Connect with us

Pendukung

Alasan Donasi Pohon Devi Purnamasari, Deforestasi jadi Pemicunya

Published

on

Sosok DeviPurnamasari dan kebiasaan donasi pohon-nya.

Tak bosan-bosannya untuk selalu saling mengingatkan pentingnya menjaga lingkungan dan bumi kita. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk ikut berpartisipasi dalam upaya-upaya pelestarian lingkungan. Sesederhana mengurangi penggunaan sampah dalam aktivitas sehari-hari hingga melakukan donasi pohon merupakan aksi nyata bentuk kepedulian kita kepada bumi.

Acap kali, luput dari kesadaran dan perhatian kita bahwasanya kerusakan lingkungan membawa dampak buruk bagi berlangsungnya kehidupan makhluk hidup di bumi. Masifnya penebangan hutan, minimnya Ruang Terbuka Hijau, berjalan beriringan dengan berdirinya pabrik-pabrik dan pertambangan yang tak jarang menimbulkan polusi.

Sekali lagi, kita tak sadar kalau semua hal tersebut ternyata berdampak kepada kehidupan kita. Suhu bumi yang dirasa makin panas misalnya? Apakah kamu salah satu yang merasakannya? Jika iya, faktanya memang demikian.

Mengutip dari laman bmkg.go.id, berdasarkan data dari 89 stasiun pengamatan BMKG, normal suhu udara periode 1981-2010 di Indonesia adalah sebesar 26,60 C dan suhu udara rata-rata tahun 2021 adalah sebesar 27.00 C.

Untuk wilayah Indonesia secara keseluruhan, tahun 2016 merupakan tahun terpanas dengan nilai anomali sebesar 0.80C sepanjang periode pengamatan 1981 hingga 2020. Tahun 2021 menempati urutan ke-8 tahun terpanas dengan nilai anomali sebesar 0.40 C. Sementara tahun 2020 dan 2019 berada di peringkat kedua dan ketiga dengan nilai anomali sebesar 0.70C dan 0.60C.

Angka tersebut berbicara, seolah seperti hukum karma, tindakan-tindakan pengrusakan alam hanya akan membawa bencana dan kesusahan.

Pohon sebagai salah satu unsur penting dalam hal ini sebagai penyerap karbondioksida dan penghasil oksigen, kadang kala masih kita sepelekan keberadaanya. Padahal, menanam pohon adalah salah satu hal yang paling mudah bisa kita lakukan untuk menjaga alam dan bumi kita tetap hijau dan sehat.

Baca juga: Yaya: Dari NCTzen, Kesukaannya dengan Tanaman, hingga Rutinitas Donasi Pohon di LindungiHutan (2022)

Pohon menyimpan segudang manfaat baik untuk makhluk hidup maupun lingkungan. Manfaat tersebut antara lain:

  •  Memberi oksigen bagi kita semua
  • Menyediakan tempat tinggal hewan,
  • Mengurangi dampak pemanasan global,
  • Mencegah banjir,
  • Mencegah erosi,
  • Mengurangi zat pencemar udara,
  • Menyimpan air hujan dan menjaga cadangan tanah,
  • Pohon dapat mengendalikan suhu,
  • Membuat udara sekitar menjadi lebih segar dan sehat,
  • Menjaga kesehatan mental

Devi Purnamasari: Menanam Pohon dan Langkah-Langkah Kecil untuk Bumi Kita!

Berbicara menanam pohon, Devi Purnamasari menunjukkan ketertarikan dan perhatiannya terhadap upaya-upaya penghijauan di Indonesia bersama LindungiHutan. Devi mengenal LindungiHutan untuk pertama kalinya melalui Instagram dan memutuskan untuk ikut berdonasi pohon.

Donasi pohon Devi lakukan sebagai bentuk dukungan menghijaukan hutan di Indonesia.

“Ketertarikan saya berdonasi di LindungiHutan adalah sebagai bentuk dukungan bagi gerakan LindungiHutan ini, untuk memperbaiki/lebih menghijaukan lingkungan hutan di Indonesia yang mungkin makin tahun menurun karena adanya deforestasi,” Jelas Devi.

Lebih lanjut, berdonasi pohon di LindungiHutan bagi Devi merupakan langkah kecil mencegah bencana akibat kerusakan hutan.

“Dengan saya berdonasi di LindungiHutan, saya berpikir ikut serta dalam langkah-langkah kecil untuk mencegah bencana yang disebabkan oleh kerusakan hutan, mungkin mengingat bumi kita yang makin tua dan panas ya,” Sambung Devi.

Dirinya juga mengaku senang bisa berpartisipasi bersama LindungiHutan ketika ditanya manfaat apa yang dirasakan ketika berdonasi pohon.

“Manfaatnya mungkin ikut merasa senang dalam berpartisipasi sebagai donatur untuk campaign LindungiHutan,” Ungkap Devi.

Terakhir, Devi berharap semoga LindungiHutan bisa mengalami peningkatan dan makin dikenal banyak orang serta menjadi inspirasi masyarakat Indonesia.

Baca juga: Yanna Auliasari, Donasi Pohon dan Keresahannya terhadap Bumi yang Makin Panas (2022)

“Harapannya semoga gerakan LindungiHutan ini bisa lebih maju/mengalami peningkatan dalam hal apapun dan tersebar di seluruh Indonesia sehingga bisa dikenal oleh banyak kalangan dan menjadi inspirasi seluruh masyarakat Indonesia untuk lebih peduli akan pentingnya penghijauan hutan di Indonesia,” Pungkas Devi. 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan