Connect with us

Tim Kami

Kenalan Sama Admin LindungiHutan, Orang yang Akan Menjawab Segala Kebingunganmu! (2022)

Published

on

Cerita Hanum Tiastanti Admin LindungiHutan.

“Halo min mau nanya kalau buat kampanye gimana caranya ya?”

“Pagi min? Sertifikat donasi donlotnya dimana ya?”

“Maaf min, kalau habis donasi harus konfirmasi enggak?”

Pertanyaan-pertanyaan semacam itu mungkin sering kali kamu tanyakan kepada admin LindungiHutan ketika menghadapi kebingungan. Namun, tahukah kamu siapa orang di balik admin LindungiHutan? Pernahkah kamu penasaran seperti apa orangnya? Apakah ia mba-mba? Mas-mas? Bapak-bapak paruh baya? Atau jangan-jangan selama ini admin LindungiHutan hanyalah robot?

Well, untuk menjawab rasa penasaran tersebut, artikel kali ini akan mengenalkan kamu dengan orang yang selama ini menjawab berbagai macam pertanyaanmu di WhatsApp.

Dari Fans K-POP hingga Menjadi Admin LindungiHutan Adalah Jalan Ninjaku

Namanya Hanum, lengkapnya Hanum Tiastanti. Yup, doi adalah orang yang selama ini ngebalesin pesan WhatsApp untuk nomor CS di LindungiHutan. Perkenalan Hanum dengan LindungiHutan berawal dari kegemarannya dengan K-POP.

“Dulu, aku itu pernah donasi di LindungiHutan buat K-POP gitu loh, terus pas LindungiHutan buka lowongan akhirnya daftar deh” Ujar Hanum.

Setelah bergabung dengan LindungiHutan, Hanum menempati posisi Customer Relationship atau admin dengan berbagai tanggung jawab pekerjaan.

“Kerjaannya yang pasti itu, balas chat WhatsApp sama email, mau itu customer yang datang, donatur, maupun itu partner, kadang-kadang juga ada yang minta webinar atau dari B2B, pokoknya semua itu aku cek habis itu aku balesin dan terusin pesannya ke divisi yang bersangkutan”. Jelas Hanum.

Baca juga: Soal Menanam Pohon dan Keyakinan Aminul Ichsan bahwa Hidup itu Harus Menghidupi (2022)

Handphone yang Enggak Boleh Mati dan Chat WA di Tengah Malam

Mungkin bagi beberapa orang pekerjaan admin terdengar sepele, “admin kerjaannya cuma main handphone kan?”. Padahal, menjadi admin itu butuh skill khusus yang enggak semua orang punya, salah duanya yaitu telaten dan sabar.

Hanum sendiri selama menjadi admin di LindungiHutan mengaku bahwasanya harus selalu standby di depan Handphone selama jam kerja—bahkan di luar jam kerja. Handphone harus selalu aktif, hidup, dan terbuka WhatsApp-nya. Tujuannya agar semua pesan bisa terbalas dan enggak ada yang ketimbun.

“Kalau pas kerja itu yang jelas dari jam 9 sampai 5 sore HP-nya harus nyala terus, dan itu literally nyala! Screen layarnya itu harus hidup terus, karena kalau mati chat dari customer enggak masuk dan pesan broadcast dari kita juga enggak kekirim, makanya HP harus nyala 24 jam,” Ungkap Hanum.

Berbicara soal jam kerja, Hanum memang menyediakan diri sebagai admin untuk membalas pesan di luar jam kerja termasuk di hari libur. Hal itu ia lakukan supaya pesan-pesan yang terkirim di luar jam kerja  sebisa mungkin ia balas.

“Sebenernya enggak ada aturan khusus sampai kapan harus mantengin HP dan bales WhatsApp, tapi aku membatasi sendiri, kalau udah lebih dari jam 8 malam enggak aku bales, terus sabtu dan minggu aku bales kalau emang lagi bisa, misal siang aku longgar, ya bakalan aku bales-balesin,” Tutur Hanum.

Mengingat, Hanum harus siap sedia dengan pesan WhatsApp yang masuk, ia sadar akan konsekuensi jika jam istirahatnya terganggu. Hingga pernah di jam 12 malam, Hanum yang kebetulan masih terbangun harus membalas pesan donatur yang menanyakan sertifikat donasi. Mau tak mau ia mesti membuka data admin untuk mengeceknya.

“Jadi pernah ada yang nge-chat jam 12 malam, ngechat-nya itu terus-terusan jadi aku kira urgent, pas aku buka ternyata donatur nanyain sertifikat gitu, katanya enggak ada, ngeceknya di mana? Yaudah deh akhirnya aku buka data admin, terus aku konfirmasi emailnya, eh ternyata kata orangnya salah email,” Ujar Hanum sembari tertawa.

Momen-Momen Kecil yang Mengharukan

Terlepas dari pekerjaannya yang cukup melelahkan dan berbagai macam orang yang ditemuinya, Hanum mengaku sempat merasa terharu selama melakoni tugasnya sebagai admin.

“Sesimpel, kalau aku bilang have a nice day terus dibales have nice day too, itu aku seneng banget loh! Karena aku merasa ada orang yang mendoakan semoga hariku bahagia,” Ungkap Hanum.

Selain itu, momen haru juga datang dari campaigner. Biasanya ketika campaigner meminta bantuan untuk membuat kampanye alam, Hanum akan membantu prosesnya tahap demi tahap sampai kampanye diluncurkan bahkan hingga pohon selesai ditanam.

Selama membantu campaigner inilah, Hanum sering mendapatkan ucapan terima kasih atas bantuan dan dampingannya.

Baca juga: 5 Nilai-Nilai Lindungi Hutan yang Jarang Orang Ketahui, Apa Saja?

“Kadang campaigner itu ada yang tiap dibantuin dari awal sampai akhir selalu bilang makasih ya kak, makasih ya kak, jadi kaya seneng gitu loh, terus misal ada campaigner yang ikut penanaman langsung mereka juga selalu bilang makasih baik ke admin atau ke tim lindungihutan secara keseluruhan” Pungkas Hanum.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan