Connect with us

Mitra Hijau

Beauphoria Tanam 249 Pohon Mangrove di Bontang Mangrove Park, Kalimantan Timur

Published

on

LindungiHutan dan Beauphoria berkolaborasi untuk menanam mangrove di Bontang, Kaltim.

Beauphoria adalah perusahaan kecantikan yang menjual produk-produk kecantikan rambut. Mereka menawarkan produk kecantikan quick fix kepada semua wanita yang ingin memaksimalkan penampilan dirinya.

Brand yang hadir sejak tahun 2013 ini merupakan yang pertama di Asia dengan produk paling inovatif yaitu Automatic Rotating Curling Iron. Selain itu, masih ada banyak produk lainnya seperti X Michie, X MMEHUILLET, Automatic Curler, Hair Crimper, Hair Dryer, Hot Brush, Hair Straightener, Hair Brush, hingga aksesoris. Untuk lebih lengkapnya bisa kunjungi website Beauphoria.

Nama Beauphoria sendiri berasal dari kata Beauty dan Euphoria yang merupakan sebutan untuk semua beauty enthusiast di luar sana. Bagi mereka, semua punya kesempatan dengan mudah untuk cantik. Dengan menggunakan teknologi terbaru dari Jepang, Beauphoria hadir untuk mengajak penggunaannya sadar bahwa saat ini beauty is not pain.

Hal tersebut selaras dengan apa yang menjadi visi dan misi Beauphoria. Bagi mereka, wanita dengan gaya hidup yang sibuk dan memiliki sedikit waktu untuk menata rambut dan make up sekarang tak perlu lagi khawatir.

Beauphoria memastikan bahwa kehadirannya dapat memenuhi kebutuhan setiap wanita dengan menawarkan produk kecantikan yang mudah digunakan, tidak memakan waktu lama, dan hemat biaya tanpa mengurangi tingkat kualitasnya.

Baca juga: LEPAS dan LindungiHutan Bekerjasama untuk Menanam Ratusan Pohon di Kendal

Beauphoria dan LindungiHutan Bekerjasama untuk Menjalankan Program Penghijauan di Bontang

Relawan dan pengelola Bontang Mangrove Park (BMP) menanambibit mangrove hasil kerjasama Beauphoria dan LindungiHutan.
Foto proses penanaman pohon mangrove di Bontang Mangrove Park (BMP), Kaltim (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Dengan maraknya pemanasan global saat ini, sudah saatnya kita semua mengambil tindakan dimulai dari diri sendiri. Sadar akan bencana pemanasan global yang mengancam dan perhatiannya terhadap kondisi bumi kita saat ini, Beauphoria memilih untuk tidak tinggal diam.

Alih-alih berdiam diri sambil merutuki keadaan yang mana tak mengubah apapun, Beauphoria mengambil aksi nyata bersama-sama menghijaukan Indonesia.

Bersama LindungiHutan, Beauphoria menginisiasi kampanye alam ‘Mari Kita Hijaukan Indonesia!’ sebagai bentuk upaya pelestarian lingkungan. Setiap pembelian 1 produk Beauphoria Carousel Automatic Curling Iron, maka secara tidak langsung telah berkontribusi untuk menanam 1 pohon di hutan Indonesia.

Baca juga: Geliga x RESTEP ID dan LindungiHutan Menghijaukan Pantura Tanam 10 Ribu Mangrove

Melalui kampanye alam tersebut 249 pohon Mangrove Rhizophora sukses terkumpulkan dan telah ditanam di Bontang Mangrove Park, Kota Bontang pada 7 Juli 2022. Proses penanaman pohon berjalan lancar dengan dibantu oleh Laskar Taman Nasional Kutai.

Tentu apa yang telah dilakukan oleh Beauphoria semestinya kita sambut dengan hangat. Sebagai sebuah brand, mereka tak lupa akan tanggung jawabnya menjaga keanekaragaman hayati dan keseimbangan ekosistem alam. 

Harapannya, langkah ini bisa menginspirasi banyak pihak, sehingga makin banyak pula yang tergerak untuk ikut bersama-sama menjaga kelestarian alam.

Penanaman 249 Pohon Mangrove di Bontang Didukung oleh Mitra Penggerak Penghijauan LindungiHutan

Indonesia merupakan salah satu negara dengan hutan terluas di dunia. Bagaimana tidak? Mengutip dari laman kkp.go.id, berdasarkan Peta Mangrove Nasional yang resmi dirilis oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2021 diketahui bahwa total luas mangrove Indonesia seluas 3.364.076 Ha.

Luas hutan mangrove tersebut pastinya harus kita jaga bersama, salah satunya melalui area konservasi. Bontang Mangrove Park atau BMP adalah salah satu tujuan wisata di Kota Bontang dengan konsep conservation, education, and adventure yang dicanangkan oleh Balai Taman Nasional Kutai.

Untuk mendukung fungsi BMP sebagai sarana edukasi, di sepanjang boardwalk yang terbentang dari daratan sampai ke laut, terdapat berbagai informasi tentang jenis-jenis vegetasi hutan mangrove. Selain broadwalk sepanjang 1,3 km, terdapat menara pandang dengan tinggi 20m yang dapat difungsikan sebagai sarana “bird watching”.

Bontang Mangrove Park sebagai kawasan pendidikan lingkungan, dan ekowisata yang baru, tentunya banyak informasi yang belum tergali secara maksimal. Apalagi kawasan pendidikan lingkungan terutama tentang hutan mangrove memiliki peranan sangat penting dan sangat efektif dalam upaya penyebaran informasi seputar bencana abrasi dan lain sebagainya.

Dibutuhkan informasi-informasi edukatif tentang hutan mangrove sehingga masyarakat atau pengunjung mendapat ilmu pengetahuan yang cukup dan dapat menyampaikan pesan berantai kepada orang lain. Sedangkan bagi pengelola dalam hal ini Balai Taman Nasional Kutai memiliki data base hutan mangrove Bontang Mangrove Park.

Baca juga: PT Pamapersada Nusantara (PAMA) Menjalankan Program CSR Lingkungan Bersama LindungiHutan

Adanya BMP diharapkan akan berimplikasi pada kualitas ekosistem mangrove yang makin baik dan lebih terjaga. Maka dari itu, Beauphoria bersama LindungiHutan melakukan penanaman 349 pohon bakau kurap sebagai bentuk upaya pelestarian sekaligus konservasi alam.

Pohon bakau memiliki banyak manfaat untuk lingkungan dan masyarakat sekitar hutan mangrove seperti:

  • Penahan abrasi pantai,
  • Menangkap karbondioksida dan menukarnya dengan oksigen, sehingga mencegah pemanasan global,
  • Penahan badai dan angin yang bermuatan garam,
  • Penahan badai dan angin yang bermuatan garam,
  • Penahan intrusi air laut ke daratan,
  • Tempat hidup beragam makhluk hidup baik itu yang berlindung, mencari makan, dan tinggal,
  • Menjaga kualitas air lewat akar tunjang yang mampu menyerap polutan-polutan.

Baja juga: Hafizah Ghazali Menanam 4.000+ Pohon di Bekas, Jawa Barat

Semoga pohon mangrove yang ditanam oleh Beauphoria bersama LindungiHutan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

Mari Berkolaborasi untuk Program Penghijauan di 30+ Daerah Bersama Masyarakat Lokal

LindungiHutan bermitra dengan 30+ kelompok tani hutan dan masyarakat lokal untuk menjalankan program penghijauan dan penanaman pohon. Kami telah dipercaya 380+ brand dan perusahaan menjalankan kegiatan reforestasi yang berdampak sosial.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan