Connect with us

Hutanpedia

Sutra Bombay, Gulma Warna-Warni Cantik Pengisi Taman

Published

on

Gambar sutra bombay

Siapa yang waktu kecilnya sering dihabiskan untuk bermain layang-layang di hamparan persawahan? Yap, Anda pasti pernah melihat tanaman bawah berbunga warna warni dan berdaun keunguan bukan?

Tanaman yang biasa digunakan sebagai pakan jangkrik ini bernama Sutra Bombay atau biasa dikenal dengan nama lokal Krokot Mawar. 

Sutra Bombay nama latinnya adalah Portulaca grandiflora yang merupakan tanaman berbunga yang populer ditanam karena bunganya yang berwarna-warni dan daunnya yang cukup tebal.

Tanaman ini juga dikenal dengan nama mass rose atau purslane (Jain & Bashir, 2010). Seperti apa tanaman ini selengkapnya? Yuk simak ulasan berikut ini.

Klasifikasi Sutra Bombay

Tanaman sutra bombay termasuk ke dalam keluarga Portulacaceae yang dicirikan dengan kemampuannya dalam hidup di berbagai kondisi tanah sehingga biasa disebut sebagai gulma. Ciri otentik lainnya adalah memiliki bentuk dan variasi warna bunga yang beragam untuk dijadikan tanaman hias.

Berikut ini merupakan taksonomi atau klasifikasi ilmiah tanaman krokot mawar ini:

KerajaanPlantae
DivisiAngiospermae
KelasEudikotil
OrdoCaryophyllales
FamiliPortulacaceae
GenusPortulaca
SpesiesPortulaca grandiflora

Baca juga: Jadi Sumber Pangan Dunia, Inilah 10 Macam Umbi-umbian Beserta Kandungannya

Ciri-Ciri Sutra Bombay

Portulaca grandiflora memiliki sejumlah ciri-ciri yang khas. Berikut adalah beberapa ciri-ciri umum tanaman purslane ini:

Daun Berbentuk Silinder

Daun tanaman purslane berbentuk silinder dan biasanya tebal serta berdaging. Mereka dapat bervariasi dalam warna, mulai dari hijau hingga merah muda.

Bentuk Pertumbuhan Rendah

Purslane adalah tanaman yang tumbuh rendah, biasanya tidak lebih tinggi dari beberapa inci hingga sekitar setengah kaki (1 hingga 15 cm). Ia memiliki bentuk pertumbuhan menjalar atau merayap.

Sutra Bombay Bunga Kecil

Bunga-bunga purslane relatif kecil, dengan diameter sekitar 0,5 hingga 1 inci (1,27 hingga 2,54 cm). Mereka biasanya berwarna kuning atau kuning-orange dan memiliki lima kelopak bunga.

Gambar sutra bombay (1)
Infografis tentang sutra bombay oleh LindungiHutan.

Manfaat Bunga Sutra Bombay

Bunga purslane adalah bagian dari tanaman ini yang juga memiliki beberapa manfaat, meskipun biasanya bukan bagian yang paling sering dimanfaatkan. Berikut ini merupakan manfaat bunga purslane:

Nilai Estetika

Bunga purslane memiliki daya tarik visual yang tinggi. Mereka sering digunakan dalam penghijauan dan lanskap sebagai tanaman hias karena bunganya yang cerah dan menarik. Bunga-bunga ini dapat menghiasi taman dan pot dengan warna yang indah.

Potensi Pangan

Meskipun daun dan batang tanaman purslane lebih sering dimakan, beberapa budaya tertentu juga menggunakan bunga sebagai pangan. Sutra bombay dapat digunakan dalam salad atau hidangan lain untuk memberikan sentuhan dekoratif dan rasa yang unik.

Ekstraksi Herbal

Dalam pengobatan tradisional, beberapa orang telah menggunakan bunga purslane dalam ekstraksi herbal (Husein dkk, 2021). Namun, penggunaan ini tidak sepopuler penggunaan daun dan batangnya.

Baca juga: Bunga Telang, Si Biru Penyehat Tubuh

Cara Menanam Bunga Sutra Bombay

Menanam tanaman sutra bombay tergolong cukup mudah. Purslane umumnya tumbuh pada jenis vertisol. Cara penanaman yang dilakukan adalah dengan menggali tanah, kemudian memasukkan bibit dan menutup kembali tanahnya. 

Perawatan setelah penanaman pun cukup mudah, cukup disiram apabila kondisi tanah sudah mulai mengering. Apabila kondisi tanaman sudah mulai padat maka lebih baik dilakukan penjarangan agar memberikan ruang yang cukup untuk pertumbuhan tanaman.

Cara Merawat Tanaman Sutra Bombay

Tanaman ini dikenal memiliki kemampuan toleransi yang tinggi karena daya tahan terhadap kekeringan. Ia dapat bertahan hidup dengan sedikit air, dan daunnya mungkin tetap segar dan hidup bahkan dalam kondisi panas yang ekstrem.

Sutra bombay juga biasanya tumbuh di tanah terbuka, seperti kebun, area taman, atau bahkan di jalanan kota. Ia biasanya tumbuh subur di daerah yang panas dan kering.

Karena kemampuan toleransinya, cara perawatan tanaman sutra bombay sebenarnya cukup mudah. Cukup tempatkan tanaman ini pada tempat terbuka yang minim naungan, maka krokot mawar akan tumbuh baik pada berbagai keadaan atau kondisi lingkungan.

Berikut ini merupakan beberapa tips cara perawatan sutra bombay agar tumbuh optimal:

Pencahayaan

Tanaman purslane membutuhkan banyak sinar matahari. Pastikan untuk menempatkannya di lokasi yang menerima sinar matahari penuh atau setidaknya sinar matahari yang cukup selama sebagian besar hari (Jain & Bashir, 2010). Pencahayaan yang baik akan membantu tanaman tumbuh dengan baik dan menghasilkan bunga yang indah.

Tanah dan Drainase

Purslane lebih suka tumbuh di tanah yang tidak tergenang air. Pastikan pot atau lokasi penanaman memiliki lubang drainase yang cukup. Anda juga bisa menambahkan pasir atau bahan organik ke tanah untuk meningkatkan drainasenya.

Pemupukan

Tanaman sutra bombay tidak memerlukan pemupukan yang berlebihan. Anda bisa memberikan pupuk ringan sebulan sekali selama musim tumbuh aktif. Gunakan pupuk cair atau pupuk pelengkap dengan kandungan nitrogen rendah.

Penyiraman

Purslane adalah tanaman yang tahan kekeringan, jadi tidak perlu disiram terlalu sering. Biarkan tanah mengering di antara penyiraman. Ketika Anda menyiram, basahi tanah secara merata. Pastikan pot atau area penanaman memiliki saluran air yang baik sehingga air tidak menggenang.

Pemangkasan

Untuk mendorong pertumbuhan yang lebih baik dan bunga yang lebih banyak, Anda dapat memotong ujung-ujung cabang purslane secara teratur. Ini disebut pemangkasan deadheading. Pemotongan ini akan merangsang pertumbuhan baru.

Pencegahan Gulma

Meskipun sutra bombay adalah tanaman yang menarik, beberapa orang menganggapnya sebagai gulma. Pastikan untuk membersihkan area di sekitarnya dari gulma agar tidak bersaing dengan tanaman purslane.

Baca juga: Mengenal Kawasan Konservasi, dari Pengertian, Manfaat, hingga Contohnya

LindungiHutan Menanam 700 Ribu Lebih Pohon di 50 Lokasi Penanaman di Indonesia!

Penulis: BIlal Adijaya

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Manajemen

    01/11/2023 at 13:42

    Min, sutra bombay bisa ditemukan di daerah mana aja ya? Saya kira sutra bombay itu bisa jadi bawang juga hehe Telkom University

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan