Connect with us

Mitra Hijau

Program CSR Bank Mega Syariah Tanam 100 Pohon di Jakarta

Published

on

Bank Mega Syariah Gandeng LindungiHutan Tanam 100 Pohon di Jakarta.

PT Bank Mega Syariah adalah lembaga perbankan syariah yang berpusat di Jakarta dan merupakan salah satu bagian dari anak perusahaan CT Corpora.

Pada awalnya dikenal sebagai PT Bank Umum Tugu (Bank Tugu) yaitu bank umum yang didirikan pada 14 Juli 1990, kemudian diakuisisi oleh PT Mega Corpora dan PT Para Rekan Investama pada 2001.

Akuisisi ini diikuti dengan perubahan kegiatan usaha pada tanggal 27 Juli 2004 yang semula bank umum konvensional menjadi bank umum syariah dengan nama PT Bank Syariah Mega Indonesia (BSMI).

Sejak 16 Oktober 2018, Bank Mega Syariah telah ditunjuk sebagai anak Penerimaan, Bank Penempatan dan Bank Mitra Investasi oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Selain itu, pada tahun 2019, BPKH juga mempercayakan Bank Mega Syariah untuk menjadi salah satu bank likuiditas yang menjadi partner BPKH selaku penanggung jawab pengelolaan dana haji di Indonesia.

Baca juga: Program CSR PT Mandiri Sekuritas Tanam 1.001 Mangrove di Kabupaten Tangerang

Mega Syariah Berbagi: 100 Pohon Mangrove untuk Hijaunya PIK, Jakarta Utar

Bank Mega Syariah Tanam Mangrove
Proses penanaman mangrove Bank Mega Syariah bersama LindungiHutan di eduwisata hutan mangrove PIK, Jakarta Utara bersama perwakilan Bank Mega Syariah dan LindungiHutan (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Sesuai dengan visinya ‘Tumbuh dan Sejahtera Bersama Bangsa’, Bank Mega Syariah dalam menjalankan kegiatan usahanya memiliki komitmen untuk tumbuh bersama masyarakat dan lingkungan. Tekad tersebut diwujudkan antara lain melalui pelaksanaan program dan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR).

Melalui program dan kegiatan CSR yang dilakukan, perusahaan berharap dapat memberikan manfaat luas kepada masyarakat serta turut menjaga kelestarian lingkungan.

Sebagai bukti wujud komitmen dalam menjaga kelestarian lingkungan, Bank Mega Syariah bersama LindungiHutan menginisiasi kampanye alam bertajuk “Mangrove PT Bank Mega Syariah untuk Hijaunya PIK, Jakarta Utara”.

Bank Mega Syariah menanam mangrove
Kondisi di lokasi penanaman Bank Mega Syariah , kawasan hutan mangrove PIK. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Kampanye alam tersebut merupakan bagian dari kegiatan rutin tahunan bernama Mega Syariah Berbagi. Melalui kegiatan ini, perusahaan ikut mewujudkan kepedulian untuk masyarakat sekitar Kantor Cabang/Kantor Cabang Pembantu/ Kantor Kas Bank Mega Syariah. Alhasil, masyarakat dapat merasakan manfaat atas keberadaan Bank Mega Syariah di wilayahnya.

Acara yang digagas Bank Mega Syariah ini sukses mengumpulkan 100 pohon mangrove Rhizophora sp. yang mana telah ditanam bersama di Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk, Kota Jakarta Utara pada 16 Oktober 2021.

Penanaman mangrove Bank Mega Syariah
Karyawan Bank Mega Syariah yang hadir dalam kegiatan penghijauan terlihat asik menanam bibit mangrove di kawasan ekowisata hutan mangrove PIK, Jakarta (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Kontribusi nyata PT Bank Mega Syariah terhadap kelestarian lingkungan bisa menjadi contoh sekaligus inspirasi bahwa sebaik-baiknya bentuk komitmen yang paling baik adalah yang diwujudkan.

Sebuah perusahaan maupun lembaga dengan segala sumber dayanya yang melimpah tentu bisa menjadi motor penggerak bagi banyak pihak untuk ikut menjaga dan mencegah kerusakan lingkungan lebih parah.

Baca juga: PT Ocean Network Express Indonesia (ONE) Menanam Ribuan Pohon di 3 Provinsi

PT Bank Mega Syariah Hijaukan Hutan Mangrove PIK, Jakarta Utara

Video pelaksanaan program CSR Bank Mega Syariah bersama LindungiHutan di PIK, Jakarta Utara.

Hutan mangrove PIK (Pantai Indah Kapuk) merupakan wilayah yang menjadi benteng abrasi dan erosi (pengikisan tanah) di kawasan pantai Jakarta. PIK memiliki kawasan hutan mangrove seluas 99 hektare dan 40% lahan di kawasan hutan ini digunakan untuk konservasi hutan bakau yang asri dan alami.

Sayangnya, Jakarta masih menjadi daerah rawan banjir akibat penyerapan air yang buruk dan naiknya permukaan air laut. Maka dari itu, LindungiHutan bersama Bank Mega Syariah melakukan penanaman 100 pohon Mangrove Rhizophora di Kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk.

Pemilihan lokasi penanaman pohon mangrove ini sesuai dengan kebijakan CSR yang ditetapkan Bank Mega Syariah.

Komitmen dan kebijakan tanggung jawab sosial perusahaan Bank Mega Syariah dalam menerapkan tanggung jawab sosialnya mengacu pada prinsip keberlanjutan (sustainability) sebagai bentuk komitmen untuk mendukung kampanye SDGs yang dicanangkan oleh PBB.

Baca juga: Hafizah Ghazali Tanam 5.000+ Mangrove di Pesisir Semarang

Lewat partisipasi berupa penanaman di hutan mangrove PIK, Jakarta Utara, PT Bank Mega Syariah telah mendukung Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dengan:

  • Mengurangi degradasi lahan akibat abrasi (SDG’S 15)
  • Mengurangi dampak  banjir di pemukiman warga (SDG’S 15)
  • Meningkatkan area tutupan hijau (SDG’s 15)
  • Membantu pengurangan emisi karbon (SDG’S 13)
  • Meningkatkan perekonomian petani dan warga sekitar (SDG’S 1)
  • Menyediakan jam kerja bagi warga sekitar (SDG’S 8)

Semoga langkah nyata PT Bank Mega Syariah dalam menjaga kelestarian lingkungan bisa diikuti oleh berbagai pihak.

Implementasi Program CSR Lingkungan yang Mudah dan Berkelanjutan Bersama LindungiHutan

Bank Mega Syariah merupakan salah satu mitra hijau yang mempercayakan implementasi program CSR dan bakti lingkungan bersama LindungiHutan. Selain menanam pohon, kami juga menjalin kerjasama dengan 30+ kelompok masyarakat peduli hutan di berbagai daerah.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan laporan tahun 2023 LindungiHutan

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Blog LindungiHutan will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.