Connect with us

Penggalang

6 Kampanye Alam Inisiasi NCTzen, Menanam Ratusan hingga Ribuan Pohon Mangrove

Published

on

6 Kampanye Alam Inisiasi NCTzen, Menanam Ratusan hingga Ribuan Pohon Mangrove.

Korean Wave atau gelombang korea memang bukanlah fenomena yang baru. Penyebarannya tak bisa lagi dibendung, ia menerabas segala batas. Tua-muda, desa-kota, laki-laki-perempuan dan segala kelompok maupun status sosialnya.

Banyak masyarakat atau bahkan orang terdekat kita yang menggandrungi budaya-budaya korea. Mulai dari musik, film, fesyen, produk kecantikan, makanan, hingga serapan bahasa sekalipun.

Hal tersebut bisa dilihat dari berapa banyak jumlah para penggemar budaya Korea di Indonesia baik itu film dan lagu. Kalau ditotal, barangkali jumlahnya bisa menyamai jumlah penduduk satu kabupaten kecil.

Bukan hanya perkara jumlah, tingat militansinya pun bukan main-main. Padahal, tidak ada Ospek yang mengharuskan para fans korea tersebut diteriaki oleh senior yang memasang tampang sok galak. Namun, bisa dilihat bagaimana solidaritas dan loyalitas mereka? Sudah berapa kali tagar yang mereka usung nangkring di trending Twitter?

Mengutip dari laman databoks.katadata.co.id, Indonesia menjadi negara dengan jumlah twit terbanyak mengenai K-Pop sejak Juli 2020 hingga Juni 2021. Posisi setelahnya ditempati oleh Filipina, Thailand, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.

Dahsyat bukan? Korea Selatan saja yang menjadi negara asal K-Pop bisa kalah dalam urusan banyaknya jumlah twit. Terlepas dari besarnya penduduk yang memang jauh lebih banyak

Sementara itu, berbicara soal fanatisme, fenomena militansi K-Popers ini bagai pisau bermata dua. Mengapa demikian? Sebab, banyaknya keberadaan K-Popers, kemudian mengelompokan diri mereka ke dalam kelompok-kelompok penggemar atau idola tertentu yang biasa disebut fandom.

Tak jarang, terjadi tweet war antar fandom yang bisa berlangsung lama di linimasa media sosial, terutama Twitter. Penggemar yang fanatik bisa dengan mudah memberikan hate speech dan bully-an baik kepada penggemar lain maupun idola lainnya.

Akan tetapi di sisi lain, sikap fanatisme ini juga bisa memberikan dampak baik, misalnya terhadap lingkungan.

Kami di LindungiHutan, banyak menemui kampanye alam yang diinisiasi oleh para fandom dan K-Popers. Ini menjadi bukti nyata bahwa K-Pop juga ikut berkontribusi dalam memberikan dampak baik bagi lingkungan dan masyarakat. Angkat topi untuk kalian semua!

Baca juga: Anniversary BTS: Army Hadiahkan 2.500 Pohon untuk Idola

Nah, salah satu fans boyband Korea yang cukup sering mengadakan kampanye alam adalah NCTzen. 

Mengutip dari laman kpop.fandom.com, NCT (Singkatan dari “Neo Culture Technology” artinya: Teknologi Budaya Neo) adalah boyband di bawah agensi SM Entertainment. Grup ini terdiri dari angora yang dibagi menjadi beberapa sub-unit untuk ditempatkan di kota-kota besar di seluruh dunia.

Kami telah merangkum 6 gerakan menanam pohon oleh NCTzen. Apa saja?

1. 500 Trees From NCT dan WayV February Boys

inisiasi kampanye alam From NCT dan WayV February Boys.
Poster kampanye alam 500 Trees From NCT dan WayV February Boys . (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Inisiasi kampanye alam ini sebagai bentuk perayaan ulang tahun NCT & WavY Boys dengan cara memberikan ‘hadiah’ untuk alam yaitu dengan menanam pohon Mangrove Rhizophora di Pesisir Tambakrejo, Kota Semarang. Total pohon yang terkumpul sebanyak 581.

Pesisir Tambakrejo dipilih karena kondisi laut yang selama ini menjadi tumpuan nelayan setempat untuk menghidupi keluargannya, kini mulai mengancam masa depan. Ombak Laut Jawa secara perlahan mengikis daratan Tambakrejo dan mengancam tempat tinggal mereka karena jarak pantai yang makin dekat.

2. 100 Pohon untuk Jaemin NCT Dream dan Bumi Kita

poster kampanye alam ntuk Jaemin NCT Dream.
Kampanye alam ini dibuat dalam rangka merayakan ulang tahun Jaemin NCT Dream . (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Dalam rangka merayakan ulang tahun Jaemin NCT Dream, komunitas Nanadongie mengajak semua kalangan baik itu NCTzen maupun non NCTzen, K-Popers maupun bukan untuk ikut serta menyehatkan bumi. Kampanye alam tersebut sukses mengumpulkan 104 pohon Mangrove Rhizophora yang ditanam di Pesisir Trimulyo, Kota Semarang.

Kondisi Pesisir Trimulyo bisa dibilang sangat memprihatinkan karena abrasi yang sangat tinggi. Desa di Pesisir Trimulyo sering kali tergenang air rob. Belum bagi ada banyaknya sampah yang masuk memenuhi sungai dan laut. Walhasil, masyarakat terganggu dengan bau tak sedap dari sampah tersebut.

3. 127 Trees from NCT 127

poster kampanye alam bertajuk 127 Trees from NCT 127.
Total ada 165 pohon Mangrove Rhizophora ditanam di Desa Bedono, Demak. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Kampanye alam ini juga untuk merayakan anniversary NCT127 yang ke 5 tahun. Maka dari itu akun InfiniteLjong membuat kampanye alam ini untuk mengajak NCTzen khususnya 127Zen untuk ikut menanam pohon. Hasilnya, ada 165 pohon Mangrove Rhizophora ditanam di Desa Bedono, Demak.

Desa Bedono sendiri merupakan wilayah yang sejatinya prospektif dan terletak di Kabupaten Demak. Kendati demikian, Laut Demak memiliki risiko daya rusak yang besar. Dengan potensi kenaikan air laut mencapai 3 cm/tahun dan penurunan muka tanah mencapai 25 cm.tahun, maka daratan Demak terancam tenggelam dalam 10-20 tahun.

4. Dari Bujank Februari untuk Alam

foto proses penanaman pohon dalam kampanye alam .
Proses penanaman pohon Mangrove Rhizophora di Pesisir Tambakrejo. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Akun Rafika Kemala Dewi membuat kampanye alam ini sebagai hadiah untuk 6 member NCT yang berulang tahun yaitu Doyoung, Jisung, Johnny, Jaehyun, Jungwoo, dan Ten. Melalui kampanye alam ini, ada 223 pohon Mangrove Rhizophora yang sukses ditanam di Pesisir Tambakrejo.

5. From NCTzens for Indonesia

poster kampanye alam From NCTzens for Indonesia.
Poster kampanye alam dari NCTzens. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Dalam rangka memberikan kado spesial untuk Lee Jeno dan Comeback NCT Dream, melalui kampanye alam ini mengajak masyarakat luas untuk sama-sama mengobati ibu pertiwi sehingga bisa kembali sehijau meumwonbong. Total ada 187 pohon Mangrove Rhizophora yang ditanam di Pesisir Trimulyo, Kota Semarang.

6. NCTzen Peduli Lingkungan 2020 Pohon untuk Indonesia

poster kampanye alam NCTzen Peduli Lingkungan 2020 Pohon untuk Indonesia.
NCTzen menanam 2.202 pohon Mangrove Rhizophora di Pantai Bahagia Bekasi. (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Dalam rangka merayakan proyek NCT 2020, NCTzen menanam 2.202 pohon Mangrove Rhizophora di Pantai Bahagia Bekasi. Kampanye alam ini merupakan bukti dari para fans yang ingin turut serta menghijaukan Indonesia (sesuai dengan warna khas NCT).

Tidak seperti namanya, Desa Pantai Bahagia keadaannya sangat berlawanan. Sudah sejak lama pantai Bahagia yang terletak di Desa Pantai Bahagia menjadi langganan banjir luapan air laut bahkan nyaris tenggelam. Abrasi di lokasi ini saat ini masif, bisa 10-20 meter per tahun, sehingga menjadikan garis pantai banyak berkurang. Akibatnya, banyak penduduk di sini yang kehilangan tempat tinggalnya.

Baca juga: Sepotong Cerita Novi dan Elia Merayakan Momen Idolanya bersama LindungiHutan

Itulah 6 kampanye alam yang diinisiasi oleh NCTzen. Tentunya kita perlu memberikan apresiasi kepada mereka semua atas partisipasinya dalam melestarikan lingkungan. Aksi nyata ini harapannya bisa menjadi inspirasi banyak pihak dan masyarakat untuk ikut bersama-sama menjaga bumi kita.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan