Connect with us

Penggalang

Komunitas Berkontribusi Atas 5048 Donasi Pohon Terkumpul selama Bulan Januari hingga Agustus 2022

Published

on

Komunitas berkontribusi atas 5048 donasi pohon selama Januari hingga Agustus.

Mungkin kamu sudah pernah mendengar istilah komunitas. Atau mungkin saat ini kamu sudah bergabung dengan komunitas. Sederhananya, komunitas adalah wadah di mana kamu bisa berkumpul dengan orang lain yang memiliki kesamaan baik itu hobi, tujuan, ataupun latar belakang.

Pengertian lebih detailnya adalah kelompok sosial yang terdiri dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Sedangkan komunitas dalam konteks manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko, dan sejumlah kondisi lain.

Kata komunitas sendiri berasal dari bahasa Latin communitas yang berarti “kesamaan”, kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti “kesamaan”, kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti “sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak”.

Sampai sini apakah kamu sudah paham artinya komunitas? Jika sudah, pertanyaan berikutnya yaitu mengapa manusia berkomunitas? Manusia mau berkomunitas selain karena memiliki beberapa kesamaan tetapi juga karena adanya banyak manfaat mengikuti komunitas. Manfaat tersebut seperti menambah pengetahuan, Koneksi dan jaringan pertemanan, membagikan suara dan pendapat, mendapatkan dukungan, dan juga memberikan inspirasi dan membawa kepada hasrat baru.

Komunitas Umum maupun Mahasiswa Sukses Mengumpulkan Donasi Pohon Sebanyak 5048

Komunitas Berkontribusi Atas 5048 Donasi Pohon Terkumpul selama Bulan Januari hingga Agustus 2022
Proses penanaman mangrove bersama LindungiHutan dalam kampanye Mokasmerta. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Berbicara tentang komunitas, Kami di LindungiHutan juga mencatat geliat mereka dalam turut serta upaya pelestarian lingkungan. Total, selama periode Januari hingga Agustus 2022 komunitas umum maupun mahasiswa telah membuat 25 kampanye alam dengan jumlah pohon yang terkumpul sebanyak 5048.

Adapun, komunitas dengan jumlah pohon terbanyak yang berhasil dikumpulkan terdapat di kampanye alam bertajuk “1000 Pohon untuk Hari Bumi dan Hari Hutan dari Moksamerta #DOTA”. Melalui kampanye alam tersebut berhasil terkumpul 1018 pohon Mangrove Rhizophora dan telah ditanam pada 18 Juni 2022 di Pantai Kartika Jaya.

Mokasamerta salah satu organisasi yang dibentuk dan dijalankan oleh para pelajar yang berkeinginan untuk membantu bumi kita pulih dari berbagai kerusakan. Misi utama Mokasamerta adalah melakukan edukasi mengenai kerusakan lingkungan dan mengajak berbagai lapisan masyarakat untuk ikut melakukan aksi nyata untuk bumi.

Awalnya Mokasamerta dibentuk atas kesadaran bahwa bumi sedang membutuhkan tangan-tangan kita untuk memulihkan dirinya. Motivasi tersebut makin diperkuat dengan berbagai perbedaan yang dirasakan di lingkungan tempat tinggal mereka.

Tentu kontribusi yang diberikan oleh komunitas Mokasamerta patut dijadikan conotoh oleh banyak pihak. Bahwasanya, dengan kita bersama-sama maka sebuah permasalahan akan terasa lebih ringan. Seperti kata pepatah berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Dalam hal pelestarian alam pun kita harus bahu membahu mengambil peran masing-masing untuk bersama-sama menghijaukan Indonesia.

Sementara pemilihan lokasi penanaman di Pantai Kartika Jaya  setelah mempertimbangkan berbagai hal. Pantai tersebut merupakan sumber arus ombak air utama sebelum pemukiman warga di Pesisir Patebon, Kabupaten Kendal. Pantai tersebut juga dekat dengan tambak budidaya milik warga yang merupakan poros utama ekonomi warga setempat. Sayangnya, sejak tahun 2009 daerah Patebon terkena abrasi parah, sehingga menyebabkan Pantai Kartika Jaya juga terkikis seluas lebih dari 60 hektare.

Baca juga: Anniversary BTS: Army Hadiahkan 2.500 Pohon untuk Idola

Berkaca pada permasalah tersebut maka LindungiHutan bersama Mokasamerta melakukan tindakan restorasi dengan menanam pohon Mangrove Rhizophora. Harapannya, pohon mangrove yang ditanam akan tumbuh menjadi hutan yang berperan sebagai benteng alam.

Perlu diketahui bahwasanya hutan mangrove menyimpan banyak manfaat seperti:

  • Manfaat hutan mangrove untuk habitat ikan
  • Mencegah intrusi air dan abrasi
  • Hutan bakau penyerap emisi Karbon Dioksida
  • Manfaat hutan mangrove untuk menjaga kualitas air
  • Sumber pendapatan nelayan,
  • Kayu pohon bakau memiliki Beragam manfaat,
  • Hutan mangrove menyediakan bahan makanan,
  • Sumber pakan ternak.

Sedekah Pohon LindungiHutan