Connect with us

Mitra Hijau

Rayakan Hari Ulang Tahun ke-5, Cause ID Tanam 901 Mangrove di Kendal

Published

on

Aksi penghijauan Cause Indonesia

Cause ID adalah sebuah platform penyelenggara virtual run & ride dari Indonesia di bawah naungan dari PT Sehat Dengan Olahraga. Terinspirasi dari virtual race di Singapura, Cause ID melihat lifestyle ini perlu diterapkan pula di negara sendiri yaitu Indonesia.

Cause ID menghadirkan wadah bagi masyarakat Indonesia agar menumbuhkan gaya hidup yang sehat dengan berolahraga dan ingin memberikan pengalaman serta perubahan yang lebih baik. Dengan action ini, Cause ID dapat menjadi alasan dan pendorong untuk masyarakat Indonesia dan menjadi tujuan bagi setiap orang untuk lebih sehat. Hingga kini pengguna Cause ID tersebar lebih dari 440 kota di 34 provinsi di Indonesia.

Kampanye Penanaman Pohon Cause ID Ciptakan Lingkungan yang Lebih Hijau

Cause ID tanam mangrove

Dalam rangka perayaan ke-5 tahun, Cause ID menyelenggarakan acara lari dan bersepeda virtual bertajuk “5TRIVE FOR IMPACT”. Acara tersebut bukan hanya sebagai peringatan bertambahnya usia, melainkan juga sebagai perayaan keterlibatan Sobat Sporty Cause dan mitra yang telah bergabung memberikan dampak positif bersama.

Melalui acara tersebut, Cause ID berkomitmen untuk menanam 5 pohon mangrove di Pantai Kartika Jaya (Kabupaten Kendal) untuk setiap 1.000 km yang telah ditempuh oleh Sobat Sporty Cause.

Cause ID juga berkolaborasi bersama LindungiHutan melalui skema CollaboraTree. Setiap produk dari goodr yang terjual maka Cause ID akan mendonasikan bibit mangrove untuk pesisir Kendal.

Cause ID menginisiasi kampanye bertajuk “Penanaman Pohon di Pantai Kartika Jaya, Kendal, Jawa Tengah”, sebagai bagian dari aksi perlindungan dan pelestarian alam Indonesia. Sebanyak 901 pohon mangrove telah ditanam pada 27 Januari 2024 bersama Wasito sebagai perwakilan petani lokal di Pantai Kartika Jaya. 

Upaya penghijauan Cause ID di Kendal

Selain bermanfaat bagi lingkungan, penanaman ini juga diharapkan berdampak bagi masyarakat melalui keterlibatan petani lokal sebagai penyedia bibit yang dibutuhkan pada saat penanaman. Masyarakat dapat menambah perekonomian untuk kebutuhan sehari-harinya.

Melalui kegiatan ini, besar harapan dapat menginspirasi stakeholder lainnya untuk terlibat bersama dalam aksi penghijauan khususnya bersama LindungiHutan.

Baca juga: PT Praisindo Teknologi Sukses Adakan Penanaman 500 Mangrove di Sukawali, Tangerang

Cause ID Hijaukan Pesisir Kartika Jaya dengan Menanam Mangrove

Pantai Kartika Jaya, terletak di Pulau Tiban, Desa Kartika Jaya, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal, memiliki ciri khas unik karena terbentuknya Pulau Tiban akibat proses abrasi yang berlangsung selama bertahun-tahun.

Proses abrasi tersebut mengakibatkan pasir yang terkikis membentuk gundukan atau daratan baru di tengah pantai. Warga Desa Kartika Jaya mengambil langkah untuk mengatasi abrasi dengan menanam daratan tersebut menggunakan mangrove yang bertujuan untuk mengurangi dampak abrasi.

Pantai Kartika Jaya, yang terletak di bagian utara Laut Jawa, sering menghadapi gelombang besar yang dapat menggerus daratan sekitarnya. Pada tahun 2009, pantai ini mengalami abrasi parah yang menyebabkan terkikisnya hingga 30 hektar daratan oleh air laut.

Pada tahun 2017, terjadi badai besar merusak objek wisata di Pulau Tiban, dengan abrasi yang menyebabkan banjir rob dan merendam beberapa rumah warga di sekitarnya.

Melihat kondisi tersebut, Wasito dan LindungiHutan berkomitmen untuk memperbaiki situasi di sekitar Pantai Kartika Jaya. Melalui kampanye alam di lindungihutan.com, LindungiHutan mengajak semua orang untuk bersama-sama menghijaukan Pantai Kartika Jaya.

Mangrove memiliki peran penting di Pantai Kartika Jaya. Akarnya yang kuat mampu mencegah abrasi dan melindungi daratan sekitarnya. Aksi penghijauan Cause ID menjadi contoh dalam upaya menghijaukan Pantai Kartika Jaya, dan kita semua diundang untuk mengikuti jejak tersebut.

Kegiatan penghijauan yang telah dilakukan oleh Cause ini juga mendukung dari program berkelanjutan atau SDGs meliputi:

  • Mencegah degradasi lahan akibat abrasi (SDG’s 15)
  • Mengurangi dampak banjir di pemukiman warga (SDG’s 15)
  • Meningkatkan area tutupan hijau (SDG’s 15)
  • Membantu pengurangan emisi karbon (SDG’s 13)
  • Meningkatkan perekonomian petani dan warga sekitar (SDG’s 1)
  • Menyediakan jam kerja bagi warga sekitar (SDG’s 8)

Baca juga: Kolaborasi Penghijauan BCA Syariah dan LindungiHutan Tanam 1.000 Mangrove di Semarang

Ayo Tanam Pohon Bersama LindungiHutan

LindungiHutan telah menanam lebih dari 803.000 pohon di 48 lokasi yang tersebar di Indonesia. 507 Brand dan perusahaan di Indonesia telah bekerja sama dengan kami. Kami juga berkolaborasi bersama mitra petani atau masyarakat lokal dalam setiap kegiatan penghijauan yang dilakukan untuk memastikan dampak keberlanjutan.

Kami siap membantu brand atau perusahaan Anda dalam mewujudkan aksi lingkungan dengan mudah. Mulai dari perencanaan hingga kegiatan monitoring pohon tertanam dapat kami laporan kepada Anda. Tertarik untuk menjalin kerja sama? Silakan mengisi form berikut.

Baca juga: Astra Life Jalankan Program CSR Penghijauan 1.000 Pohon di Tangerang

Rawat Bumi LindungiHutan