Connect with us

Mitra Hijau

PT Bridgestone Mining Solution Indonesia Tanam 1.001 Bibit Mangrove di Tangerang

Published

on

Program CSR PT Bridgestone Minning Solution Indonesia

PT Bridgestone Mining Solution Indonesia (BMSI) merupakan perusahaan regional dari Bridgestone Group, perusahaan ban dan karet terbesar di dunia. Didirikan 9 November 2017, BMSI berkegiatan sebagai pemasok kebutuhan untuk kendaraan konstruksi, pertambangan, dan teknik sipil dengan solusi yang dihadirkan mencakup produk dan jasa industri.

Dalam perjalanan bisnisnya, Bridgestone Group bertujuan untuk memberikan nilai kepada konsumennya melalui produk dan layanan yang dihadirkan. Melalui penggunaan bahan berkualitas tinggi, Bridgestone Group ingin meningkatkan produktivitas dan efisiensi konsumen dengan mengurangi dampak lingkungan yang diterapkan di seluruh bagian perusahaan.

Sebagai perusahaan penyedia ban terbesar di dunia, Bridgestone Group berkomitmen untuk senantiasa menjaga lingkungan sebagaimana alam telah berkontribusi pada kelangsungan bisnis perusahaan.  Sehingga, Bridgestone Group menerapkan prinsip keberlanjutan dalam setiap aktivitas yang dilakukan perusahaan. 

Baca juga: Aksi Penghijauan Michelin Indonesia Tanam 1.000 Mangrove di Karawang

Branching Out for a Sustainable Future: Program Penghijauan Bridgestone Mining Solution Indonesia di Desa Sukawali

Menindaklanjuti atas komitmen perusahaan, PT Bridgestone Mining Solution Indonesia (BMSI) berkolaborasi bersama LindungiHutan dalam upaya pelestarian lingkungan. Kolaborasi tersebut, menghasilkan inisiasi gerakan penghijauan yang dilakukan di salah satu pulau di Indonesia.

Bersama LindungiHutan, PT Bridgestone Mining Solution Indonesia menciptakan inisiasi penghijauan bertajuk Branching Out for a Sustainable Futuresebagai bagian dari aksi pelestarian lingkungan. Kampanye tersebut juga menjadi bentuk nyata perusahaan dalam menerapkan prinsip keberlanjutan.

Penanaman mangrove bridgestone. Dokumentasi: LindungiHutan

Sebanyak 1.001 bibit mangrove berhasil dikumpulkan dan telah ditanam pada 3 November 2023 di Desa Sukawali, Kabupaten Tangerang. Secara langsung proses penanaman melibatkan pihak internal BMSI, Abdul Gopur dan Remaja Tabur (Kelompok Tani Hutan Remaja Tanjung Burung), serta tim LindungiHutan. 

Komitmen nyata PT Bridgestone Mining Solution Indonesia mendukung keberlanjutan. Dokumentasi: LindungiHutan

LindungiHutan berharap adanya gerakan penanaman ini dapat menyelamatkan Desa Sukawali dari kerusakan dan masyarakat ikut mendapatkan manfaat baiknya dengan terjaganya lingkungan tempat tinggal mereka.

Proses menanam mangrove di lapangan. Dokumentasi: LindungiHutan

LindungiHutan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk terlibat langsung dalam upaya pelestarian lingkungan. Dengan cara mengunjungi platform LindungiHutan dan mendonasikan sejumlah bibit pohon pada kampanye alam yang sedang berjalan.

Baca juga: Rayakan Hari Ulang Tahun ke-5, Cause ID Tanam 901 Mangrove di Kendal

Hijaukan Kembali Desa Sukawali dengan Mangrove 

Kabupaten Tangerang memiliki potensi sumberdaya hutan mangrove yang cukup besar salah satunya berada di Desa Sukawali, Kecamatan Pakuhaji. Sayangnya, potensi ini terancam oleh kegiatan pembangunan dan alih fungsi lahan.

Pada tahun 2015, luasan hutan mangrove di Desa Sukawali mengalami penurunan sebesar 149,61 ha. Penyusutan luasan hutan mangrove tersebut disebabkan dengan adanya abrasi setinggi lebih dari 3 meter, sehingga area tambak, pemukiman warga, dan luasan mangrove terkena dampaknya.

Lokasi penanaman mangrove di Desa Sukawali Kabupaten Tangerang. Dokumentasi: LindungiHutan

Berkaca pada kondisi tersebut, hutan mangrove di Desa Sukawali patut dijaga bersama. Hanya saja, kualitas habitat mangrove pada lokasi tersebut tergolong cukup rendah karena posisinya dikelilingi oleh tambak dan pemukiman warga. 

Pohon mangrove berperan penting bagi wilayah pesisir. Mangrove memiliki manfaat untuk menjaga ekosistem pesisir dari abrasi dan banjir rob. Selain itu, mangrove bermanfaat sebagai habitat bagi biota laut, penyerap emisi karbon, penghasil oksigen, pelindung dari tsunami. Menanam mangrove diyakini sebagai upaya efektif untuk mencegah kerusakan lingkungan. 

Baca juga: Penanaman Mangrove, Ide Program CSR Lingkungan yang Berdampak

Jalin Kerja Sama CSR yang Berdampak dan Berkelanjutan Bersama LindungiHutan

Ikuti jejak Bridgestone Mining Solution Indonesia dalam upaya perlindungan dan pelestarian alam bersama LindungiHutan. LindungiHutan menawarkan kerja sama melalui Impact CSR yang berdampak, berkelanjutan, dan tepat sasaran.

Program CSR bersama LindungiHutan tentu saja dapat memberikan manfaat kepada lingkungan dan masyarakat. Lingkungan yang terjaga, perekonomian masyarakat pun dapat mengalami peningkatan.

Sampai saat ini, LindungiHutan bermitra dengan 118 mitra petani dan 497 mitra brand dan perusahaan.

LindungiHutan Menanam Lebih Dari 800 RIBU Pohon di 45+ Lokasi Penanaman yang Tersebar di Indonesia

Tertarik untuk melakukan kerja sama untuk memilihkan pesisir pantai seperti PT Bridgestone Mining Solution Indonesia? Silakan kunjungi laman Impact CSR untuk informasi lebih lanjut!

Rawat Bumi LindungiHutan