Connect with us

Tips & Trik

8 Waktu dan Hari Penting untuk Membuat Kampanye Alam

Published

on

Hari-Penting-untuk-Menanam-Pohon

Perayaan hari penting atau momen istimewa bagi sebagian orang sayang untuk dilewatkan. Hari tersebut seakan-akan ingin selalu diingat sepanjang perjalanan hidup. Ada berbagai macam cara untuk merayakannya salah satunya yaitu dengan membuat kampanye alam. Memangnya, apa itu kampanye alam? Kapan sebaiknya kita membuat kampanye alam?

Apa itu Kampanye Alam dan Mengapa Kita Perlu Menanam Pohon?

Campaign atau kampanye alam merupakan sebutan bagi siapapun yang ingin membuat penggalangan dana di platform LindungiHutan. LindungiHutan adalah wadah crowdsourcing penggalangan dana online untuk konservasi hutan dan lingkungan.

Lalu, mengapa kita perlu menanam pohon? Pohon telah memberikan banyak kebaikan bagi kita semua meski kerap kali luput kita sadari. Beberapa manfaat pohon antara lain, menghasilkan Oksigen, mengurangi Karbon Dioksida, menjaga stabilitas ekosistem, memberikan makanan bagi manusia maupun hewan-hewan, dan berbagai macam manfaat lainnya.

Apa yang Perlu Dipersiapkan ketika Membuat Kampanye di LindungiHutan?

Membuat Campaign di LindungiHutan sangatlah mudah, tetapi kamu harus mempersiapkan terlebih dahulu beberapa keperluan supaya campaign dapat berjalan menarik:

  • Akun LindungiHutan, kamu bisa mendaftar melalui LindungiHutan.com/masuk,
  • Gambar atau poster Kampanye alam, dengan resolusi gambar efektif yaitu 1080×649 px,ketentuan format file berupa JPG/PNG,
  • Judul dan narasi kampanye agar orang yang ingin berdonasi mengetahui informasi Campaign yang kamu buat.

Baca juga: 8 Media Sosial dan Aplikasi Pesan untuk Mengajak Berdonasi

8 Waktu dan Hari Penting untuk Membuat Kampanye Alam

Membuat kampanye alam, sebenarnya bisa dilakukan kapan saja. Kendati demikian, agar kampanye alam yang dibuat berkesan, kamu bisa membuatnya pada hari penting dan momen istimewa. Berikut ini, daftar waktu dan hari penting untuk membuat kampanye alam:

1. Hari Menanam Pohon

Sebagaimana namanya, hari menanam pohon menjadi momen yang pas untuk kamu membuat kampanye alam. Berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008, Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) diperingati setiap tanggal 28 November dan disusul dengan Bulan Menanam Pohon Nasional (BMPN) pada Bulan Desember.

Perayaan HMPI dan BMPN ini dimaksudkan agar masyarakat sadar dan peduli betapa pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon.

Oleh sebab itu, bersama-sama teman kamu bisa menginisiasi pembuatan kampanye alam yang mana pohon hasil kampanye tersebut akan ditanam di daerah yang membutuhkan. Agar kampanye alam yang kamu buat berhasil, jangan lupa juga ajak orang lain untuk ikut berdonasi. Makin banyak pohon yang ditanam akan semakin banyak pula dampak baik untuk lingkungan sekitar.

2. Hari Kemerdekaan

Setiap tanggal 17 Agustus, kita semua bersama-sama memperingati Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Momen tersebut menjadi ajang refleksi bagi kita guna mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan. Biasanya, perayaan hari kemerdekaan identik dengan kemeriahan berbagai event yang digelar oleh masyarakat seperti panjat pinang, lomba makan kerupuk, maupun pertunjukan kesenian daerah.

Akan tetapi, kamu juga bisa merayakan hari penting ini dengan cara yang agak berbeda dari pada biasanya yaitu mengadakan kampanye alam. Kamu bisa ikut meneladani sikap para pahlawan salah satunya lewat menanam pohon. Hasil donasi pohon yang terkumpul dan berhasil ditanam merupakan andil dalam menjaga kelestarian lingkungan bangsa kita. Jadi, ada berbagai macam bentuk penerapan sikap nasionalisme, termasuk menanam pohon di dalamnya!

3. Hari Ulang Tahun

Momen ulang tahun juga menjadi hari penting yang perlu kamu rayakan dengan membuat kampanye alam. Seiring bertambahnya usia ada banyak hal-hal dalam hidup ini yang telah kamu lewati. Tentunya, hal-hal tersebut patut untuk dirayakan seberapa pun besar atau kecilnya pencapaianmu selama ini.

Menginisiasi kampanye alam bisa menjadi salah satu pilihan untuk mewujudkan rasa syukur. Hasil kampanye berupa pohon yang tertanam akan memberikan kebaikan kepada lingkungan sekitarnya. Ingat, berbagi kebaikan itu hal yang baik loh! Semoga kebaikan tersebut akan terus mengalir dan juga memberikan keberkahan yang melimpah bagimu.

4. Perayaan Wisuda

Wisuda menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu, setelah 4 tahun berjibaku berusaha untuk menyelesaikan pendidikan kuliah. Selamat ya! Hari penting ini mestinya dirayakan dengan riang gembira. Nah, jika kamu masih bingung dengan cara apa harus merayakannya? Tenang, ada cara yang anti mainstream yaitu dengan mengadakan kampanye alam.

Menarik bukan? Daripada kamu menghabiskan uang membeli setumpuk buket bunga yang ujung-ujungnya dibuang, bukankah lebih baik untuk donasi pohon? Walaupun sebenarnya tidak apa juga, tetapi jika ada cara lain yang lebih bermanfaat, mengapa tidak? Toh, hasil pohon yang kamu tanam juga akan memberikan manfaat positif bagi bumi yang kita tinggali.

5. Hari Ulang Tahun Orang yang Kamu Sayangi juga Hari Penting untuk Dirayakan!

Selain diri sendiri, hari ulang tahun orang yang kamu sayangi rasa-rasanya juga perlu untuk dirayakan. Cara ini untuk menunjukkan rasa sayangmu kepadanya. Orang tersebut bisa siapa saja, tak harus pacar kok! Orang tua, teman, saudara, atau siapa pun yang kamu anggap penting kehadirannya dalam hidupmu.

Ulang tahun mereka bisa kamu rayakan bersama-sama dengan membuat kampanye alam. Di LindungiHutan, ada banyak kampanye alam dalam rangka merayakan ulang tahun orang maupun idola tersayang, misalnya kampanye 23 Pohon untuk Sasuke Uchiha, 20+ Micchi’s Tree for Earth, atau 314 Project for Taynew.

Jadi bagaimana? Tertarik merayakan hari penting orang yang kamu sayangi dengan mengadakan kampanye penanaman?

6. Momen Pernikahan

Hari penting berikutnya yang layak untuk dirayakan dengan mengadakan kampanye alam yaitu pada momen pernikahan. Momen di mana kamu memulai hidup baru bersama orang yang kamu cintai. Hari pernikahan biasanya juga akan kamu peringati setiap tahunnya. Oleh sebab itu, kamu perlu semacam penanda dan pengingat ketika kamu bersama pasanganmu mengucapkan janji setia.

Penanda tersebut bisa berupa pohon! Makanya, mengadakan kampanye alam untuk merayakan pernikahan adalah pilihan yang tepat. Nantinya berapa tahun yang akan datang, kamu bisa mendatangi lokasi penanaman pohon hasil kampanye alam tersebut. Sekaligus, sebagai pengingat akan perjalanan pernikahanmu selama ini.  

Baca juga: 8 Tips dan Cara Menyukseskan Penggalangan Dana

7. Ulang Tahun Kantor

Merayakan ulang tahun kantor atau instansi enggak melulu harus outbound kok! Hari penting ini bisa juga dirayakan dengan membuat kampanye alam. Apalagi, kantor mempunyai sumber daya yang lebih dari cukup untuk menyukseskan kampanye alam. Coba bayangkan, kalau semua karyawan atau pegawai kantor berdonasi pohon, apalagi kalau keluarganya juga ikut berdonasi, belum masyarakat umum juga ikut, tentu makin banyak jumlah pohon yang tertanam bukan?

 Next time, kamu bisa mengusulkan kepada kantor untuk merayakan anniversary dengan cara yang sedikit berbeda yaitu mengadakan kampanye alam. Pasti disetujui! Apalagi dengan kita menanam pohon hasil donasi, akan memberikan dampak baik kepada lingkungan sekitar.

8. Waktu Gajian

Hari penting terakhir yang cocok untuk membuat kampanye alam adalah pada masa gajian. Ketika hari gajian tiba, apa salahnya kita menyisihkan sedikit uang gaji untuk berdonasi pohon dalam kampanye alam yang dibuat. Kamu juga bisa mengajak teman-temanmu untuk ikutan berdonasi. Sebab, di waktu gajian kemungkinan besar orang sedang memiliki uang bukan? Sekali-kali, budget untuk ngopinya dipotong sedikit ya.

Itulah 8 waktu dan hari penting untuk membuat kampanye alam. Kejadian dan peristiwa penting dalam hidup memang layak untuk dirayakan. Semua itu akan terekam dan tersimpan dalam kenangan yang terus terkenang. Maka dari itu, ukirlah kenangan baik agar ada sesuatu yang bisa membuatmu tersenyum di kala sedih.

Hutan Mangrove Indonesia Perlu Bantuanmu agar Tetap Lestari

LindungiHutan adalah startup yang mempermudah individu, kelompok, bisnis, dan perusahaan terlibat langsung untuk menanam pohon dan memberikan dampak kebaikan bagi lingkungan dan masyarakat di bawah naungan Yayasan LindungiHutan.

Sedekah Pohon LindungiHutan