Connect with us

Bisnis Lestari

Inisiatif Baru LindungiHutan “Green Project”, Ajak Perusahaan Ciptakan Dampak Positif Berkelanjutan

Published

on

Green project LindungiHutan

15 November 2023, LindungiHutan mengajak perusahaan dan brand untuk bergabung dalam proyek kolaboratif konservasi hutan non-penanaman pohon di lokasi-lokasi kritis. Beberapa di antaranya yang akan dijalankan dalam waktu dekat ini seperti pembuatan Alat Penahan Ombak (APO) di pesisir Tangkolak Karawang dan pesisir Tambakrejo Semarang serta pembuatan jalur tracking hutan mangrove di pesisir Trimulyo Semarang.

Berbagai inisiasi proyek kolaborasi tersebut dapat diakses melalui Halaman Green Project LindungiHutan. Langkah ini diharapkan dapat menunjang usaha konservasi hutan dan lingkungan yang lebih berkelanjutan, inklusif, dan terarah.

“Harapannya kita bisa menyediakan beragam variasi hijau non-planting bagi partner yang sesuai sasaran dan juga bisa menjadi agen problem solver bagi lokasi-lokasi di mana kita mengadakan proyek tersebut,” Ungkap Ujar Muhammad Agung Triyudha Agustina R&D Field Officer LindungiHutan.

Sampai saat ini LindungiHutan telah menanam 750 ribu lebih pohon di 50 lokasi penanaman pohon yang menjalin kerja sama dengan kami.  Capaian tersebut tentunya tak sepadan dengan fakta di lapangan berupa optimisme dan antusiasme terhadap masa depan yang lebih hijau. Kami merasa ada yang bisa lebih dilakukan dari sekadar penghijauan.

Untuk itu, melalui kolaborasi proyek ini, LindungiHutan berkomitmen mewujudkan dampak positif bagi lingkungan dan juga masyarakat setempat secara berkelanjutan.

Baca juga: Pentingnya Menerapkan Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Manfaat Perusahaan Anda Terlibat dalam Kolaborasi Green Project Ini?

LindungiHutan menyadari kolaborasi Green Project ini akan sangat cocok bagi perusahaan Anda. Apalagi, dengan adanya kewajiban menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan. Kami memahami betul apa yang menjadi kendala baik dari sisi ekologi maupun sosial di setiap lokasi pelaksanaan proyek. Dengan harapan, kolaborasi proyek ini bisa benar-benar memberikan dampak positif yang maksimal, tepat sasaran, dan juga berkelanjutan.

Green Project

“Dengan kolaborasi proyek ini, kita bisa bersama-sama memecahkan permasalahan lokasi terutama yang dapat meningkatkan upaya konservasi dan meningkatkan ekonomi masyarakat di lokasi penanaman pohon di mana proyek dilaksanakan,” Jelas Agung.

Berikut ini LindungiHutan mencatat beberapa alasan mengapa perusahaan Anda perlu terlibat dalam kolaborasi green project bersama kami:

1. Akses Informasi Mudah Melalui Halaman Kampanye

Setiap Mitra Hijau kami yang terlibat dalam Green Project Bersama LindungiHutan akan mendapatkan Halaman Kampanye guna mengetahui detail pelaksanaan proyek. Halaman Kampanye ini berguna bagi Mitra Hijau untuk memantau perkembangan proyek baik bagi dari proses persiapan, pelaksanaan, hingga proses pelaporannya.

2. Publikasi

Seluruh rangkaian pelaksanaan Green Project ini akan dikabarkan proses perkembangannya melalui kanal publikasi yang LindungiHutan miliki. Selain website, kami juga aktif di media sosial seperti Instagram hingga Linkedin. Publikasi ini juga bisa menjadi upaya meningkatkan awareness publik mengenai komitmen perusahaan Anda terhadap lingkungan.

3. Laporan Pertanggung Jawaban

Mitra Hijau berhak mendapatkan laporan pertanggung jawaban dari seluruh rangkaian kolaborasi Green Project. Melalui laporan ini, kami ingin memberitahu tingkat keberhasilan dari proyek yang dilaksanakan, pihak yang dilibatkan serta siapa yang mendapatkan manfaat, realisasi anggaran, dan bentuk-bentuk pelaporan tanggung jawab lainnya.

4. Penamaan Perusahaan di Fasilitas Proyek

Keterlibatan perusahaan Anda dalam kolaborasi Green Project, akan mendapatkan kredit sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan. Kredit yang dimaksud berupa nama perusahaan, logo, maupun citra atau representasi yang melambangkan perusahaan Anda di fasilitas proyek yang dibangun.

Baca juga: Panduan Meningkatkan Dampak Sosial Positif dalam Pelaksanaan CSR

Infografis-Inisiatif Baru LindungiHutan

Proyek Pembangunan Alat Pemecah Ombak (APO) Karawang

Salah satu inisiatif Green Project yang dalam waktu dekat akan dijalankan yaitu pembangunan Alat Pemecah Ombak atau APO di Pesisir Dusun Tangkolak, Kabupaten Karawang. Pembangunan APO ini menjadi salah satu cara mudah meningkatkan keberhasilan penanaman mangrove di daerah langganan banjir rob. Dengan memasang APO, diharapkan derasnya gempuran ombak bisa berkurang sehingga akar mangrove muda dapat bertumbuh dengan maksimal.

Bukan hanya bermanfaat untuk lingkungan, pembangunan APO juga menjadi sarana pemberdayaan masyarakat sebab dalam pelaksanaan proyek ini LindungiHutan juga menggandeng petani dan kelompok masyarakat setempat. Harapannya, kolaborasi proyek ini bisa membawa dampak positif yang tepat sasaran dan tentunya berkelanjutan.

Silakan akses Halaman Green Project LindungiHutan untuk mengetahui detail pelaksanaan proyek pembangunan APO Karawang mulai dari kebutuhan hingga manfaatnya!

Sedekah Pohon LindungiHutan