Connect with us

Kegiatan

FIM PII Jateng Gelar Workshop dan Tanam 750 Mangrove di Semarang

Logo LindungiHutan - Green - Square - 1280 x 1280 pixels - PNG

Published

on

FIM PII Jawa Tengah Menyelenggarakan Acara Seminar dan Kegiatan Menanam Mangrove di Kota Semarang.

Forum Insinyur Muda Persatuan Insinyur Indonesia (FIM PII) Jawa Tengah bekerja sama dengan UNIKA Soegijapranata Semarang menyelenggarakan Seminar & Workshop Nasional dengan tema “Peran Insinyur Muda Terhadap Pembangunan Lingkungan Hijau” pada hari sabtu 11 Juni 2022, di Gedung HC Universitas Katolik (UNIKA) Soegijapranata, Kota Semarang.

Seminar FIM PII Jateng Membahas Berbagai Isu Lingkungan Terbaru

Seminar dibuka oleh Ir. Bambang Goeritno M.Sc., MPA., IPU selaku Sekretaris Jenderal Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dengan pembicara utama yaitu Ir. Haudhi Ramdayuza, ST, IPM. selaku Ketua Forum Insinyur Muda (FIM) PII Pusat, Dr. T Herry Ludiro Wahyono, ST, MT, IPU. selaku Ketua PII Jawa Tengah, dan Ir. Widija Suseno Widjaja, MT, IPU dari Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Unika Soegijapranata.

Acara seminar Forum Insinyur Muda (FIM) PII Jateng menghadirkan berbagai narasumber.
Pembicara dan narasumber yang diundang menyampaikan materi tentang isu lingkungan terbaru kepada peserta yang hadir secara luring dan daring (Dokumentasi: Panitia pelaksana).

Hadir sebagai narasumber yaitu Dr Ir Djoko Suwarno, MSi, Dosen Program Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL) Unika Soegijapranata dan Dr Ling. Ir Sri Sumiyati, ST, MSi, IPM dosen Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro serta dimoderatori Prima Dewi Rahmadani, STP, MSc, Sekretaris FIM PII Jawa Tengah yang mendiskusikan isu-isu terkini tentang lingkungan dan perkembangan sains dan teknologi khususnya dalam mengelola lingkungan sekitar agar tidak menimbulkan banyak limbah dan pencemaran lingkungan.

Dalam penyampaiannya, Dr. Djoko memaparkan sejumlah dampak kerusakan hutan dan lingkungan di masa depan yang berdampak langsung pada manusia. Salah satu permasalahan limbah dari lingkungan sekitar yaitu pada kelapa sawit. Bahwa terdapat banyak limbah dari olahan kelapa sawit hingga menjadi minyak. Sehingga beliau meneliti dan menghasilkan karya tentang pemanfaatan limbah kelapa sawit sebagai biodiesel.

Ir. Andika Pradifan, S.T., IPP., selaku Ketua FIM PII Jawa Tengah beserta Amin Suprayoga, S.Tr.T., sebagai Ketua Panitia menyatakan bahwa seminar ini diadakan sebagai bagian dari mempersiapkan calon insinyur di masa depan dalam menyikapi isu lingkungan. “Kami ingin ke depannya para insinyur tidak hanya berfokus dengan bangunan fisik, namun juga berperan untuk lingkungan dan keberlangsungan alam,” ungkapnya.

Dalam workshop kali ini, Dr Ling. Ir Sri Sumiyati, ST, MSi, IPM tidak sendiri melainkan menggandeng Bank Sampah Gedawang Asri dalam pembuatan kotak takakura dan eco enzyme sebagai teknologi dalam mengelola limbah rumah tangga menjadi hal yang lebih bermanfaat dan mampu mengurangi tingkat polusi.

Saat ini masih banyak limbah yang dibuang dan tidak dimanfaatkan, justru merusak lingkungan. Sehingga melalui Bank Sampah Gedawang Asri, beliau mampu mengajak warga sekitar dalam mengolah sampah rumah tangga. Dan saat ini Bank Sampah Gedawang Asri membawahi 10 Bank sampah lainnya di tingkat Rukun Warga (RW).

Selain dihadiri secara luar jaringan (luring) oleh mahasiswa program studi teknik sipil maupun arsitektur dari sejumlah perguruan tinggi di Kota Semarang, seminar juga bisa disimak secara dalam jaringan (daring) melalui Zoom Meeting yang dihadiri lebih dari 70 peserta daring.

Tidak hanya memberikan ilmu dari dalam ruangan, peserta juga diajak berpartisipasi dalam menjaga lingkungan melalui penanaman 750 bibit mangrove di Pantai Mangunharjo, Mangkang, Tugu, Kota Semarang setelah Seminar dan Workshop Nasional.

Seminar, Worshop dan Penanaman Mangrove ini juga terlaksana dalam rangka memperingati HUT 70 PII dan dilanjutkan rapat kerja FIM PII Jawa Tengah 2021-2024 yang diselenggarakan di Hotel Grasia Kota Semarang pada Minggu, 12 Juni 2022.

Baca juga: 10 Brand Skincare Lokal ini Peduli Kelestarian Hutan, Cari Tahu di Artikel Ini

FIM PII Jawa Tengah Juga Menanam 750 Mangrove di Kota Semarang

Fungsi hutan mangrove di kawasan pesisir sangatlah penting, yaitu dapat sebagai penahan abrasi dan penyerap emisi karbon, maka kegiatan penanaman dan pelestarian tanaman mangrove sangatlah penting untuk dilakukan. Tidak terkecuali bagi para Insinyur Muda Jawa Tengah.

Peserta yang hadir dalam kegiatan penanaman mangrove oleh FIM PII Jateng sedang bersiap-siap.
Acara penanaman 750 bibit pohon bakau yang dilaksanakan oleh FIM PII Jawa Tengah dilaksanakan di pantai Mangunharjo, Mangkang, Tugu, Kota Semarang dihadiri 30 orang dari pengurus dan mahasiswa se-kota Semarang (Dokumentasi: Panitia pelaksana).

Penanaman 750 bibit mangrove merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Forum Insinyur Muda Persatuan Insinyur Indonesia (FIM PII) wilayah Jawa Tengah di Desa Mangunharjo, Mangkang, Tugu, Kota Semarang. Kegiatan ini bertujuan untuk melindungi dan melestarikan ekosistem pantai kepada masyarakat.

Selain itu, tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan rasa peka terhadap lingkungan sekaligus berperan langsung dalam pembangunan lingkungan hijau.

Selain dihadiri oleh pengurus dan anggota FIM PII Jawa Tengah, ikut hadir yaitu mahasiswa program studi teknik sipil maupun arsitektur dari sejumlah perguruan tinggi di Kota Semarang tidak kurang dari 30 orang.

Terimakasih atas partisipasi teman teman FIM PII Jawa Tengah atas penanaman 750 bibit tanaman mangrove, mari kita hijaukan pesisir laut utara dengan mangrove, ujar Bapak Sururi selaku pengelola hutan mangrove disini.

Ir. Andika Pradifan, S.T., IPP., selaku Ketua FIM PII Jawa Tengah beserta Amin Suprayoga, S.Tr.T., sebagai Ketua Panitia menyatakan bahwa kegiatan penanaman mangrove ini diharapkan dapat menjadi sarana yang baik bagi mahasiswa untuk dapat membantu melestarikan lingkungan dan melindungi ekosistem pantai sekitar.

Acara ini juga diharapkan bisa meningkatkan kepedulian mahasiswa maupun masyarakat terhadap lingkungan sekitar dan menjadi pengalaman yang bermanfaat.

Penanaman Mangrove ini juga terlaksana dalam rangka memperingati HUT 70 PII dan dilanjutkan rapat kerja FIM PII Jawa Tengah 2021-2024 yang diselenggarakan di Hotel Grasia Kota Semarang pada Minggu, 12 Juni 2022. Yang sebelumnya juga telah dilaksanakan Seminar dan Workshop Nasional dengan tema “Peran Insinyur Muda Terhadap Pembangunan Lingkungan Hijau” pada hari sebelumnya.

Terimakasih kami sampaikan kepada pihak sponsor yang mendukung hingga terselenggarakan kegiatan ini, diantaranya HM Aviation Consultant & Engineering Service, PT. Jaya Arnikon Construction, Nusa Board, CV. Sigma Tunggal Utama, CV. Ultima Manunggal Jaya dan LindungiHutan yang berperan sebagai media partner dalam pelaksanaan kegiatan seminar dan tanam pohon ini.

Baca juga: 10+ Situs dan Website Donasi Online Terpercaya di Indonesia

Tertarik Menjalankan Acara Penanaman Pohon di 30+ Daerah Se-Indonesia?

LindungiHutan telah memiliki pengalaman selama 5 tahun lebih dan bekerjasama dengan puluhan petani bibit serta masyarakat sekitar hutan untuk menjaga kelestarian hutan Indonesia. Pelajari tentang cara dan ketentuan kerjasama dengan klik tombol di bawah ini.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan