Connect with us

Penggalang

Komunitas K-Pop Tercatat Mengumpulkan 9579 Pohon Selama Periode Januari-Agustus

Published

on

Ribuan mangrove dari Fans K-Pop untuk BTS

Beberapa orang boleh memandang Korean Pop (K-Pop) sebelah mata. Namun ketika suaranya sudah bersatu, tagar-nya menduduki puncak trending Twitter, apalagi hingga turun ke jalan sembari membawa papan kritikan penuh pesan sarkasme seperti saat demo omnibus law lalu. Maka, sudah sepatutnya beberapa orang itu menarik kembali ucapannya. K-Pop bukan lagi sekadar kumpulan orang-orang yang mengidolakan artis-artis korea. Korean Pop telah bertransformasi menjadi gerakan kolektif yang tentunya memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

Popularitas Korean Pop memang tak bisa dibendung. Kecintaan para penggemar kepada idols (sebutan bagi artis K-pop) memunculkan trend center yang ramai diakui dan diikuti. Kehadiran para penggemar K-Pop ini lantas memunculkan beragam kelompok penggemar atau biasa disebut fandom.  Mengutip dari laman databoks.katadata.co.id, percakapan soal Korean Pop terus mendominasi di Twitter secara global. Bahkan, jumlahnya mencapai 7,5 miliar twit sejak Juli 2020 hingga Juni 2021.

Adapun, Indonesia menjadi negara dengan jumlah twit terbanyak mengenai Korean Pop sejak Juli 2020 hingga Juni 2021. Masifnya angka tersebut mau tak mau membuat kita sepakat bahwa gaung suara fandom K-Pop ini tak bisa lagi disepelekan. Lebih jauhnya, mereka bahkan ikut berpartisipasi langsung dalam upaya pelestarian lingkungan.

Baca juga: Anniversary BTS: Army Hadiahkan 2.500 Pohon untuk Idola

Berbicara isu lingkungan, fans K-Pop memang menaruh perhatian khusus akan hal ini. Buktinya, menukil dari laman databoks.katadata.co.id, anak muda yang menyukai artis Korea Selatan atau K-Popers paling banyak tertarik dengan isu lingkungan hidup. Presentasenya tercatat mencapai 87,8%.

Data memang tidak bisa berbohong! Kami di LindungiHutan mencatat ada ratusan kampanye alam yang diinisiasi oleh fandom dengan berbagai macam motif. Mulai dari merayakan ulang tahun idol, debut album baru, hingga perayaan idol yang comeback. Sebagai bukti kecintaanya kepada idola, mereka rela membuat kampanye alam dan mengumpulkan donasi pohon untuk ditanam di berbagai daerah yang membutuhkan.

Bersama LindungiHutan Komunitas K-Pop Kumpulkan 9.579 Pohon dalam Waktu 7 Bulan

Fans K-Pop BTS

Kami di LindungiHutan juga mencatat selama periode bulan Januari hingga Agustus para fans K-Pop ini telah mengumpulkan 9.579 pohon dengan berbagai jenis dan lokasi penanaman. Jumlah pohon tersebut hasil dari pelaksanaan 47 kampanye alam. Tentu ini angka yang besar dan patut diapresiasi.

Salah satu kampanye alam yang berhasil mengumpulkan pohon terbanyak yaitu 1.737 pohon Mangrove Rhizophora adalah kampanye “9000 Mangrove dari BTS Army Indonesia”. Kampanye tersebut inisiasi dari akun bernama Wingsofbangtan dalam rangka menyambut Anniversary BTS yang ke-9. Wingsofbangtan berkolaborasi dengan Tim #FESTApora dan BTS ARMY INDONESIA untuk mengajak orang-orang menanam mangrove di Cilacap. Inisiasi tersebut diambil karena sejalan dengan campaign yang sedang BTS jalankan.

Kampung Laut yang terletak di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah ini merupakan gugusan pulau-pulau kecil di Segara Anakan yang membentuk beberapa desa. Di Kampung Laut, terdapat Kawasan Wisata Arboretum Mangrove “Kolak Sekancil” yang memiliki berbagai koleksi tanaman mangrove. Belakangan ini, tanaman mangrove yang ada di wilayah kampung laut mulai rusak, pantainya banyak terkikis gelombang, dan polusi biota lautnya berkurang. Hal ini akan merugikan penduduk di sekitar pantai karena pendapatan akan berkurang dan terancam banjir air laut.

Sebelumnya, kami LindungiHutan pernah berbincang via daring dengan salah dua penggalang (inisiator kampanye alam) yang termasuk sering membuat kampanye. Mereka berdua bernama Novia dan Elia.

Baca juga: Sepotong Cerita Novi dan Elia Merayakan Momen Idolanya Bersama LindungiHutan (2022)

Bagi Elia mengapa ia memilih merayakan idolanya bersama LindungiHutan karena harga pohonnya yang murah sehingga terjangkau banyak orang. Elia juga menambahkan bahwa melalui Campaign ini mereka bisa ikut membantu dan mengambil bagian untuk mewujudkan lingkungan lebih baik dan hijau.

Sementara itu, menurut Novi harga pohon di LindungiHutan termasuk murah sehingga terjangkau oleh banyak orang. Walhasil, jumlah donatur pohon yang terkumpul pun banyak, karena murah.

Ajak Komunitasmu, Mari Berdonasi di LindungiHutan!

Rasa cinta kita kepada Idol, akan lebih baik jika diimbangi dengan rasa cinta kita terhadap lingkungan. Bahkan, banyak penggemar Korean Pop di Indonesia telah menyadari hal tersebut dengan melakukan aksi pelestarian lingkungan. Sebagai salah salah satu bentuk hadiah dari fans untuk Idol mereka atas perayaan dalam rangka hari ulang tahun idolanya, para fans biasa terlibat dalam aksi penanaman pohon. Seperti yang dilakukan oleh Assabel Audida dalam kampanye bertajuk “1000 Pohon untuk BTS JIMIN (Jimin’s Birthday Project)

LindungiHutan, mengajak para penggemar dari grup K-Pop lainnya untuk berdonasi di LindungiHutan. Kalian, dapat menyalurkan rasa cinta kepada idol kalian melalui program penghijauan bersama LindungiHutan. Kalian bisa berdonasi ataupun membuat gerakan baru dengan mengajak teman, sahabat, saudara turut dalam aksi penghijauan bersama.

Berikan Hadiah Untuk Idola Kamu melalui Aksi Lingkungan Bersama LindungiHutan

FAQ

1. K-Pop singkatan dari apa?

merupakan singkatan dari Korean Pop. K-pop adalah subgenre musik pop dari Korea Selatan.

2. Apa bahasa Indonesianya K-Pop?

Dalam bahasa Indonesia K-Pop artinya Musik Pop Korea.

3. K-pop termasuk jenis musik apa?

Genre musik K-Pop sangat beragam, bisa pop, hip-hop, rock, R&B, dan lainnya.

Sedekah Pohon LindungiHutan