian dari upaya pelestarian lingkungan di Indonesia melalui kegiatan penanaman pohon. Bersama dengan LindungiHutan, Astra Life mengajak Life Lovers melakukan penghijaun melalui  kampanye alam bertajuk ‘1.000 Mangrove dari Astra Life untuk Indonesia di Muara Cisadane’.

Melalui kampanye alam tersebut, Astra Life sukses menanam 1.000 Mangrove Rhizophora di Muara Cisadane, Tangerang, 23 November 2022. Penanaman berjalan lancar dan dibantu oleh Kelompok Tani Hutan Remaja Tanjung Burung.

Baca juga: Bank Danamon Bersama Bersinergi Tanam 2.500 Pohon di Bekasi

Kegiatan menanam 1.000 mangrove ini juga dihadiri oleh Bapak Christopher Pangestu selaku Director of Business Astra Life dan Bapak Cornelius Nangoi selaku Director of Human Capital & Corporate Governance Astra Life.

Bersama LindungiHutan yang selama ini dikenal dalam kegiatan-kegiatan positif berbasis kelestarian lingkungan, dipilihnya Muara Cisadane menjadi titik awal kegiatan penanaman pohon oleh Astra Life yang direncanakan menjadi program keberlanjutan di bidang lingkungan.

Astra Life Tanam 1.000 Mangrove di Muara Cisadane, Mengapa di Sana?

Astra Life hijaukan muara cisadane.
Bersama LindungiHutan, Astra Life tanam 1.000 Mangrove Rhizophora di Muara Cisadane. Dok: Business Development/LindungiHutan).

Sempat menyinggung Muara Cisadane sebagai lokasi penanaman, mengapa Astra Life memutuskan untuk menanam di sana? Seperti apa kondisinya? Sebagaimana namanya, Muara Cisadane adalah tempat bermuaranya Sungai Cisadane sebelum menuju Laut Jawa.

Muara Cisadane terletak di Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Di muara ini kita bisa menjumpai pulau-pulau kecil, terbentuk oleh pasir yang terbawa dari Sungai Cisadane. Kawasan tersebut juga ditumbuhi oleh mangrove. Sayangnya, jumlah mangrove yang ada saat ini sangatlah sedikit jika dibandingkan dengan di tahun-tahun sebelumnya.

Padahal, kondisi lingkungan muara ini dahulunya sangatlah baik dan penuh dengan mangrove. Namun, pada tahun 1990-an, masyarakat mulai mengubah muara menjadi tambak udang. Awal pembudidayaannya, masyarakat mendapat banyak sekali keuntungan karena permintaan pasar yang tinggi. Namun, seiring berjalannya waktu kondisi perairan muara menjadi makin keruh dan bau. Kondisi perairan yang buruk menyebabkan udang berukuran kecil sehingga masyarakat merugi.

Seiring berjalannya waktu, petani udang di Muara Cisadane pun resah akan kerusakan lingkungan yang terjadi. Apalagi hal tersebut memengaruhi kualitas produksi udang mereka. Masyarakat merindukan perairan muara yang bersih dan tidak berbau sampah.

Maka dari itu Astra Life menggandeng LindungiHutan bersama masyarakat setempat melakukan penanaman 1.000 Mangrove Rhizophora sebagai aksi nyata penghijauan kembali. Mengapa mangrove?

Baca juga: PT National Label Umas Daya Tanam 1.000 Pohon di Tangerang

Mangrove dan Beragam Manfaat Baiknya!

Nyatanya, mangrove menyimpan banyak manfaat tak hanya sekadar menahan abrasi dan banjir rob. Lebih dari itu, mangrove bermanfaat baik secara ekologi maupun manfaat. Kira-kira apa saja manfaatnya?

  • Menangkap karbondioksida dan menukarnya dengan oksigen, sehingga mencegah pemanasan global,
  • Penahan badai dan angin yang bermuatan garam,
  • Penahan intrusi air laut ke daratan,
  • Tempat hidup beragam makhluk hidup baik itu yang berlindung, mencari makan, dan tinggal,
  • Menjaga kualitas air lewat akar tunjang yang mampu menyerap polutan-polutan,
  • Tempat rekreasi dan pariwisata, sehingga masyarakat sekitar hutan bakau dapat mengelola tempat wisata tersebut secara mandiri dengan desa atau pemerintah daerah,
  • Sumber bahan kayu bakar dan bangunan,
  • Bahan penghasil obat-obatan,
  • Menjadi tempat bekerja masyarakat sekitar sebagai nelayan dan petani tambak hutan bakau dan hutan mangrove.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan