Connect with us

Mitra Hijau

iPlant.id Hijaukan Gunung Sawur Bersama LindungiHutan

Published

on

iPlant.id Hijaukan Gunung Sawur, Lumajang.
LindungiHutan dan iPlant.id menjalin kolaborasi melalui skema product bundling. Dengan konsumen membeli 1 bibit anggrek maka telah menanam 1 pohon bersama LindungiHutan. Hasil kolaborasi ini telah terkumpul 159 tanaman buah-buahan yang ditanam di lereng Gunung Sawur, Lumajang, Jawa Timur pada 7 Maret 2021.

iPlant.id adalah sebuah toko online yang menjual berbagai jenis kebutuhan berkebun mulai dari tanaman berbuah, tanaman hias daun, tanaman berbunga, biji/benih dan umbi, pot dan perlengkapan berkebun dengan garansi tanaman hidup hingga 14 hari sejak tanaman diterima. iPlant.id juga menerima pengiriman hingga luar pulau Jawa selama alamat masih terjangkau oleh ekspedisi pengiriman. Sementara mengenai estimasi pengiriman tanaman antara 2-5 hari setelah status orderan dikirim.

Mengusung tagline “Tumbuh Bersama Indonesia,” iPlant tidak hanya ingin tanaman yang dikirim akan tumbuh, tetapi juga orang-orang yang terlibat. iPlant ingin mengenalkan kegiatan menanam tanaman kepada banyak orang sehingga menghasilkan sebuah tren menanam baru yang memiliki dampak baik untuk lingkungan.

Baca juga: Gramedia Ecoliteracy: Program Penghijauan 250 Pinus di Gunung Andong Bersama LindungiHutan

Program Kolaborasi yang Terjalin Terkumpul 159 Pohon yang Ditanam

Guna mewujudkan tren menanam yang bisa diikuti oleh masyarakat umum, iPlants.id berkolaborasi dengan LindungiHutan menginisiasi kampanye alam dan program penghijauan.

Melalui inisiasi kampanye alam tersebut, iPlants.id sukses mengumpulkan 159 pohon Alpukat dan telah ditanam Gunung Sawur, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada tanggal 7 Maret 2022. 

Adapun proses penanaman pohon berlangsung lancar dengan dibantu lascar TNGC dan juga peserta gabung aksi yang berjumlah 5 orang.

Langkah yang telah dilakukan oleh iPlant.id terlepas dari praktik bisnisnya yang senantiasa mendorong dan mengenalkan kegiatan menanam pohon patut kita apresiasi. Nyatanya, menanam pohon adalah salah satu hal yang paling mudah kita lakukan untuk ikut berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan.

Baca juga: Bumijo Hijaukan Gunung Sawur, Lumajang dengan Menanam 500+ Pohon Alpukat

Kondisi Ekologi dan Sosial Masyarakat Lereng Gunung Sawur, Lumajang, Jawa Timur

Mitra penggerak penghijauan LindungiHutan sedang menanam bibit buah-buahan di lereng Gunung Sawur.
Mitra penggerak penghijauan LindungiHutan sedang menanam 159 bibit buah-buahan di lereng Gunung Sawur, Lumajang, Jawa Timur (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Lumajang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Timur. Kabupaten Lumajang beberapa kali mengalami bencana seperti tanah longsor yang marak terjadi di dataran tinggi ketika hujan deras mengguyur. Di sisi lain, pesisir Lumajang terus menerus diterjang abrasi sehingga garis pantainya kian hari makin tergerus.

Bencana ini pastinya memberikan dampak yang kurang menyenangkan bagi masyarakat sebab aktivitas sosial ekonomi banyak terganggu. Tahun 2020, jalur Lumajang-Malang sempat tidak dapat berfungsi akibat tertutup material tanah longsor.

Salah satu faktor terjadinya erosi yang memicu tanah longsor adalah beralihnya penggunaan lahan sebagai bentuk pemanfaatan sumber daya lahan. Seiring bertambahnya jumlah penduduk dan kemajuan teknologi di berbagai sektor mendorong pemanfaatan lahan-lahan yang tidak sesuai dengan kesesuaian lahannya sehingga menyebabkan degradasi lahan.

Padahal, penggunaan lahan yang tidak memperhatikan konservasi tanah dan air akan berimbas pada terjadinya kerusakan lingkungan, seperti bencana longsor. Hal tersebut mungkin saja terjadi akibat ketidakseimbangan antara hujan dan kemampuan tanah menginfiltrasi air hujan yang turun dan masuk ke dalam tanah.

Maka dari itu, perlu dilakukan rehabilitasi lahan melalui tindakan penanaman pohon yang sesuai dengan kebutuhan lahan. iPlant.id bersama LindungiHutan menanam 150 pohon Alpukat guna menghentikan dan mencegah terjadinya tanah longsor.

Pohon Alpukat sendiri menyimpan banyak manfaat baik itu secara ekologi, ekonomi, dan sosial. Manfaat tersebut antara lain:

  • Ekologi: Sebagai penyerap karbon dan penyimpan cadangan air, untuk mencegah longsor di area perbukitan.
  • Ekonomi: Buah untuk dikonsumsi. Minyak dari buah digunakan untuk campuran salad dressing. Daun diseduh sebagai teh. Daun yang dipanggang digunakan sebagai bumbu.
  • Sosial: Kulit batang digunakan untuk mengobati diare. Daun digunakan untuk mengobati disentri, batuk, menurunkan tekanan darah, dan melancarkan siklus menstruasi.
  • Umum: Alpukat kaya akan nutrisi, bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata, memberikan efek kenyang lebih lama, lezat dan mudah dikombinasikan ke dalam menu diet, menjaga kesehatan jantung, mencegah osteoporosis, mengandung lebih banyak kalium dibandingkan pisang, mencegah dan memaksimalkan pengobatan kanker, menjaga kesehatan ibu hamil dan janin, serta menurunkan risiko depresi.

Baca juga: 1 Bundle = 1 Tree, TISSO Ajak Kita Hijaukan Indonesia

Semoga melalui penanaman 159 Pohon Alpukat yang diinisiasi oleh iPlant.id di Gunung Sawur, Kabupaten Lumajang akan memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar. Di samping itu, partisipasi iPlant.id terhadap upaya pelestarian lingkungan ini bisa menginspirasi banyak pihak.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan