Connect with us

Penggalang

Report: 5 Kampanye Alam dengan Jumlah Pohon Terbanyak dalam Bulan Januari 2023

Published

on

Kampanye Alam dengan Jumlah Pohon Terbanyak dalam Bulan Januari 2023.

Tahukah kamu bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan kawasan hutan terluas di dunia? Walaupun terkait dengan angka pasti luasnya masih belum jelas juga. Karena, data mengenai luas hutan di Indonesia kerap kali mengalami perbedaan antara satu dengan sumber lainnya.

Kalau mengutip dari laman forestdigest.com, dalam rilis paling akhir “The State of Indonesia’s Forest (SOIFO)” 2020 yang terbit Desember 2020, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyatakan luas hutan Indonesia secara hukum (de jure) 120,5 juta hektare. Sementara menurut laman databoks, total luas tutupan hutan Indonesia adalah 101.215.183 hektare.

Terlepas dari data-data tersebut, satu hal yang pasti adalah kewajiban menjaga kelestarian hutan tentu tak boleh hilang. Mengingat, banyaknya manfaat hutan bagi lingkungan dan masyarakat semestinya membuat kita sadar bahwa ada tanggung jawab besar dan bersama untuk menjaganya.

Bersama LindungiHutan, semua orang bisa ambil perannya masing-masing dalam upaya penghijauan hutan Indonesia. Apalagi, melalui inisiasi Kampanye Alam memungkinkan setiap orang bisa ikut menanam pohon dengan mudah. Harapannya, makin banyak mereka yang terlibat maka semakin banyak pula ‘tangan-tangan’ yang ikut menjaga hutan kita!.

Baca juga: Report: Total Jumlah Donasi Pohon dalam Bulan Januari 2023

Nah, berikut ini adalah 5 Kampanye Alam dengan jumlah pohon terkumpul paling banyak pada bulan Januari 2023. Ada apa saja?

1. 241 Pohon dari fromis_9 dan Flover Indonesia (283 pohon)

Kampanye alam
Banner Kampanye Alam 241 Pohon dari fromis_9 dan Flover Indonesia (283 pohon).

Peringkat pertama ada dari fyi fromis_9id yang berhasil mengumpulkan 283 pohon. Dalam rangka merayakan Anniversary fromis_9 ke-5 tahun, Fanbase fromis_9 Indonesia mengajak seluruh Flover Indonesia untuk berkontribusi dalam melestarikan bumi tercinta.

Mengangkat teman “241 Pohon Dari Fromis_9 dan Flover Indonesia”, aksi penanaman pohon mangrove akan dilakukan di Pantai Kartika Jaya, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

2. Better Life for 2023 (253 pohon)

Kampanye alam bulan Januari 2023.
Melalui Kampanye Alam ini berhasil terkumpul 253 pohon.

Sebagaimana judul Kampanye Alam yang dibuat, pemilik akun Aera ingin mengajak teman-teman semua untuk ikut berdonasi mangrove. Harapannya pada tahun 2023 semua hutan menjadi lebih baik dan kehidupan kita juga ikut lebih baik.

Total, ada 253 pohon terkumpul untuk dilakukan penanaman di Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Well, semoga apa yang diharapkan bisa benar-benar terwujud ya!

3. Earthbuddies.net for Earth (140 pohon)

Earthbuddies.net for Earth (140 pohon).
Keinginan untuk memberikan dampak baik kepada lingkungan diwujudkan dalam Kampanye Alam bersama LindungiHutan.

Berikutnya ada Earthbuddies.net yang juga ingin memberikan dampak baik untuk lingkungan melalui Kampanye Alam bersama LindungiHutan. Earthbuddies. net sendiri adalah website yang juga memiliki fokus pelestarian lingkungan. Harapannya melalui website tersebut dapat menginspirasi banyak orang untuk mulai peduli dengan bumi sebelum terlambat.

Kampanye Alam “Earthbuddies.net for Earth” berhasil mengumpulkan 140 pohon untuk kemudian ditanam di Ekowisata Mangrove Wonorejo, Kota Surabaya.

4. Tree For Taeri (84 pohon)

Inisiasi kampanye alam untuk idola.
Dalam rangka ulang tahun idolanya, fans Kim Tae Ri Indonesa sukses tanam mangrove.

Kim Taeri Indonesia setiap tahunnya mengadakan “Tree for Taeri” menanam pohon di Indonesia dalam rangka ulang tahun Kim Tae ri.

Tahun ini pun sama, dalam rangka ulang tahun Taeri ke-34, Kim Tae Ri Indonesia bersama Taerific sukses mengumpulkan 84 pohon mangrove yang nantinya akan ditanam di Pesisir Trimulyo, Kota Semarang. Oh iya, kampanye ini masih berlangsung sampai saat ini dan di bulan Februari 2023 telah terkumpul 130 pohon.

5. SATU ALSA for ALSA Indonesia Social Activist Team (82 pohon)

SATU ALSA for ALSA Indonesia Social Activist Team (82 pohon).
Terakhir ada Alsa Indonesia yang berhasil menanam 82 pohon.

Terakhir ada Alsa Indonesia yang mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta berdonasi dalam program SATU ALSA untuk melakukan penanaman pohon mangrove. Total, ada 82 pohon yang berhasil terkumpul melalui inisiasi Kampanye Alam ini.

Pohon-pohon tersebut nantinya akan ditanam di Ekowisata Mangrove Wonorejo, Kota Surabaya.

Itulah 5 Kampanye Alam dengan jumlah pohon terkumpul paling banyak dalam bulan Januari 2023. Kalau kamu juga ingin membuat Kampanye Alam, langsung saja klik di sini! Atau di sini!

Baca juga: 6 Campaigner Fans K-Pop yang Mengadakan Kampanye Alam Berulang Selama Tahun 2022

Dengan menjadi seorang Penggalang maka Kamu turut berperan aktif dalam kegiatan konservasi alam dan hutan. Kamu juga akan memperoleh fasilitas seperti:

  • Halaman khusus Kampanye Alam yang dapat Kamu sesuaikan link URL maupun konten materi di dalamnya.
  • Sertifikat digital sebagai bentuk apresiasi resmi dari LindungiHutan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan