Connect with us

Mitra Hijau

Sadar Isu Lingkungan, XR Indonesia Tanam 200 Mangrove di Tangerang

Published

on

XR Indonesia tanam mangrove

Extinction Rebellion Indonesia (XR Indonesia) merupakan perpanjangan organisasi Extinction Rebellion yang pertama kali dimulai di London pada tahun 2018. Extinction Rebellion adalah sebuah inisiasi gerakan aktivisme yang berfokus pada isu lingkungan dan krisis iklim.

Tahun ini, XR Indonesia turut berpartisipasi dalam perhelatan Bintaro Design District (BDD), sebuah pameran desain yang ditujukan kepada para designer, produk designer, interior, dan arsitek. Dengan menghadirkan sebuah konsep instalasi Bilik Tilik Kotak Otak, XR Indonesia mengajak pengunjung menyadari betul terkait isu lingkungan terkait laut dan sampah yang terjadi di wilayah pesisir khususnya mangrove. Sebelumnya, instalasi dengan konsep yang hampir sama sukses diselenggarakan di Bandung. 

XR Indonesia bertujuan instalasi yang telah mereka ciptakan bukan hanya simulasi belaka, namun pengunjung dapat merasakan keindahan mangrove secara nyata. Oleh karena itu, XR Indonesia menggandeng Sebumi dan LindungiHutan terlibat dalam agenda open trip yang diinisiasi oleh XR Indonesia di Desa Sukawali, Kabupaten Tangerang.

Kampanye Penghijauan XR Indonesia “JAGA PESISIR KITA” di Desa Sukawali, Tangerang

kegiatan penanaman mangrove SR Indonesia

Bersama LindungiHutan, XR Indonesia menginisiasi kampanye penghijauan bertajuk “JAGA PESISIR KITA” sebagai bentuk nyata dalam upaya pelestarian lingkungan. Melalui kampanye tersebut, XR Indonesia menyumbang 200 mangrove yang ditanam di Desa Sukawali, Kabupaten Tangerang.

Melalui kampanye tersebut, XR Indonesia berhasil menanam 200 mangrove bersama dengan 7 partisipan, Abdul Gopur selaku ketua dari Kelompok Tani Remaja Tanjung Burung, serta tim LindungiHutan. 

Besar harapan melalui aksi ini, banyak masyarakat tersadar bahwa pentingnya menjaga lingkungan di sekitar kita. Terlebih, lokasi pesisir yang membutuhkan perhatian lebih mengingat ancaman kerusakan lingkungan yang kerap terjadi. Diharapkan juga penanaman ini dapat memberikan manfaat kepada lingkungan dan masyarakat lokal. 

Aksi ini juga termasuk program pemberdayaan masyarakat setempat. Keterlibatan petani atau masyarakat lokal dalam agenda ini menjadi fokus utama LindungiHutan dalam setiap aktivitasnya. Sehingga, masyarakat dapat memperoleh penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: PetroChina International Jabung Ltd Gandeng LindungiHutan Tanam 5.000 Mangrove di Pulau Pari Kepulauan Seribu

Melihat Kondisi Desa Sukawali Lokasi Penanaman Mangrove XR Indonesia

Lokasi penanaman mangrove XR Indonesia

Desa Sukawali terletak di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Desa ini memiliki potensi hutan mangrove yang cukup besar yang patut dijaga kelestariannya. Dibalik itu, Desa Sukawali mengalami penurunan luasan dikarenakan abrasi air laut.

Pantai Sukawali mengalami erosi setinggi lebih dari 3 meter yang berdampak negatif bagi lahan tambak, pemukiman, dan hutan mangrove itu sendiri. Selain itu, permasalahan sampah menjadi persoalan besar yang terjadi di pantai tersebut.

Oleh karena itu, penting bagi kita bersama sama menjaga kelestarian dan menjaga kebersihan di Desa Sukawali. Dengan menanam mangrove dan tidak membuang sampah sembarangan merupakan cara untuk menjaga lokasi tersebut dari kerusakan lingkungan.

Hutan mangrove memiliki peran penting dalam ekosistem pesisir seperti  membantu melindungi wilayah pesisir dari erosi dan banjir rob, menyediakan habitat vital bagi kehidupan laut, serta berkontribusi pada penyerapan emisi karbon, produksi oksigen, dan perlindungan dari potensi bencana seperti tsunami.

Menanam lebih banyak mangrove di wilayah tersebut dianggap sebagai tindakan efektif untuk menjaga kelestarian lingkungan dan melindungi potensi sumberdaya alam yang berharga ini. Melalui kegiatan penanaman ini, XR Indonesia turut serta mendukung program SDGs dengan:

  • Mencegah degradasi lahan akibat abrasi (SDG’s 15)
  • Mengurangi dampak banjir di pemukiman warga (SDG’s 15)
  • Meningkatkan area tutupan hijau (SDG’s 15)
  • Membantu pengurangan emisi karbon (SDG’s 13)
  • Meningkatkan perekonomian petani dan warga sekitar (SDG’s 1)
  • Menyediakan jam kerja bagi warga sekitar (SDG’s 8).

Baca juga: AsetKu Bersama LindungiHutan Tanam 1.000 Mangrove di Pulau Pari Kepulauan Seribu

Jalankan Upaya Peduli Lingkungan Bersama LindungiHutan!

Bekerja sama dengan LindungiHutan kegiatan peduli lingkungan lebih mudah untuk direalisasikan. LindungiHutan membantu Anda dalam menjalankan kegiatan tersebut lebih mudah, berdampak, dan berkelanjutan.

LindungiHutan telah membantu 506 brand dan perusahaan dan menanam lebih dari 778 ribu pohon di 47+ lokasi penghijauan. Kami juga bekerja sama dengan mitra petani di lokasi setempat dalam setiap agenda penanaman yang dilakukan. Kerja sama ini termasuk dalam program pemberdayaan masyarakat yang senantiasa kami lakukan.

Tertarik untuk bekerja sama? Silakan isi form di bawah ini!

Baca juga: 5 Rekomendasi Lokasi Menanam Mangrove

Ana Salsabila adalah Junior SEO Content Writer di LindungiHutan yang berpengalaman dalam penulisan artikel tentang lingkungan dan kehutanan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan