Connect with us

Mitra Hijau

PT Tuban Petrochemical Industries Tanam 2.500 Mangrove di Semarang

Published

on

PT-Tuban-Petrochemical

Salah satu perusahaan petrokimia nasional, PT Tuban Petrochemical Industries terlibat dalam agenda musim penghijauan bersama LindungiHutan di Pantai Mangunharjo Kota Semarang pada 30 Desember 2023. Perusahaan tersebut mendonasikan 2.500 bibit mangrove untuk memulihkan keadaan ekosistem di lokasi penanaman.

PT Tuban Petrochemical Industries merupakan perusahaan kimia yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia, salah satunya PT Pertamina. Masuknya PT Pertamina ke dalam PT Tuban Petrochemical merupakan langkah pemerintah untuk mengurangi ketergantungan impor pada produk petrokimia. Sebab, industri petrokimia merupakan tulang punggung kemajuan ekonomi negara.

Sebagai perusahaan yang pertumbuhan dan aktivitasnya berkaitan dengan kondisi sosial dan lingkungan berada. PT Tuban Petrochemicals Industries menaruh tanggung jawab dan kepeduliannya untuk senantiasa melakukan kewajiban tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Baca juga: PetroChina International Jabung Ltd Gandeng LindungiHutan Tanam 5.000 Mangrove di Pulau Pari Kepulauan Seribu

Penanaman Mangrove PT Tuban Petrochemical Industries dalam Upaya Pelestarian Lingkungan

Keterlibatan PT Tuban Petrochemical Industries dalam kegiatan Musim Penghijauan yang digalakkan oleh LindungiHutan, menjadi aksi keberlanjutan serta bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan. Inisiatif Musim Penghijauan juga hadir dalam rangka perayaan Bulan Menanam Pohon Nasional yang jatuh pada bulan Desember.

Salah satu komitmen yang senantiasa dilakukan adalah terlibat dalam program pelestarian lingkungan. Bersama LindungiHutan, perusahaan mendonasikan 2.500 bibit mangrove untuk memperbaiki kondisi lingkungan di Pantai Mangunharjo.

Proses penanaman mangrove PT Tuban Petrochemicals Industries oleh Mitra Petani LindungiHutan di Pantai Mangunharjo. Dokumentasi: LindungiHutan

Aksi penanaman tersebut melibatkan tim LindungiHutan dan beberapa anggota kelompok tani pesisir Mangunharjo salah satunya adalah Sururi.

Penanaman mangrove dari PT Tuban Petrochemical Industries sekaligus merupakan wujud tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan yang menjadi kewajiban bagi perseroan terbatas yang ada di Indonesia. Selain itu, menjadi langkah nyata untuk mencapai masa depan yang berkelanjutan bagi perusahaan, lingkungan, dan masyarakat.

PT Tuban Petrochemicals Industries menanam 2.500 mangrove di Mangunharjo Semarang
Penanaman mangrove sebanyak 2.500 bibit harapannya akan membawa dampak baik bagi kawasan pesisir. Dokumentasi: LindungiHutan.

LindungiHutan sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh PT Tuban Petrochemical Industries. Besar harapan, mampu mendorong dan menambah kesadaran bagi perseroan lainnya untuk terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan bersama LindungiHutan.

Upaya Penghijauan dan Penyelamatan Lingkungan di Pantai Mangunharjo

Sekitar 52,31% luasan di Kota Semarang merupakan area hijau, salah satunya hutan mangrove di dalamnya. Pantai Mangunharjo yang terletak di pesisir Semarang ini, termasuk ke dalam area hijau yang didominasi hutan mangrove di sekitarnya.

Namun, kerusakan hutan mangrove di Kota Semarang salah satunya di Pantai Mangunharjo berawal dari maraknya budidaya udang pada tahun 1980-1990. Masyarakat diberi modal untuk membuka kawasan hutan mangrove dan merubahnya menjadi tambak udang yang dinilai dapat menambah perekonomian masyarakat sekitar.

Tambak udang memang memberikan dampak baik bagi perekonomian masyarakat, tetapi menimbulkan permasalahan baru dan kerugian setelah bertahun-tahun kemudian.

Hilangnya luasan mangrove mengakibatkan pengikisan daratan oleh air laut, sehingga mengurangi garis pantai dan timbul abrasi serta banjir rob di pesisir Mangunharjo. 

Lokasi penanaman mangrove PT Tuban Petrochemical Industries

Berkaca pada kondisi tersebut, PT Tuban Petrochemical Industries mengambil inisiatif penanaman mangrove dalam rangka upaya pelestarian dan penghijauan kawasan pesisir Mangunharjo Semarang. Melalui agenda musim penghijauan ini, penanaman yang dilakukan juga menjadi bentuk dukungan pada program keberlanjutan (SDG’s) secara global.

Baca juga: SAS Hospitality Tanam 1.000 Pohon Alpukat di Garut dan Semarang

Mari Berdampak dan Wujudkan Aksi Peduli Lingkungan Bersama LindungiHutan

LindungiHutan berkomitmen untuk menanam pohon sejumlah masyarakat Indonesia! Hingga saat ini, kami telah menanam sebanyak 797 ribu pohon di 47+ lokasi penghijauan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dalam prosesnya, LindungiHutan menjalin kemitraan bersama 506 brand maupun perusahaan, 100+ petani dan kelompok tani di lokasi penanaman, serta pihak-pihak terkait lainnya. Harapannya, kolaborasi ini dapat memberikan manfaat sosial pula, tidak hanya pada kondisi ekologinya saja.

Ikuti jejak PT Tuban Petrochemicals Industries dengan berkontribusi pada lingkungan bersama LindungiHutan, aksi penanaman terjalin lebih mudah dan berkelanjutan. Silakan isi form berikut ini!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan