Connect with us

Mitra Hijau

Geliga x RESTEP ID dan LindungiHutan Menghijaukan Pantura Tanam 10 Ribu Mangrove

Published

on

Penanaman pohon Geliga bersama LindungiHutan

Geliga merupakan brand pereda nyeri otot terdepan di Indonesia senantiasa mengajak masyarakat untuk mengikuti pola hidup sehat, salah satunya dengan berolahraga. Olahraga tidak hanya membuat tubuh sehat tetapi juga menjadi ajang pelepas penat dan stres.

Maka dari itu, melalui Virtual Event “Geliga Action for Donation” yang berlangsung mulai 16 September 2021, Geliga bersama Restep dan LindungiHutan mengajak masyarakat untuk bersepeda ataupun berlari, sekaligus turut berkontribusi menghijaukan Indonesia dalam hal ini berupa penanaman mangrove.

“Jumlah kilometer yang ditempuh para pelari maupun pesepeda akan dikonversi menjadi bibit pohon mangrove. Penanaman akan dilakukan melalui LindungiHutan.com di Desa Bedono yang berlokasi di Demak Jawa Tengah,” Ungkap Alexander Lasso, Brand Manager Geliga PT Borden Eagle Indonesia.

Baca juga: Gerakan Menanam Pohon Bersama Willo Pumps Indonesia

Geliga Menggelar Virtual Event “Geliga Action for Donation”

Penyerahan sertifikat kolaborasi dari LindungiHutan kepada Geliga Indonesia.
Foto penyerahan sertifikat kerjasama dari LindungiHutan untuk Geliga Indonesia di pesisir desa Bedono, kecamatan Sayung, kabupaten Demak, Jawa Tengah (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Gelaran acara “Geliga Action for Donation” bukanlah sekadar olahraga biasa, tetapi juga bentuk dedikasi dari Geliga dalam membantu program penghijauan di kawasan pesisir pantai Pulau Jawa. Acara tersebut merupakan bukti bahwa Geliga tidak hanya mendorong masyarakat untuk memulai pola hidup sehat, tetapi juga mengajak agar lebih peduli terhadap kelestarian alam Indonesia.

Para peserta yang terlibat dalam ajak lari dan bersepeda yang mengikuti ini dapat mendaftarkan diri secara gratis melalui dua mekanisme. Peserta dapat menggunakan aplikasi Restep atau aplikasi tracker apapun lalu mendaftar melalui situs geligaindonesia.id.

Restep sebagai pihak yang dirangkul dalam perhelatan ini adalah sebuah platform di mana setiap pesepeda dapat menukarkan setiap jarak tempuh ketika bersepeda menjadi poin. Poin-poin tersebut dapat ditukarkan dengan beragam hadiah. Restep hadir di tengah masyarakat sebagai bentuk apresiasi kepada siapa pun yang baru memulai dan telah menjadikan olahraga sebagai bagian dari keseharian.

Selama event berlangsung, jarak yang ditempuh peserta akan secara otomatis tercatat di akun masing-masing, baik mereka yang mendaftar melalui aplikasi Restep maupun lewat website geligaindonesia.id. Jumlah kilometer yang terkumpul selalu diperbarui dan diinformasikan setiap minggunya.

Peserta dapat mengakses informasi tersebut dari situs www.restep.id dan geligaindonesia.id serta akun instagram Geliga @bebaspegal.

Total jarak kilometer yang dihasilkan peserta dalam event “Geliga Action for Donation” kemudian dikonversi menjadi bibit pohon mangrove untuk ditanam oleh LindungiHutan di pesisir utara jawa sesa Bedono, kecamatan Sayung, kabupaten Demak, Jawa Tengah. Total 10.010 bibit pohon bakau yang terkumpul dan tertanam.

Baca juga: Hino Finance Indonesia Berkolaborasi dengan LindungiHutan Gelar CSR Lingkungan di Jakarta dan Tangerang

Geliga Bersama Restep dan LindungiHutan Menghijaukan Pantura

Proses penanaman dalam kampanye alam Geliga bersama Restep dan LindungiHutan
Proses penanaman pohon Mangrove dalam kampanye alam “Geliga Action for Donation” (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Pemilihan Desa Bedono sebagai tempat penanaman mangrove tentu dengan pertimbangan beberapa hal. Wilayah ini sebenarnya memiliki potensi yang besar dalam bidang perikanan, budidaya hasil laut, serta wisata bahari.

Sayangnya, laut Demak mempunyai risiko daya rusak yang besar. Dengan potensi kenaikan air laut hingga 3 cm/tahun dan penurunan muka tanah mencapai 25 cm/tahun, daratan demak terancam tenggelam dalam kurun waktu 10-20 tahun.

Fakta tersebut bukan hanya menjadi ancaman belaka, sebab pada 1997 Desa Bedono memiliki daratan seluas 739,2 hektare. Akan tetapi, pada 2017 luas daratan telah berkurang dan tersisa 551,672 hektare.

Menurut laman resmi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Desa Bedono merupakan salah satu desa yang mengalami abrasi paling parah di Kabupaten Demak. Bahkan diperkirakan yang terbesar di kawasan pantai utara dan selatan Pulau Jawa.

Hilangnya daratan tersebut memberikan dampak buruk yang masif bagi masyarakat sekitar. Tercatat, kurang lebih 200 rumah penduduk telah tenggelam.  Tak berhenti di situ, masyarakat mau tak mau juga harus mencari mata pencaharian lain sebab menghilangnya lahan pemukiman dan pertambakan.

Oleh sebab itu LindungiHutan bersama dengan Geliga dan Restep melakukan penanaman Mangrove Rhizophora sebab pohon tersebut merupakan benteng alami dan mampu menjadi sarana konservasi dan restorasi.

Perwakilan Geliga Indonesia ikut serta menanam bibit mangrove di Pantura Jawa.
Perwakilan Geliga Indonesia ikut serta menanam bibit pohon bakau di Pantura Jawa (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Pohon mangrove Rhizophora sp. menyimpan banyak manfaat untuk lingkungan seperti mampu mengendapkan lumpur di akar-akar pohon bakau sehingga bisa mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratan. Selain itu, tanaman bakau juga dapat mempercepat penguraian limbah organik dan limbah kimia yang mencemari laut.

Semoga apa yang telah dilakukan oleh Geliga bersama dengan Restep dan LindungiHutan mampu memicu pihak lain untuk ikut menghijaukan Indonesia.

Terlebih lagi, pohon mangrove yang telah ditanam diharapkan akan memberi kebaikan-kebaikan bagi masyarakat sekitar.

Gelar Kegiatan Penanaman Pohon dengan Mudah seperti Geliga bersama LindungiHutan

Lebih dari 300 mitra hijau telah percaya dengan LindungiHutan untuk menjalankan acara CSR dan aktivitas penghijauan secara mudah dan berkelanjutan. Mulai ambil peran bersama 40+ mitra penggerak penghijauan dan petani bibit di berbagai daerah se-Indonesia.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh Annual Report LindungiHutan