Connect with us

Tips & Trik

Media Massa Adalah: Pengertian, Karakteristik, Fungsi, Jenis, dan Contoh-contohnya (2022)

Published

on

media massa adalah

Dalam menjalani aktivitas kehidupan sehari-hari, kita pasti sedikit banyak bersinggungan dengan media massa. Kita mengonsumsi berbagai macam jenis informasi baik dari internet, majalah, ataupun televisi.

Apalagi, di era yang serba digital ini serta didukung kemudahan aksesnya, membuat semua orang bisa dengan gampang mendapatkan informasi baru. Pada dasarnya, proses penyampaian pesan kepada khalayak luas disebut komunikasi massa, sedangkan alat atau medium yang digunakan adalah media massa.

Nah, dalam artikel kali ini, kita akan sama-sama belajar mengenai apa itu media massa, ciri-ciri, fungsi, jenis,hingga contoh-contohnya.

Pengertian Media Massa Menurut Para Ahli

Media dalam konteks komunikasi adalah alat, sarana, atau medium yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada komunikan.

Lain halnya apabila pesan yang disampaikan untuk khalayak atau masyarakat luas yang berjumlah besar, heterogen, dan tersebar di mana-mana, maka biasanya menggunakan media massa.

Beberapa ahli mendefinisikan media massa sebagai berikut:Cangara (2018), media massa adalah alat atau sarana yang digunakan dalam menyampaikan pesan oleh sumber kepada penerima atau khalayak dengan menggunakan alat-alat komunikasi.

Denis McQuail (2000)

Media massa memiliki sifat atau karakteristik yang mampu menjangkau massa dalam jumlah besar dan luas (Universality of reach), bersifat publik, dan mampu memberikan popularitas kepada siapa saja yang muncul di media massa.

Wilbur Lang Schramm

Media massa adalah suatu kelompok kerja yang terorganisasi di sekitar beberapa perangkat untuk mengedarkan pesan yang sama, pada waktu yang sama ke sejumlah besar orang.

Nova (2005)

Media massa berdasarkan sifatnya terbagi menjadi dua yaitu media cetak (surat kabar, majalah, brosur, pamflet, dan lain-lain, serta media elektronik berupa televisi, radio, internet, dan lain-lain.

Vivian (2008)

Media massa adalah sumber berita dan hiburan juga sebagai pembawa pesan persuasi.

Baca juga: Konten Adalah? Pengertian Menurut Para Ahli, Jenis, dan Etika Membuat Konten

Karakteristik Media Massa

Media massa tentu memiliki ciri-ciri atau karakteristik tersendiri. Ciri-ciri tersebut dapat membuat kita lebih mudah memahami apa-apa saja yang dapat digolongkan ke dalam media massa. Menurut Cangara (2018) karakteristik media massa adalah sebagai berikut:

1. Bersifat Melembaga

Maksudnya pihak yang mengelola media terdiri dari banyak orang, mulai dari pengumpulan, pengelolaan, sampai pada penyajian informasi.

2. Bersifat Satu Arah

Artinya komunikasi yang dilakukan kurang memungkinkan terjadinya dialog antara pengirim dan penerima. Kalau toh terjadi reaksi atau umpan balik biasanya memerlukan waktu dan tertunda.

3. Meluas dan Serempak

Maksudnya dapat mengatasi rintangan waktu dan jarak, sebab media massa memiliki kecepatan. Bergerak secara luas dan simultan, di mana informasi yang disampaikan diterima oleh banyak orang pada saat yang sama.

4. Bersifat Terbuka

Artinya pesannya dapat diterima oleh siapa saja, dan di mana saja tanpa mengenal usia, jenis kelamin, dan suku bangsa.

5. Menggunakan Peralatan Teknis

Proses penyebaran pesan oleh media massa biasanya menggunakan peralatan teknis seperti radio, televisi, surat kabar, dan semacamnya.

Fungsi dan Peran Media Massa

Mengingat media massa memberikan efek yang besar kepada khalayak luas melalui pesan-pesan yang disampaikannya, Maka dari itu, media massa memiliki fungsi dan perannya di tengah masyarakat. Menurut Haris (2008) dalam Manajemen Media Massa, fungsi media massa sebagai berikut:

1. Fungsi Menyiarkan Informasi

Menyiarkan informasi adalah fungsi pers yang pertama dan utama. Setiap informasi yang disampaikan haruslah memenuhi kriteria dasar yaitu aktual, akurat, faktual, menarik, penting, benar, lengkap, jelas, jujur, berimbang, relevan, bermanfaat, dan etis.

 2. Fungsi Mendidik

Media massa dalam bentuk surat kabar atau majalah memuat tulisan-tulisan yang mengandung pengetahuan sehingga wawasan khalayak pembaca juga meningkat. Fungsi mendidik ini secara implisit dapat berbentuk artikel, tajuk rencana, cerita bersambung, ataupun bentuk lainnya yang mengandung aspek pendidikan.

 3. Fungsi Menghibur

Media massa baik itu surat kabar, majalah, atau berbentuk audio visual sekalipun dapat memberikan hiburan seperti cerita pendek, cerita gambar, teka-teki silang, siaran olahraga, siaran fashion show, ataupun konten-konten human interest.

4. Fungsi Memengaruhi

Fungsi memengaruhi dalam artian media massa memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Fungsi memengaruhi ini bisa kita jumpai pada bagian iklan. Melalui iklan seseorang dapat dipengaruhi untuk kemudian membeli sebuah produk ataupun jasa.

5. Fungsi Kontrol Sosial

Media massa dalam hal ini pers adalah pilar demokrasi ke empat setelah legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Pers akan menjadi pengawas serta memberikan koreksi, kritik, maupun teguran sewaktu melihat berbagai penyimpangan dan ketidakadilan dalam suatu masyarakat atau negara. Inilah yang kemudian membuat pers bersikap independen atau menjaga jarak yang sama terhadap semua kelompok dan organisasi yang ada.

Selain fungsi-fungsi di atas, McQuail juga mengidentifikasi peran media massa antara lain:

  • Jendela pengalaman yang meluaskan pandangan dan memungkinkan kita mampu memahami apa yang terjadi di sekitar kita tanpa campur tangan pihak lain atau sikap memihak.
  • Juru bahasa yang menjelaskan dan memberi makna terhadap peristiwa atau hal yang terpisah dan kurang jelas.
  • Pembawa atau penghantar informasi dan pendapat.
  • Jaringan interaktif yang menghubungkan pengirim dengan penerima melalui berbagai macam umpan balik.
  • Cermin yang memantulkan citra masyarakat terhadap masyarakat itu sendiri.
  • Tirai atau penutup yang menutupi kebenaran demi mencapai tujuan propaganda atau pelarian dari suatu kenyataan.

Baca juga: Memahami Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), Pengertian, Dasar Hukum, Kategori, Tujuan, hingga Manfaatnya

Jenis Media Massa dan Contohnya

Media massa dapat dikategorikan dalam berbagai jenis, baik itu menurut prosesnya, bentuknya, hingga teknologi yang digunakan. Mengutip dari buku Media Massa dan Pasar Modal (2018), jenis media massa adalah sebagai berikut:

Media Cetak

Pada abad ke-15 Johannes Gutenberg menemukan mesin cetak bergerak dari bahan logam. Dari hasil penemuan ini kemudian membuka jalan bagi penyebarluasan media cetak. Dengan adanya mesin cetak dapat memproduksi teks secara massal. Sebelum mesin cetak ditemukan, buku menjadi barang mahal yang hanya dapat dinikmati oleh bangsawan dan keluarga kerajaan.

Dengan adanya percetakan, membuat semua orang bisa mengakses informasi melalui teks yang diproduksi salah satunya dalam bentuk surat kabar. Beberapa contoh media massa cetak antara lain, surat kabar, majalah, buku, dan dokumen tekstual lainnya.

 Media Elektronik

Penemuan radio menjadi tonggak sejarah dimulainya media massa elektronik. Stasiun radio pertama didirikan di Pittsburg, New York, dan Chicago pada 1920-an. Setelah itu, negara-negara Benua Eropa juga turut mendirikan radio. Pada tahun ini pula  Amerika Serikat memulai siaran televisi berbasis eksperimental. Adapun yang termasuk ke dalam contoh media massa elektronik seperti, radio, film, televisi, rekaman audio dan video.

Media Baru

Cara online dan digital untuk menghasilkan, mengirim, dan menerima pesan disebut dengan media baru atau new media. Istilah ini kemudian mencakup teknologi komunikasi yang dimediasi komputer. Sederhananya, proses transfer pesan dalam komunikasi telah terintegrasi ke dalam jaringan. Contoh media massa online adalah internet.

Itulah penjelasan mengenai apa itu media massa. Kesimpulannya, media massa adalah sarana atau medium yang digunakan untuk menyampaikan pesan kepada khalayak luas. Jenisnya pun bermacam-macam, mulai dari media cetak, media elektronik, hingga yang terkini media baru.

Apakah Kita hanya akan Tinggal Diam Melihat Kondisi Hutan Indonesia Rusak?

Kerusakan hutan akan berakibat signifikan bagi kehidupan kita di bumi. Sudah seharusnya kita lebih peduli dan menjaganya. Bersama dengan LindungiHutan, kamu bisa berdonasi Rp10.000 untuk menanam satu pohon!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan