Connect with us

Pendukung

Tiga Program Kerja Utama Relawan LindungiHutan Daerah

Logo LindungiHutan - Green - Square - 1280 x 1280 pixels - PNG

Published

on

Program kerja relawan LindungiHutan daerah.

LindungiHutan adalah startup penggalangan dana, donasi dan kerjasama untuk penghijauan kembali Indonesia melalui skema reforrestation dan afforrestation secara digital. Sejak didirikannya pada tanggal 18 Desember 2016, LindungHutan telah menanam 376.700 pohon di seluruh penjuru Indonesia.

Penanaman pohon yang berhasil dilakukan LindungiHutan melibatkan berbagai lapisan masyarakat. Salah satu pihak yang ikut ambil bagian dalam penanaman yang dilakukan LindungiHutan adalah Relawan LindungiHutan Daerah.

Relawan LindungiHutan Daerah adalah organisasi sejenis komunitas yang terdiri dari gabungan relawan LindungiHutan yang berdomisili di daerah yang sama. Relawan LindungiHutan Daerah memiliki struktur organisasi yang terdiri dari pengurus, anggota relawan, dan cakupan wilayah tertentu.

Selain itu, Relawan LindungiHutan Daerah memiliki program kerja utama yang sejalan dengan visi dan misi LindungiHutan untuk menghijaukan Indonesia. Program kerja relawan LindungiHutan adalah susunan rencana kegiatan yang akan dilakukan oleh para relawan yang fokus utamanya pada penanaman dan perawatan pohon di hutan lindung maupun area konservasi.

Sebelum melaksanakan program kerja, Relawan LindungiHutan Daerah mengumpulkan rencana program kerja. Rencana program kerja dibuat agar segala kegiatan yang dilakukan oleh Relawan LindungiHutan Daerah dapat bersinergi dengan Tim LindungiHutan Pusat.

Rencana program kerja dibuat dan dikumpulkan pada awal terbentuk kepengurusan Relawan LindungiHutan Daerah. Setelah mengumpulkan rencana program kerja,  Relawan LindungiHutan Daerah mendapatkan Surat Keputusan (SK) penetapan kepengurusan Relawan LindungiHutan Daerah.

Dengan memiliki SK, Relawan LindungiHutan Daerah secara hukum diakui sebagai bagian dari LindungiHutan. SK diperbarui setiap tahunnya ketika dilakukan pergantian kepengurusan.

Susunan rencana yang sudah dikumpulkan dan mendapatkan persetujuan dari Tim LindungiHutan Pusat dilaksanakan dalam satu tahun periode kepengurusan dan hasilnya akan dievaluasi pada masa akhir kepengurusan.

Program Kerja Utama Relawan LindungiHutan Daerah

Setiap tahunnya terdapat tiga program kerja utama yang dijalankan oleh relawan LindungiHutan. Tiga program kerja utama tersebut yaitu: RawatBumi, HutanMerdeka, HarapanHutan.

1. RawatBumi: Peringatan Hari Bumi

Rawat Bumi yang diadakan pada tanggal 22 April merupakan program kerja yang dilakukan dalam rangka merayakan Hari Bumi. Setiap tahunnya, secara serentak Hari Bumi diperingati untuk menunjukan dukungan untuk melindungi Lingkungan.

Oleh karena itu, LindungiHutan menginisiasi Rawat Bumi sebagai sebuah momentum untuk berterima kasih kepada bumi yang telah menjadi sumber penghidupan bagi manusia. Dengan mengajak masyarakat kembali peduli terhadap bumi.

2. HutanMerdeka: Memperingati HUT Kemerdekaan RI

Hutan Merdeka yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Hutan Indonesia merupakan hutan tropis terluas ke-3 di dunia dan merupakan rumah bagi flora dan fauna endemik asli Indonesia. Fakta tersebut, menghasilkan program kerja HutanMerdeka.

Meskipun hutan memang tidak memiliki suara, tetapi hutan adalah salah satu kekayaan NKRI yang patut dipertahankan.

3. HarapanHutan: Momentum Hari Jadi LindungiHutan

Porgram kerja yang terakhir adalah Harapan Hutan yang dilaksanakan setiap tanggal 18 Desember. Harapan Hutan lahir sebagai bentuk wujud syukur atas segala kesempatan yang telah didapatkan LindungiHutan. Harapan Hutan juga bertujuan untuk melestarikan hutan sekaligus sebagai selebrasi lahirnya LindungiHutan.

Relawan LindungiHutan Daerah diberikan ruang dan kesempatan untuk melakukan penanaman di seluruh program utama maupun salah satu program. Jika hanya melakukan kegiatan penanaman pada satu program saja, maka di dua program utama lainnya dapat melakukan perawatan maupun monitoring pada lokasi yang sudah dilakukan penanaman.

Perawatan dan monitoring penting dilakukan untuk memastikan keberlangsungan hidup pohon yang sudah ditanam. Selanjutnya, Relawan LindungiHutan Daerah juga dibebaskan untuk mengatur tanggal pelaksanaan program utama sesuai dengan ketersedian para anggota Relawan LindungiHutan Daerah.

Dalam melaksanakan penanaman, Relawan LindungiHutan Daerah bertanggung jawab untuk menentukan jenis pohon apa yang akan ditanam. Hal tersebut dilakukan karena hanya Relawan LindungiHutan Daerah yang memiliki pengetahuan terkait jenis pohon apa yang terbaik untuk ditanam pada area penanaman di daerahnya.

Akan tetapi, ada dua hal yang menjadi perhatian khusus bagi Relawan LindungiHutan sebelum melakukan penanaman yaitu aspek legalitas lahan dan  kondisi sekitar lahan yang akan ditanam.

Segala penanam yang dilakukan relawan wajib di lahan yang sudah memiliki izin dari pemerintah dan masyarakat setempat. Agar pohon yang sudah ditanam dapat tumbuh dan bermanfaat tidak hanya bagi bumi namun bagi masyarakat setempat.

Tiga program kerja utama yang dilaksanakan oleh Relawan LindungiHutan Daerah diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif bagi bumi.

Dengan aksi nyata yang dilakukan secara kolektif tujuan dari LindungiHutan untuk menanam pohon sejumlah penduduk Indonesia, dan menjaga hutan Indonesia agar tetap lestari dapat tercapai. Karena untuk menghijaukan Indonesia dibutuhkan kesadaran dan kerjasama dari berbagai lapisan masyarakat.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan