Connect with us

Hutanpedia

Cara Budidaya Tanaman Vanili, Harga Fantastis Manfaat Selangit (2022)

Published

on

Mengenal vanili mulai dari harga hingga cara budidayanya.

Apakah kamu termasuk vanilla lovers di sini? Cita rasa atau aroma vanilla sering kita jumpai di sekeliling kita. Biasanya vanilla digunakan pada makanan, minuman, wewangian, dan lainnya. Kesannya yang manis dan menenangkan, menjadikan vanilla disukai banyak orang. 

Memangnya, rasa vanilla berasal dari mana yah? Ternyata, rasa khas vanilla berasal dari tanaman vanili teman-teman. Well, kalau kamu penasaran dengan tanaman satu ini dan kenapa bisa menghasilkan rasa vanila, simak dulu artikel berikut ya!

Mengenal Tanaman Vanili dan Taksonominya

Tanaman vanili pertama kali ditemukan oleh Swartz pada tahun 1970. Vanilla planifolia Andrews atau biasa dikenal dengan nama Vanili adalah tanaman yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko. Di Indonesia, tanaman ini menyebar di daerah Sumatera, Jawa, Bali, dan Sulawesi. 

Tanaman vanili dapat tumbuh pada ketinggian 0-1200 mdpl. Tanaman vanili untuk tujuan komersil, sebaiknya ditanam pada ketinggian 0-600 mdpl. Tumbuhan vanili sangat membutuhkan naungan, pohon naungan yang baik untuk vanili yaitu memiliki perakaran yang dalam dan daunnya tidak mudah rontok. 

Vanili dapat hidup pada suhu 21-32 °C dengan tipe iklim lembap hingga panas. Tanaman vanili dapat tumbuh di berbagai jenis tanah asalkan memiliki kondisi yang baik, misalnya drainase dan kaya akan bahan organik. 

Menurut Tjitrosoepomo (2012), tanaman vanili diklasifikasikan sebagai berikut:

KingdomPlantae
DivisiMagnoliophyta
KelasAngiospermae
OrdoAspargales
FamiliOrchidacheae
GenusVanilla
SpesiesVanilla planifolia Andrews
Tabel taksonomi tanaman vanili

Ciri-Ciri Jenis Vanilla planifolia Andrews

Tanaman vanili.
Gambar tanaman vanili dari dekat.

Jenis ini termasuk dalam kelas monokotil. Akar utamanya berada pada dasar batang, bercabang, dan sistem perakaran dangkal. Vanili memiliki 2 jenis akar, akar yang ada di dalam tanah untuk menyerap air dan unsur hara, sedangkan akar yang keluar dari buku untuk menautkan dan berpegangan pada pohon pelindungnya. 

Batangnya berbentuk silindris dengan diameter 1-2 cm, permukaannya licin, berbentuk buku-buku, mudah patah, dan hampir tidak ada cabangnya. Batang vanili membutuhkan alat bantu seperti tonggak karena vanili tidak memiliki batang yang kuat. 

Daun vanili merupakan daun tunggal berwarna hijau, berselang-seling, berbentuk jorong, dan memanjang dengan lebar 2-8 cm dan panjang 2-25 cm. 

Bunganya berwarna hijau kekuningan dengan diameter sekitar 10 cm. Bunga vanili berada pada ketiak daun, bersifat hermaprodit, tidak bisa melakukan penyerbukan sendiri karena kepala putik tertutup oleh lamela bunga. 

Foto bunga vanili jika dilihat dari dekat.
Bunga vanili berbentuk polong dan mengeluarkan aroma vanili.

Buah vanili berbentuk polong, tangkainya pendek dengan panjang 10-25 cm dan diameter 5-15 cm, permukaan buahnya licin, buah yang sudah kering mengeluarkan aroma vanili karena adanya kandungan vanillin. 

Baca juga: Serba-Serbi Tanaman Herbal: Ringan di Tanaman, Berat di Khasiat (2022)

Berapa Harga Vanili per Kg?

Biji vanili kering.
Tahu enggak kalau harga vanili tuh lumayan fantastis loh!

Harga vanili kering per 100 gr di situs jual beli online “tokopedia” mencapai Rp600.000. Harga per batangnya (stick) mencapai Rp62.000. Selain itu biji vanili gourmet grade A dijual seharga Rp5.500.000 per kg. 

Sungguh harga yang fantastis, dilansir dari CNBC Indonesia, bahwa vanili sering kali menjadi incaran maling. Tidak hanya buah saja, tetapi pencuri nekat mengambil satu pohon secara keseluruhan.

Apa Sih Manfaat Vanili

Setelah mengetahui harganya, mungkin kamu tertarik untuk membelinya. Namun sebelum itu, tahu enggak apa manfaat vanili? 

Tanaman ini mengandung vanillin yang banyak digunakan dalam  industri minuman, makanan, kosmetik, dan farmasi, dan lainnya. Adapun, beberapa manfaat vanili antara lain:

1. Bidang Perekonomian

Karena harga vanili sangat mahal, maka buah ini disebut juga sebagai emas hijau. Pada tahun 2018 biji vanili mencapai harga USD 650/kg, sedangkan pada tahun 2020 harga vanili mengalami penurunan menjadi USD 200/kg (Kemendag 2020).

Indonesia pernah menjadi negara terbesar kedua produsen vanili setelah Madagaskar. Tahun 2019, Indonesia menempati peringkat ke-3 sebagai eksportir vanili terbesar setelah Madagaskar dan Perancis. 

2. Bidang Pangan

Kandungan flavor vanili yang berasal dari vanillan cukup tinggi dan tidak bisa ditemukan pada kandungan vanillan sintesis. Umumnya, vanili digunakan sebagai flavor/senyawa perasa makanan dan minuman seperti es krim, kue, agar-agar, puding, dan kembang gula (Setyowati 2009).

Tak hanya itu, flavor vanili juga ada di susu, sirup, serta olahan makanan lain seperti cookies dan bolu.

3. Bidang Kosmetika

Aroma wangi yang berasal dari polong, biasanya dimanfaatkan sebagai aroma wewangian misalnya parfum, sabun mandi, dan aroma terapi. Unsur yang membangun aroma vanili adalah p-hidroksi bensaldehida 9%, alipatik, fenol, dan karbohidrat aromatik (Ramadhan dkk 2019). Aroma vanilla yang dihasilkan mampu membuat kesan manis dan menenangkan. Tak heran lantas menjadi favorit banyak orang.

4. Bidang Kesehatan

Vanili mengandung antioksidan yang tinggi, antioksidan dapat mencegah efek buruk dari radikal bebas yang menyerang tubuh. Selain itu, vanili baik untuk pencernaan (meredakan sembelit dan diare), meredakan stress dan depresi, mencegah peradangan (mulut dan usus), meningkatkan nafsu makan, mengatasi rasa mual, dan mencegah penyakit maag (DKP3 Tasikmalaya).

5. Bidang Pariwisata

Perkebunan vanili ternyata berpotensi untuk dikembangkan sebagai agrowisata. Menurut penelitian Astuti dkk (2022), Desa Genggelang di Lombok Utara, memiliki potensi menjadi agrowisata vanili yang menjadi daya tarik baru untuk desa ini.

Cara Budidaya Tanaman Vanili

Menjadi petani vanili sungguh menjanjikan keuntungan. Apalagi, jika harga vanili melonjak naik seperti pada tahun 2018. Buat kamu yang ingin menjadi petani vanili, ada 7 poin penting mengenai budidaya vanili yang harus diketahui, antara lain:

1. Persiapan benih

Tanaman ini dapat dibudidayakan melalui biji (generatif) dan stek (vegetatif). Perbanyakan melalui biji membutuhkan teknologi khusus karena biji vanili kecil, berkulit keras, dan membutuhkan waktu yang lama. Seringnya, vanili dibudidayakan melalui stek menggunakan 1-3 buku (dua ruas).

2. Persemaian Benih Vanili

Persemaian dilakukan di polybag dengan komposisi media tanah dan pupuk kandang/kompos (4:1). Hasil penelitian Rosman dan Tasma (1988), media tanam campuran tanah dengan pupuk kandang/kompos (4:1) menghasilkan semai yang lebih baik.

3. Penyiapan lahan

Kegiatan penyiapan lahan antara lain membersihkan lahan dari gulma, membuat drainase / guludan, dan penggemburan tanah.

4. Penanaman Pohon Panjat

Dalam pertumbuhannya, vanili sangat bergantung pada pohon/tiang panjat untuk tempat merambatnya. Jenis pohon panjat yang baik digunakan adalah lamtoro, dadap, dan gliricidia. 

Penanaman pohon panjat dilakukan saat musim hujan. Pohon panjat  berbentuk stump sepanjang 1,5-2 m biasanya ditanam 2 minggu setelah persiapan lahan. 

Jarak tanam pohon panjat sama dengan jarak tanam vanili. Biasanya dengan jarak 1×1,5 m, 1×2 m, atau 1,5×1,5 m dengan lubang tanam 30x30x30 cm.

5. Penanaman Vanili

Penanaman vanili dilakukan setelah pohon panjat berumur 3-6 bulan, apabila pohon panjat telah mampu melindungi vanili dari sinar matahari. 

6. Pemeliharaan Tanaman

Kegiatan penyulaman dilakukan setelah berusia 2-3 minggu. Apabila ada kerusakan maka tanaman vanili diganti dengan bibit baru yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Penyiangan perlu dilakukan apabila disekitar tanaman vanili telah banyak tumbuh gulma yang mengganggu.

Sulur vanili yang lepas dari pohon panjat, perlu diikatkan kembali sehingga vanili dapat tumbuh dengan maksimal

Pemangkasan pohon panjat juga perlu dilakukan, walau vanili sangat sensitif dengan sinar matahari tetapi vanili juga membutuhkan sinar matahari untuk mendorong proses pembungaan. 

Pemangkasan sulur dilakukan setelah mencapai lebih dari 1,5 m. Sulur tersebut dilepas akarnya dari pohon panjat, kemudian dirundukkan dan dipotong pucuknya. Pemotongan pucuk dilakukan agar tanaman vanili bercabang kembali (muncul tunas baru).

Pemupukan vanili dewasa biasanya menggunakan 10 kg pupuk kandang/pohon/tahun. Penyerbukan vanili dilakukan pada pukul 09.00 WIB dinilai menghasilkan persentase pembuahan yang lebih tinggi dari waktu penyerbukan lainnya.

7. Panen dan Pasca Panen

Vanili dipanen apabila berwarna kekuningan di ujung buahnya. Jangan biarkan buah vanili pecah karena memengaruhi kualitas vanili. Panen vanili dilakukan pada umur 240 hari setelah penyerbukan dilakukan.

Buah vanili yang telah dipetik disortir sesuai ukurannya. Setelah itu dilakukan pengolahan menjadi buah kering yang wangi. Biasanya vanili dikeringkan menggunakan sinar matahari atau alat khusus pengering.

Baca juga: Bunga Wijaya Kusuma: Tanaman Hias yang Mekar di Malam Hari (2022)

Itu tadi penjelasan mengenai tanaman vanili, Menarik bukan menjadi petani vanili? Semoga menambah pengetahuan kita yah!

FAQ

Apa bedanya vanilla dan vanili?

Vanilla adalah cita rasa yang dihasilkan oleh vanili. Vanili adalah tanaman yang dapat menghasilkan cita rasa vanilla

Berapa lama waktu panen vanili?

Biasanya vanili dipanen 240 hari setelah dilakukan penyerbukan (8 bulan)

Penulis: Ana Salsabila

Ambil Langkah Nyata dengan Menanam Pohon Bersama LindungiHutan HANYA 10 RIBU RUPIAH

LindungiHutan telah dipercata 40 RIBU sahabat alam untuk menanam pohon dengan mudah, transparan, dan berkelanjutan. Kami menjalin kerja sama dengan puluhan petani bibit dan masyarakat sekitar hutan untuk memberi dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Rehoboth

    09/01/2023 at 16:43

    Excellent post
    Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Survey LindungiHutan