Connect with us

Hutanpedia

10+ Bunga Unik Indonesia, Layaknya Berada di Negeri Fantasi

Published

on

Bunga unik di Indonesia

Pernahkah kalian terkesima karena melihat keindahan dari sebuah bunga? Bentuk yang elegan, perpaduan warna yang menarik, dan baunya yang harum. Keindahan yang tak terlukiskan.

Indonesia merupakan salah satu negara di belahan dunia ini yang menyimpan kekayaan biodiversitas yang tinggi. Bahkan, di sudut-sudut negeri ini banyak terdapat kekayaan alam yang belum teridentifikasi. Beberapa diantaranya terdapat nama bunga yang jarang diketahui.

Banyak diantara mereka memiliki perawakan dan warna yang indah dan unik. Keindahannya bahkan tak terlukiskan. Yuk kita kenali bersama beberapa bunga unik di Indonesia. Simak ulasan berikut ini.

10 Bunga Unik dan Cantik yang Dimiliki Indonesia

Indonesia memiliki banyak spesies bunga yang unik dan indah karena keragaman alam dan lingkungan geografisnya yang beragam. Berikut adalah beberapa bunga unik yang dapat ditemukan di Indonesia:

1. Rafflesia Arnoldii

Bunga raflesia arnoldi

Nama bunga unik yang pertama adalah Rafflesia Arnoldii. Bunga unik dan langka yang satu ini adalah bunga parasit terbesar di dunia dan merupakan bunga nasional Indonesia. Rafflesia Arnoldii dapat ditemukan di hutan hujan Kalimantan dan Sumatera.

Rafflesia arnoldii dapat dengan mudah dikenali karena warnanya yang mencolok. Diamter bunganya bisa mencapai 1 meter atau 3 kaki. Beberapa individu bahkan bisa mencapai lebih dari 1 meter (39 inci) (Ramadhani dkk, 2017).

Salah satu ciri yang paling terkenal adalah bau busuk yang ditimbulkan darinya. Karena bau busuk yang sangat kuat seperti bangkai, banyak lalat menghampirinya sebagai penyerbuk alami.

Baca juga: 10+ Tumbuhan Endemik Asli Indonesia Lengkap

2. Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata)

Anggrek bunga hitam

Anggrek ini terkenal karena warna bunganya yang unik, yang dapat beragam dari ungu tua hingga hitam. Mereka terutama ditemukan di hutan-hutan pegunungan di Jawa dan Sumatera.

Bunga anggrek hitam dapat dikenali dari bentuk kelopaknya yang lebar dan sedikit melengkung ke bawah. Selain itu, bunganya juga memiliki gerigi yang menonjol. Panjang bunga anggrek hitam dapat mencapai 10 hingga 15 cm atau bahkan lebih (Restiani dkk, 2016).

3. Kantong Semar (Nepenthes spp.)

Gambar kantong semar

Kantong Semar adalah tanaman karnivora yang memiliki kantung pelampung untuk menangkap serangga. Mereka terutama ditemukan di hutan-hutan pegunungan di Kalimantan, Sumatera, dan Papua.

Ciri yang paling khas dari kantong semar adalah kantung penangkap yang berkembang di ujung daunnya yang berfungsi untuk menarik, menangkap, dan mencerna serangga atau organisme kecil lainnya (Suwardi & Navia, 2015).

Sementara itu, warna daun kantong semar bervariasi mulai dari hijau tua hingga merah, ungu, atau bahkan oranye.

4. Bunga Padma (Nelumbo nucifera)

Gambar bunga seroja atau bunga padma

Bunga ini adalah simbol nasional Indonesia dan banyak ditemukan di seluruh negeri. Mereka memiliki kelopak yang indah dan sering digunakan dalam upacara keagamaan dan budaya (Mukherjee dkk, 1996).

Bunga padma memiliki warna yang bervariasi mulai dari putih, merah muda, merah, ungu, kuning, atau kombinasi dari warna-warna tersebut.

Bunga padma memiliki bentuk yang khas, dengan kelopak-kelopak yang berbentuk kerucut dan terbuka lebar.

5. Anggrek Waling-Waling (Vanda sanderiana)

Gambar anggrek waling-waling

Ini adalah salah satu jenis anggrek terindah di dunia, dikenal dengan bunganya yang besar dan warna-warni yang menarik. Mereka tumbuh di hutan-hutan pegunungan di beberapa wilayah Indonesia, seperti Sulawesi. 

Bunganya dapat tumbuh dengan diameter mencapai 5-10 cm atau lebih. Bunga waling-waling memiliki aroma yang wangi dan manis.

Selain itu, bunganya memiliki sepals dan petals yang hampir serupa yang terbuka dan membentuk simetris yang indah. Daunnya berbentuk pita yang panjang, berwarna hijau tua, dan membentuk rosette (Firgiyanto & Pratama, 2021).

6. Edelweis (Anaphalis javanica)

Gambar bunga edelweis

Bunga ini tumbuh di dataran tinggi pegunungan di Indonesia, seperti di Jawa, Sumatera, dan Papua. Edelweis sering dianggap sebagai simbol keindahan dan keabadian.

Jenis bunga yang sering disebut sebagai bunga abadi ini memiliki bentuk yang kecil dengan kelopak putih berbulu yang sangat tebal. Kelopak bunganya memiliki tampilan seperti serutan kapas atau bulu (Soetoto & Graicila, 2022).

Baca juga: Edelweis, Si Cantik Penghuni Atap Negeri

Daun edelweis berbentuk elips atau lanset. Bulu-bulu halus juga menyelimuti permukaan daunnya untuk mengurangi penguapan. 

Bunga edelweis sering digunakan sebagai simbol romantisme dan keindahan alam khususnya pegunungan.

7. Bunga Padma Gading (Nymphaea tetragona)

Bunga Padma Gading (Nymphaea tetragona)

Bunga ini memiliki kelopak putih yang bersih dan tumbuh di berbagai danau dan perairan tawar di Indonesia, seperti Danau Toba di Sumatera.

Bunga padma gading memiliki bentuk yang khas, dengan kelopak bunga yang lebar, bulat, dan rata. Daunnya berbentuk bundar hingga membentuk hati berwarna hijau muda hingga hijau tua yang cerah (Gu dkk, 2018).

8. Bunga Kantil (Pterospermum javanicum)

Bunga ini memiliki kelopak yang besar dan putih dengan aroma yang harum. Mereka biasanya tumbuh di pohon-pohon tinggi dan sering dianggap sebagai simbol kecantikan dan kemurnian.

Ciri yang paling terkenal dari bunga kantil adalah bau harum yang sangat kuat saat bunganya mekar (Puspita, 2019). Bunga kantil memiliki bentuk khas dengan kelopak yang lebar dan berbentuk corong.

9. Kembang Sepatu (Hibiscus rosa-sinensis)

Gambar bunga sepatu

Bunga ini adalah bunga nasional Malaysia, tetapi juga ditemukan di banyak tempat di Indonesia. Mereka memiliki kelopak besar dan datar yang datang dalam berbagai warna dan bentuk.

Bunga kembang sepatu memiliki beragam warna, mulai dari merah, oranye, merah muda, putih, ungu, dan kombinasi. 

Memiliki bentuk yang unik dan khas dengan kelopak yang lebar dan rata membentuk corong atau mangkuk. Bagian tengah bunganya terdiri dari benang sari dan putik yang menonjol (Efendi dkk, 2021).

10. Bunga Padma Air (Nymphaea caerulea)

Bunga ini tumbuh di perairan tawar seperti rawa-rawa dan kolam. Mereka memiliki kelopak yang besar dan sering digunakan dalam seni dan budaya Indonesia.

Bunga padma air memiliki bentuk yang khas dengan kelopak bunga yang lebar, melengkung ke atas, dan berbentuk corong yang indah. Kelopaknya juga tersusun dalam beberapa lapisan (Oosthuzien, 2020).

Baca juga: Bunga Telang, Si Biru Penyehat Tubuh

Itulah 10 bunga unik dan cantik yang berada di Indonesia. Menarik bukan? Karenanya mari kita jaga keanekaragaman flora yang kita punya dengan mempelajari dan tidak merusak habitatnya di alam.

Penulis: Bilal Adijaya

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan