Connect with us

Bisnis Lestari

Mengenal Tujuan SDGs untuk Membangun Masyarakat yang Berkelanjutan

Published

on

Tujuan SDGS

Berkat globalisasi, memudarnya batas antarnegara memunculkan kesadaran terkait berbagai permasalahan fundamental yang dihadapi oleh masyarakat global, dan harus diselesaikan bersama-sama. United Nations Development Programme (UNDP) selaku badan yang diberi wewenang oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merancang program yang berujung pada terbentuknya tujuan SDGs. 

Pada perkembangannya, SDGs dijadikan sebagai panduan yang menuntun para pemangku kepentingan dalam merumuskan kebijakan. Dengan kata lain, kebijakan yang diciptakan dan diterapkan harus selaras dengan komitmen upaya meraih tujuan SDGs agar menghapus ketidakadilan dan ketidaksetaraan di dunia.

Lantas, bagaimana tujuan SDGs berkontribusi dalam membangun kondisi masyarakat yang berkelanjutan? Lalu apa saja tujuan SDGs? Jawabannya dapat dilihat pada ulasan di bawah ini. 

Apa itu SDGs?

Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) merupakan agenda rencana aksi global yang telah disepakati oleh para pemimpin dunia demi mewujudkan kesejahteraan global dan ditargetkan untuk tercapai pada tahun 2030. Tujuan SDGs dirumuskan menjadi 17 poin yang mencakup berbagai aspek permasalahan keberlanjutan.

SDGs adalah kelanjutan dari keberhasilan Millennium Development Goals (MDGs) yang berakhir pada tahun 2015 lalu. Perbedaannya terletak pada tujuan SDGs yang lebih komprehensif dan inklusif, dengan menyentuh seluruh dimensi fundamental bagi keberlanjutan kehidupan manusia.

Baca juga: Panduan Pemberdayaan Masyarakat dan Implementasinya dalam Program CSR Perusahaan

Penjelasan 3 Prinsip Utama Dalam Melaksanakan SDGs

Nilai penting yang terkandung dalam implementasi SDGs berangkat dari 3 prinsip utama, yaitu:

1. Universal

SDGs diciptakan dengan manfaat secara universal dan dilaksanakan dengan sasaran yang bersifat transformatif, berpusat kepada hak asasi manusia, dan memiliki manfaat berjangka panjang.

2. Integrasi

Pelaksanaan tujuan SDGs dilakukan secara terintegrasi melewati multidimensi yang efeknya saling mempengaruhi satu sama lain. 

3. Inklusif

Dengan tajuk “No One Left Behind“, pelaksanaan tujuan SDGs melibatkan upaya yang dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat, mulai dari pemerintah, perusahaan, desa, hingga secara individual. 

Berdasarkan 3 prinsip tersebut, penciptaan SDGs dimaksudkan untuk menggandeng seluruh masyarakat di ruang lingkup global untuk bersama-sama menciptakan kehidupan masyarakat yang berkelanjutan. 

Inisiatif Penanaman Mangrove LindungiHutan Meningkatkan 23% Pendapatan Petani!

Apa Saja 17 Tujuan SDGs?

Terdapat 17 tujuan SDGs yang telah ditentukan, dengan 169 target yang ingin diraih. Adapun 17 poin tersebut adalah:

1. Tanpa Kemiskinan

SDGs bertujuan untuk menghapus segala bentuk kemiskinan di seluruh belahan dunia.

2. Tanpa Kelaparan

Berakhirnya kondisi kelaparan di manapun menjadi salah satu tujuan SDGs. Keberhasilan poin ini terlihat dari tercapainya keamanan rantai akses makanan, meningkatnya nutrisi yang dikonsumsi, serta diadopsinya sistem pertanian berkelanjutan.

3. Kehidupan Sehat dan Sejahtera

Pada poin ketiga ini menjadi tujuan SDGs di bidang kesehatan, dengan berupaya untuk memastikan taraf kehidupan yang lebih sehat, sekaligus meningkatkan kesejahteraan bagi semua orang di segala usia. 

4. Pendidikan Berkualitas

Pada poin ketiga ini menjadi tujuan SDGs di bidang kesehatan, dengan berupaya untuk memastikan taraf kehidupan yang lebih sehat, sekaligus meningkatkan kesejahteraan bagi semua orang di segala usia. 

5. Kesetaraan Gender

Pencapaian kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan menjadi fokus penting dari tujuan SDGs di poin ini.

6. Air Bersih dan Sanitasi Layak

Poin ini menunjukkan pentingnya ketersediaan pengelolaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan bagi semua orang, menjadi satu lagi tujuan SDGs di bidang kesehatan.

7. Energi Bersih

Inti pada poin ini adalah untuk memastikan tercapainya akses energi modern yang bersih dengan harga terjangkau, dapat diandalkan, dan berkelanjutan untuk semua orang. 

8. Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi

Poin SDGs kedelapan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, inklusif dan berkesinambungan, lapangan kerja yang terjamin dan produktif, serta pekerjaan yang layak untuk semua orang.

9. Industri, Inovasi, dan Infrastruktur

Adapun tujuan SDGs di poin kesembilan adalah mendorong inovasi dan industrialisasi yang inklusif dan berkelanjutan demi membangun infrastruktur yang tangguh. 

10. Berkurangnya Kesenjangan

Mengurangi kesenjangan dan ketidaksetaraan baik di dalam suatu negara maupun antarnegara.

11. Kota dan Permukiman Layak

Pada poin kesebelas, tujuan SDGs adalah membuat kota dan permukiman menjadi lebih inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan

12. Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab

Memastikan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan. Dengan kata lain, menjaga kadar dan lokasi pembuangan limbah produksi yang berkelanjutan, serta meningkatkan konsumsi yang bersih.

13. Penanganan Perubahan Iklim

Tujuan SDGs pada poin ini menekankan pengambilan keputusan dan aksi secepatnya dalam menangani perkembangan dan dampak dari isi perubahan iklim.

14. Ekosistem Laut

Melestarikan dan memanfaatkan samudera, laut, beserta sumber daya kelautan secara berkelanjutan demi pembangunan berkelanjutan merupakan tujuan SDGs pada poin ini.

15. Ekosistem Darat

Fokus utama yang menjadi tujuan SDGs pada poin ini adalah melindungi, memulihkan, dan mendorong pemanfaatan ekosistem darat secara berkelanjutan, mengelola hutan secara berkelanjutan, memerangi proses penggurunan, serta menghentikan dan membalikkan degradasi lahan sekaligus menghentikan hilangnya keanekaragaman hayati.

16. Perdamaian, Keadilan, dan Kelembagaan yang Kuat

Tujuan SDGs ke-16 adalah Mempromosikan masyarakat yang damai dan inklusif di segala tingkatan untuk pembangunan berkelanjutan, menyediakan akses terhadap keadilan bagi semua orang dan membangun institusi yang efektif dan akuntabel.

17. Kemitraan untuk Mencapai Tujuan

Memperkuat sarana implementasi juga merevitalisasi kemitraan global untuk mencapai pembangunan berkelanjutan.

Baca juga: Panduan Program Penghijauan untuk CSR Perusahaan

4 Pilar yang Membentuk Nilai dan Tujuan SDGs

Dalam upaya dalam mencapai kesejahteraan global, SDGs menyentuh semua dimensi kehidupan manusia yang saling berkaitan, 17 tujuan SDGs dipisah menjadi 4 pilar utama, di antaranya:

1. Pilar Pembangunan Sosial

Pilar ini menunjukkan tujuan SDGs dalam mencapai pemenuhan hak fundamental manusia yang adil, berkualitas, dan setara demi meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat. Pilar ini mencakup poin SDGs nomor 1, 2, 3, 4, dan 5.

2. Pilar Pembangunan Ekonomi

Pilar ini bertujuan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, melalui keberlanjutan kesempatan kerja dan usaha, inovasi kreatif, industri inklusif, infrastruktur yang memadai, energi bersih dengan harga terjangkau, serta didukung kemitraan yang mumpuni. Pilar ini terdiri dari poin SDGs nomor 7, 8, 9, 10, dan 17.

3. Pilar Pembangunan Lingkungan

Pilar ini menjadi manifestasi komitmen untuk mencapai pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan, sebagaimana lingkungan berperan sebagai penyangga seluruh kehidupan. Pilar ini membawahi poin SDGs nomor 6, 11, 12, 13, 14, dan 15.

4. Pilar Hukum dan Tata Kelola

Pilar ini adalah demi mewujudkan kepastian hukum dan tata kelola yang efektif, akuntabel, transparan, dan partisipatif agar menciptakan stabilitas keamanan dan negara yang berbasis hukum. Poin SDGs nomor ke-16 merupakan inti dari pilar ini. 

Maka dari itu, berdasarkan tujuan SDGs yang telah dipaparkan di atas, tidak mengherankan betapa besarnya kontribusi SDGs tersebut dalam membangun masyarakat yang berkelanjutan. Terutama melalui 17 tujuan SDGs yang sarat akan nilai-nilai hak dasar manusia. Jadi, tidak ada salahnya untuk mempelajari tujuan SDGs agar turut membantu tercapainya kesejahteraan dunia.

Inisiatif LindungiHutan Turut Mendukung 8 Poin Pembangunan Berkelanjutan

Sepanjang tahun 2023, LindungiHutan telah membantu pelaksanaan 358 Kampanye Alam, mengumpulkan 181.176 pohon, 5.857.014.008 donasi, bersama dengan 5.347 orang donatur dan 47 kelompok petani setempat di 50 lokasi penanaman yang tersebar di Indonesia! Kami turut mendukung pembangunan berkelanjutan/SDGs dalam beberapa poin melalui highlight berikut:

  • Persentase peningkatan pendapatan petani 23%
  • Terciptanya jam kerja 507.984 jam.
  • Inderect beneficiaries 4.600.000 orang
  • Luas tertanam 954840,8748 m2

Simak lebih lanjut key highlight LindungiHutan sepanjang tahun 2023 dalam annual report kami!

Baca juga: Pengalaman Kolaborasi National Label Bersama LindungiHutan, Prosesnya Cepat Anti Ribet!

Penulis: Prabu Haryo Pamungkas

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan