Connect with us

Mitra Hijau

Kampanye #SatuNAFAS FIFGROUP Tanam 2.326 Mangrove di Pulau Pari

Published

on

Program ESG FIFGROUP

PT Federal International Finance (FIFGROUP) didirikan pada tahun 1989 dengan nama PT Mitrapusaka Artha Finance yang bergerak pada bidang sewa guna usaha, anjak piutang dan pembiayaan konsumen.

Pada tahun 1991 perusahaan berganti nama menjadi PT Federal International Finance. Kemudian mengenalkan merek FIFGROUP tahun 2013 dengan fokus usaha pembiayaan investasi, pembiayaan modal kerja, pembiayaan multiguna, sewa operasi atau kegiatan berbasis fee, pembiayaan syariah, dan pembiayaan lain berdasarkan OJK. 

Hadirnya FIFGROUP di tengah masyarakat Indonesia bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dengan berpegang pada prinsip inovasi dan kreatifitas. Perusahaan juga menyadari terkait persoalan yang sedang dihadapi oleh masyarakat salah satunya adalah polusi udara.

Polusi udara di kota besar seperti Jakarta menjadi persoalan yang serius. Fenomena polusi udara disebabkan oleh aktivitas manusia seperti asap kendaraan bermotor, pabrik/industri, pembakaran sampah, yang mengandung emisi gas rumah kaca. Sehingga banyak masyarakat terkena Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dan dampak dari perubahan iklim.

Tekan Polusi Udara, FIFGROUP Tanam Ribuan Mangrove

Penanaman mangrove oleh tim FIFGROUP
Aksi penanaman mangrove tim FIFGROUP bersama masyarakat lokal Pulau Pari. (Dokumentasi: LindungiHutan).

Untuk mengatasi polusi udara di Kota Jakarta, FIFGROUP berkolaborasi bersama LindungiHutan melakukan aksi penghijauan sebagai bentuk nyata perusahaan peduli lingkungan. Selain itu, kolaborasinya bersama LindungiHutan juga sebagai perwujudan ESG perusahaan sebagai tindak mitigasi perubahan iklim dengan cara menanam pohon.

Bersama LindungiHutan FIFGROUP berhasil menginisiasi kampanye alam bertajuk #SatuNAFAS: Nolkan Asap Fokuskan Aksi Sustainabilitas. Melalui kampanye tersebut, sejumlah 2.362 bibit mangrove sukses ditanam di Pulau Pari pada 4 November 2023. Beberapa pihak terlibat dalam proses penanaman antara lain pihak internal FIFGROUP, tim LindungiHutan, mitra petani Edi Mulyono dan anggota Kelompok Forum Peduli Pulau Pari.

Aksi penghijauan yang dilakukan oleh PT Federal International Finance atau FIFGROUP patut diapresiasi bersama. Sebab, FIFGroup tak lupa akan peran dan tanggung jawabnya dalam melestarikan bumi. Harapannya, inisiasi kampanye ini dapat menginspirasi pihak lain dengan turut serta memberikan manfaat bagi lingkungan dan juga masyarakat.

Baca juga: Aksi Hijau Logos Property di Pantai Indah Kapuk

Peduli Pulau Pari, Selamatkan dari Abrasi dan Banjir Rob

Lokasi penanaman FIFGROUP di Pulau Pari
Lokasi penanaman mangrove di Pulau Pari. (Dokumentasi: LindungiHutan).

Pulau Pari terkenal dengan pantainya yang indah. Tak jarang, pulau ini menjadi destinasi wisata yang populer bagi wisatawan. Namun, pulai ini dihadapi oleh masalah yang serius yaitu abrasi dan banjir rob. 

Abrasi menghancurkan wilayah pesisir sehingga terjadi penurunan garis pantai, Abrasi juga merusak ekosistem laut yang ada di sekitarnya. Selain itu Pulau Pari juga rentan akan banjir rob. Banjir rob di Pulau Pari telah mengganggu kegiatan perekonomian di pulau ini seperti warung-warung masyarakat di Pulau Pari terpaksa ditutup dan agenda wisata harus dibatalkan dan ditunda.

Oleh karena itu, partisipasi masyarakat setempat diperlukan sebagai langkah untuk memperbaiki kondisi ekosistem di Pulau Pari. Selain itu, diperlukan juga para stakeholder terlibat bersama untuk menghijaukan Pulau Pari.

Edi Mulyono dan Kelompok Forum Peduli Pulau Pari telah bekerja sama untuk menyelamatkan Pulau Pari dari kerusakan lingkungan. Sejak tahun 2015, mereka telah menanam bibit mangrove untuk mengurangi dampak dari abrasi dan banjir rob. Sehingga, Pulau Pari tetap menjadi destinasi wisata dan terjaga kelestariannya.

Baca juga: PT DCI Indonesia Tbk Tanam 1.000 Pohon Alpukat di Subang

Implementasikan ESG yang Berdampak dan Berkelanjutan Bersama LindungiHutan

FIFgroup tanam mangrove
Ribuan mangrove ditanam oleh FIFGROUP sebagai aksi untuk melestarikan lingkungan. (Dokumentasi: LindungiHutan).

LindungiHutan dapat menjadi mitra ideal perusahaan Anda untuk mewujudkan aksi Environmental, Social, Governance (ESG) secara berkelanjutan dan berdampak. Dengan komitmennya untuk melestarikan hutan, LindungiHutan dapat membawa manfaat bagi lingkungan hingga masyarakat setempat.

Kami telah bekerja sama dengan 506 perusahaan dan brand dalam aksi pelestarian lingkungan. LindungiHutan telah menanam lebih dari 773.000 pohon di 47+ lokasi penghijauan yang tersebar di Indonesia.

Baca juga: PT Asuransi Rama Satria Wibawa Kembali Tanam 4.000 Mangrove di Kota Semarang

Mari bergabung bersama LindungiHutan dalam upaya pelestarian lingkungan! Silakan isi form di bawah ini.

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *