Connect with us

Mitra Hijau

PT Praisindo Teknologi Sukses Adakan Penanaman 500 Mangrove di Sukawali, Tangerang

Published

on

Aksi penghijauan Praisindo Teknologi

Praisindo Teknologi merupakan perusahaan yang bergerak dibidang layanan Teknologi Informasi (TI) terkemuka di Indonesia. Komitmennya adalah bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi bisnis mitra perusahaan dengan produk-produk terbaiknya seperti manajemen investasi terpadu untuk perbankan, asuransi, pensiun, pasar modal, dan sistem treasury.

Sejak 2011, Praisindo termasuk dalam perusahaan PMA yang bergabung dalam Censof Holding Bhd sebagai salah satu pemegang saham utama. Perusahaan telah memiliki lebih dari 50 mitra di Indonesia dan sekitarnya.

Dalam perjalanan bisnis perusahaan, Praisindo Teknologi juga bertanggung jawab dalam CSR yang menjadi kewajiban perusahaan di Indonesia. Dengan bermitra bersama LindungiHutan, Praisindo mengusung inisiatif penghijauan untuk menyelamatkan pesisir Desa Sukawali, Kota Tangerang dari kerusakan lingkungan seperti abrasi.

Baca juga: Kolaborasi Penghijauan BCA Syariah dan LindungiHutan Tanam 1.000 Mangrove di Semarang

Selamatkan Desa Sukawali dengan Inisiasi Penghijauan Praisindo Teknologi

Praisindo Teknologi berkomitmen untuk berpartisipasi aktif dalam program Corporate Responsibility dalam bidang sosial, ekonomi, dan lingkungan untuk masyarakat. Komitmen ini merupakan kesadaran perusahaan sebagai entitas bisnis yang memiliki kewajiban dan kepedulian untuk pembangunan berkelanjutan demi masa depan.

Proses penanaman mangrove Praisindo Teknologi di Kabupaten Tangerang. Dokumentasi: LindungiHutan

Salah satu upaya untuk mencapai pembangunan berkelanjutan dalam bidang lingkungan, Praisindo berkolaborasi bersama LindungiHutan dalam melakukan aksi penghijauan di Desa Sukawali, Tangerang. Melalui kampanye “Rooted in Hope, Growing Together: Praisindo 500 Mangrove Tree Planting”, Praisindo berhasil mendonasikan dan menanam 500 bibit mangrove pada 16 Desember 2023.

“Dengan kegiatan ini, PT Praisindo bertujuan untuk melestarikan tanaman dan juga khususnya pohon mangrove ya, untuk menjaga kelestarian alam juga, dan tentunya bisa menghalau bencana yang datang dari laut, semoga ke depan PT Praisindo bisa melanjutkan program ini dan juga kita bisa bersama-sama menghijauakan bumi Indonesia,” Ujar Muhammad Razi, Sales PT Praisindo.

Praisindo Teknologi menanam 500 bibit mangrove. Dokumentasi: LindungiHutan

Aksi penanaman mangrove melibatkan Abdul Gopur sebagai perwakilan dari Kelompok Tani Remaja Tanjung Burung yang merupakan mitra dari LindungiHutan.

Apa yang telah dilakukan oleh Praisindo bersama LindungiHutan diharapkan mampu memberikan manfaat kepada lingkungan dan masyarakat di sekitar Desa Sukawali. Dengan adanya inisiatif ini, mampu mendorong pihak lain untuk mengikuti langkah perusahaan dalam menjalankan upaya penghijauan sebagai investasi untuk generasi mendatang.

Ancaman Abrasi Air Laut yang Tiada Henti di Desa Sukawali

Sukawali merupakan salah satu desa di Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang yang merupakan titik bermuaranya sungai Cisadane ke Laut Jawa. Daerah ini merupakan daerah pesisir yang memiliki beberapa pulau kecil akibat dari endapan sungai.

Foto lokasi penanaman mangrove Desa Sukawali Kabupaten Tangerang. Dokumentasi: LindungiHutan

Desa Sukawali diresmikan menjadi Kampung Bahari Nusantara oleh beberapa instansi desa untuk memanfaatkan hutan dengan melibatkan masyarakat di sekitarnya. Mayoritas, masyarakat bekerja sebagai nelayan yang melakukan aktivitas perikanan di Desa Sukawali.

Letaknya berbatasan langsung dengan Laut Jawa, membuat Desa Sukawali memiliki area mangrove yang mengelilingi disekitarnya. Namun, kualitas habitat mangrove tergolong cukup rendah karena posisinya dikelilingi oleh pemukiman dan area tambak milik warga.

Kurangnya pohon mangrove yang ada di Desa Sukawali, membuat tambak, pemukiman, hingga hutan area mangrove mengalami kerusakan akibat abrasi air laut. Bahkan, mangrove yang baru ditanam, ikut hanyut terbawa air laut.

Melakukan penanaman di lokasi. Dokumentasi: LindungiHutan

Melalui penanaman, 500 mangrove oleh Praisindo Teknologi, perusahaan juga telah mendukung program berkelanjutan dengan:

  • Mencegah degradasi lahan akibat abrasi (SDG’s 15)
  • Mengurangi dampak banjir di pemukiman warga (SDG’s 15)
  • Meningkatkan area tutupan hijau (SDG’s 15)
  • Membantu pengurangan emisi karbon (SDG’s 13)
  • Meningkatkan perekonomian petani dan warga sekitar (SDG’s 1)
  • Menyediakan jam kerja bagi warga sekitar (SDG’s 8).

Baca juga: Penanaman Mangrove: Ide Program CSR Lingkungan yang Berdampak

Manfaat Mangrove untuk Desa Sukawali

Mangrove dipilih sebagai tanaman yang cocok untuk wilayah pesisir. Akarnya yang kuat, mangrove dinilai mampu mengurangi dampak dari abrasi, banjir rob, hingga tsunami yang mengancam Desa Sukawali. 

Mangrove juga bermanfaat sebagai penyerap karbon efektif untuk menekan pemanasan global dan perubahan iklim. Hutan mangrove juga digunakan sebagai habitat bagi makhluk hidup yang mendiami area tersebut. Dengan begitu, mempermudah masyarakat khususnya nelayan untuk mencari ikan dan kepiting sebagai mata pencaharian sehari-hari.

Tanam Pohon Bersama LindungiHutan, Mudah dan Berkelanjutan!

Melalui LindungiHutan, aksi peduli lingkungan bagi brand dan perusahaan Anda akan berdampak secara berkelanjutan bagi lingkungan hingga masyarakat. Selain itu, Anda tidak perlu repot untuk mengatur agenda penanaman, karena semua akan direncanakan dan disiapkan oleh tim LindungiHutan.

Baca juga: 5+ Perusahaan FMCG yang Berkolaborasi dengan LindungiHutan?

Bersama 506 mitra, LindungiHutan telah menanam lebih dari 778 pohon di 47+ lokasi di Indonesia. Setiap aksinya, akan dilaporkan secara transparan yang dapat diakses bagi selutuh pengguna LindungiHutan.Tidak perlu ragu, jalin kerja sama sekarang juga dengan mengisi form di bawah ini.

Apa yang Sudah LindungiHutan Lakukan Sejauh Ini?

Rawat Bumi LindungiHutan