Powered by ProofFactor - Social Proof Notifications

Yanna Auliasari, Donasi Pohon dan Keresahannya terhadap Bumi yang Makin Panas (2022)

Yanna merupakan salah satu sosok yang aktif melakukan donasi pohon di LindungiHutan sejak tahun 2020. Penasaran dengan ceritanya? Simak artikel berikut!
Yanna Auliasari, donasi Pohon dan Keresahannya terhadap Bumi yang Makin Panas (2022)

Berbicara soal pelestarian lingkungan memang tidak ada habisnya. Masih banyak PR yang harus kita selesaikan bersama untuk menyongsong bumi yang sehat, hijau, dan alami sehingga bisa dinikmati oleh generasi penerus yang akan datang.

Sementara itu, mungkin masih banyak di antara kita atau bahkan kamu salah satunya yang merasa bahwa persoalan menjaga lingkungan itu sesuatu yang sifatnya berat. Menjaga dan menyelamatkan lingkungan lantas terasa seperti pekerjaan superhero yang mustahil untuk dilakukan.

Padahal, ada banyak cara-cara sederhana yang bisa kita lakukan jika ingin menjaga bumi dan alam kita supaya tetap hijau. Dengan kamu mengurangi penggunaan plastik sekali pakai saja sudah meminimalisir angka timbunan sampah.

Beralih menggunakan moda transportasi umum juga turut menekan emisi gas karbon yang dihasilkan. Lihat, mudah bukan? Cara-cara yang sebenarnya bisa kita terapkan sehari-hari. Akan tetapi, sering kali kita merasa seperti tidak ada dampaknya. Mengapa demikian? Jawabannya, karena hal tersebut hanya dilakukan oleh segelintir orang.

Bayangkan kalau semua masyarakat satu Indonesia memiliki kesadaran penuh akan pentingnya menjaga alam dan turut ambil bagian dalam upaya pelestarian lingkungan, barangkali bumi akan jauh lebih hijau dan sehat ketimbang sekarang.

Nah, masalah selanjutnya adalah, sudahkah kita semua memiliki kesadaran tersebut? Mungkin kamu bisa menjawab pertanyaan tersebut di dalam hati masing-masing.

Akan tetapi, yakinlah bahwa sudah ada banyak orang di luar sana yang telah berkontribusi secara langsung dan berpartisipasi aktif dalam aksi-aksi pelestarian lingkungan.

Perasaan Miris Membuat Yanna Konsisten Donasi Pohon selama 2 Tahun

Salah satu orang tersebut adalah Yanna Auliasari. Yanna merupakan salah satu sosok yang aktif melakukan donasi pohon di LindungiHutan sejak tahun 2020. Dirinya pertama kali mengetahui LindungiHutan dari media sosial Instagram.

Perihal alasan dirinya donasi pohon di LindungiHutan, Yanna mengaku jika hal tersebut berkaitan dengan panggilan moralnya.

“Kalau kenapa saya berdonasi awalnya karena menyangkut moral saja kak, karena saya sebagai manusia ingin menjadi manusia yang bermanfaat. Saya juga takut nanti di akhirat ditanya kenapa tidak peduli dengan alam yang makin rusak, padahal jelas-jelas kita harus mencintai bumi ini, melestarikan bumi ini. Walaupun, saya sebagai ibu rumah tangga biasa, bisanya berdonasi semampu saya dan semoga sampai nanti saya masih bisa ikut berkontribusi dalam pelestarian alam ini,” Tutur Yanna.

Baca juga: Sepotong Cerita Novi dan Elia Merayakan Momen Idolanya bersama LindungiHutan (2022)

Lebih lanjutnya, Yanna juga mengaku kerap sedih dengan adanya bencana akibat ulah manusia. Apalagi  berimbas terhadap suhu bumi yang makin hari semakin panas. Hal itulah yang mendorong dirinya aktif melakukan donasi pohon.

“Saya sedih kalau melihat dan mendengar ada bencana tetapi karena ulah manusia yang menebang pohon sembarangan, membuang sampah dan hal-hal yang tidak terpuji di bumi ini,” Ungkap Yanna.

Mengingat, kondisi bumi yang sekarang ini sangat memprihatinkan ditambah dengan hutan yang gundul dan tidak berfungsi membuat suhu di bumi terasa panas.

“Iya, suhu di bumi ini sudah terlalu panas, perubahan cuaca tidak menentu, penyakit dimana-mana, yang datang secara tiba-tiba. Kita harus sadar diri bahwa kita manusia harus mau berubah, untuk jangka panjang anak cucu kita nanti, kalau tidak dari sekarang mau kapan? Kalau tidak dari diri sendiri mau siapa?” Sambung Yanna.

Bersama LindungiHutan, Semua Orang bisa Menanam Pohon dengan Mudah dan Terpercaya

LindungiHutan sebagai platform penggalangan dana dan kerja sama untuk konservasi hutan Indonesia menyedikan kemudahan bagi siapapun untuk ikut andil bersama menghijaukan Indonesia. Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk ikut berkontribusi pada campaign LindungiHutan.

Cara tersebut mulai dari ikut berdonasi dengan menyisihkan sebagian uang untuk upaya pelestarian hutan, mengikuti gabung aksi yang artinya terjun langsung ke lapangan pada saat aktivitas penghijauan dilaksanakan, ataupun membagikan informasi terkait LindungiHutan.

Sementara itu, pilihan cara yang dipilih oleh Yanna Auliasari adalah melalui donasi pohon. Menurutnya salah satu manfaat melakukan donasi pohon adalah bisa membantu melestarikan hutan.

“Manfaatnya kalau dari segi moral, saya sendiri merasa lega bisa membantu sesama dan bisa membantu melestarikan hutan. Di LindungiHutan sendiri bisa tahu berapa dan dimana kita perlu menanam pohon serta ada penjelasan setiap kegiatannya,” Jelas Yanna.

Terakhir, Yanna berpesan agar selalu ingat bahwa apa yang dilakukan saat ini demi masa depan Indonesia dan bumi yang kita cintai.

Baca juga: Anniversary BTS: Army Hadiahkan 2.500 Pohon untuk Idola

“Harapan dan saran saya adalah jangan menyerah, jangan berputus asa, jadilah bagian dari bangsa Indonesia yang peduli dengan lingkungan. Kalau ada yang belum tercapai target, tetaplah tangguh untuk mencapai target tersebut. Selalu ingat apa yang kita lakukan saat ini untuk masa depan Indonesia, untuk bumi yang kita cintai, untuk anak-anak dan cucu-cucu kita. Semoga Tuhan meridhoi apa yang kita kerjakan saat ini, amin,” Pungkas Yanna.

Muhamad Iqbal
Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.