Connect with us

Tim Kami

Cerita Alma Cantika Arista dan Program Baru LindungiHutan 2023

Published

on

Alma dan program baru LindungiHutan

“Aku ingin berkembang bersama LindungiHutan dan mengembangkannya dari sisi keilmuan yang aku punya,”.

Itulah yang diucapkan Alma, ketika menceritakan bagaimana awal mula perjalanannya bersama LindungiHutan. Baginya, ia melihat adanya potensi yang ada di dalam perusahaan dalam perkembangan bisnis saat ini. 

Dengan latar belakang keilmuan yang ia miliki, dirinya bergabung menjadi bagian dari tim Research and Development. Bagaimana kisah perjalanan Alma selengkapnya?

Perjalanan Alma Bergabung dengan LindungiHutan

Alma Cantika Aristia, biasa dipanggil Alma. Sejak kecil dirinya tinggal di Kota Semarang. Semenjak perkenalannya yang pertama kali dengan LindungiHutan membuat rasa penasaran dari dalam benaknya timbul. Pasalnya, saat itu tidak banyak perusahaan di Semarang yang bergerak di bidang lingkungan.

“Awalnya aku merasa amazed sama LindungiHutan, karena gak banyak perusahaan di Semarang yang bergerak di sektor lingkungan ini. Karena aku penasaran,  jadi tahun 2020 aku daftar magang di sana, menjadi bagian dari tim business development.” Jawab Alma.

Sampai waktunya Alma magang, dirinya mengerjakan beberapa proyek untuk pengembangan bisnis melihat potensi yang ada di perusahaan ini. 

Dua bulan kemudian, Alma mendapat tawaran dari Ben (CEO LindungiHutan) sebagai corporate secretary. Tepat pada bulan Oktober 2021, ia mengawali karier menjadi bagian dari tim R&D (Research and Development).

Workflow Tim R&D dan Apa yang Sudah Dilakukan Selama Ini

Mungkin, sedikit terbayang di kepala dengan jobdesk dari tim R&D dan apa yang mereka kerjakan. Alma bercerita, tugas dari tim R&D berfokus dalam penciptaan dan pengembangan program di perusahaan.

“Kita ngerjain database internal. Dari data yang ada, kita bikin program-programnya. Gimana ya kita bisa mengembangkan program-program yang ada di LindungiHutan, terutama di lokasi penanaman,” Jelas Alma.

Tahapan riset yang dilakukan Alma bermula dari internal perusahaan. Biasanya datang permintaan dari divisi marketing atau partnership yang membutuhkan informasi lebih mendalam mengenai hal tertentu.

“Tahapan risetnya itu dari kebutuhan di LindungiHutan, mau riset apa dan pengembangannya kemana. Jadi, aku riset mulai dari latar belakang, teknisnya, bisnis, sampai sistem aplikasinya,” Terang Alma.

Untuk saat ini, Alma bersama tim R&D sedang mengembangkan program baru mengenai karbon. Ada dua proyek besar tentang karbon yang akan diluncurkan tahun ini. Salah satunya kalkulator karbon Imbangi.

Baca juga: Tutorial Menggunakan Kalkulator Karbon Imbangi by LindungiHutan 2022

Sejak adanya penambahan anggota di tim R&D, bagi Alma dengan banyak kepala yang mempunyai satu pandangan dan tujuan yang sama apa yang dibutuhkan perusahaan bisa didiskusikan lebih mendalam secara bersama.

“Aku merasa dengan adanya tim, kebutuhan perusahaan bisa digodok lebih dalam sampai ketemu gimana solusinya, praktisnya, sampai gimana implementasinya untuk perusahaan,” Ungkap Alma. 

Sedikit Bocoran Proyek Karbon LindungiHutan 2023

Berbicara soal karbon, Alma mengatakan sudah sejak lama Ia memegang proyek ini, bahkan sejak posisinya masih sebagai corporate secretary. Literasi demi literasi sudah ia kumpulkan sejak tahun 2020.

“Proyek besar yang pertama itu Imbangi atau karbon kalkulator. Sudah develop dari beberapa tahun yang lalu. Tahun ini kemungkinan bisa launching. Di Imbangi, kita bisa menghitung emisi yang kita keluarkan dan menebus emisinya dengan menanam pohon di LindungiHutan.” Tutur Alma.

Ia juga menambahkan, proyek kedua mengenai karbon yang masih dalam proses pengembangan yaitu Sertifikat Karbon.

“Kedua, proyek besarnya itu sertifikat Karbon. Saat ini kita kerja sama dengan partner kita Fairatmos dan masih kita susun programnya. Kita mau masuk ke credit carbon juga dan menuju ke pendaftaran sertifikatnya. Saat ini kita mengejar sertifikasi di Verra”. Tambah Alma.

Kesan dan Harapan Alma untuk LindungiHutan serta Tim R&D

Awalnya, Alma cukup terheran dengan LindungiHutan. Sebab, perusahaan ini berada pada lini bisnis kehutanan dan lingkungan, tetapi dulunya belum banyak orang yang mempunyai background, keilmuan, atau kapasitas tentang bisnis ini.

Kendati demikian, ia berharap perusahaan ini mampu bersaing di lingkup bisnis saat ini.

“Sejauh ini kita terus berkembang, kita belajar bareng, untuk bisa bermain dan jadi salah satu tokoh di Industri ini.” Terang Alma.

Terakhir, ia juga menambahkan harapan untuk tim R&D.

“Harapanku tim yang baru ini bisa berperan seoptimal mungkin dan R&D bisa berjalan dengan semestinya. Kita bisa support bisnis-bisnis di LindungiHutan dengan keilmuan yang ada di tim R&D.” Pungkas Alma.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan