Connect with us

Penggalang

Report: Total Jumlah Donasi Pohon dalam Bulan Januari 2023

Published

on

Total donasi pohon LindungiHutan Bulan Januari 2023.

Setiap orang punya cara yang berbeda-beda untuk menunjukkan rasa cintanya terhadap bumi dan alam. Mengingat, setiap orang punya kondisi yang berbeda-beda pula dalam hidupnya. Beberapa orang masih diberi waktu dan tenaga untuk barangkali ikut andil dalam aksi-aksi pelestarian lingkungan secara langsung.

Namun, bagi beberapa orang lainnya dengan segala keterbatasan tenaga dan waktu, mungkin bentuk kepedulian maupun kecintaanya diwujudkan melalui hal yang berbeda. Salah satunya seperti melalui donasi pohon!

Beruntung bagi kita yang hidup di era kemajuan teknologi, di mana banyak hal bisa dilakukan dari genggaman tangan. Sulit dibayangkan sebelumnya, ketika hidup bertumpu dan diringkas dalam satu benda persegi panjang yang kita sebut sebagai smartphone.

Disadari atau tidak, smartphone mengubah banyak hal dalam kita menjalani laku hidup. Mudah dan cepat menjadi dua hal yang tampaknya harus ada dalam setiap kita melakukan aktivitas sehari-hari. Termasuk ketika melakukan donasi.

Tutorial donasi pohon di LindungiHutan.

LindungiHutan hadir untuk memberikan kemudahan bagi mereka yang ingin berperan dan memberikan kontribusinya dalam upaya-upaya penghijauan dan pelestarian bumi. Melalui donasi pohon, kini semua orang bisa menanam dari manapun, kapanpun, bahkan dari masing-masing smartphone yang kamu sedang pegang saat ini.

Bukan hanya itu, semua donasi yang kamu lakukan, kami pastikan setiap pohonnya tertanam dan tumbuh sehingga memberikan dampak baik bagi lingkungan serta masyarakat setempat.

Kamu bisa memantau perkembangan pohon tersebut melalui fitur monitoring. Kamu juga akan mendapatkan Laporan Pertanggungjawaban atau LPJ yang memuat detail penanaman pohon serta dokumentasi selama pelaksanaanya berlangsung.

Semua itu bisa kamu akses dari halaman Kampanye Alam yang kamu pilih.

Baca juga: 6 Kisah Inisiator Kampanye Alam yang Ternyata Masih Mahasiswa, Ada yang Masih SMP juga Loh!

Rekapitulasi Donasi Pohon LindungiHutan Bulan Januari 2023

Total donasi LindungiHutan bulan Januari 2023.
Berikut data rekapitulsai donasi pohon di LindungiHutan, Januari 2023.

Praktis barangkali jadi alasan utama mengapa banyak orang mau berdonasi pohon bersama LindungiHutan. Berikut data rekapitulasi Donasi Pohon di LindungiHutan selama Bulan Januari 2023:

  • Jumlah Donatur                    : 383 orang
  • Jumlah donasi                      : Rp496.389.323,00
  • Jumlah pohon didonasikan   : 24.498 batang
  •  Jumlah pohon ditanam         : 13.082 batang
  • Jumlah Kampanye Alam        : 34 Kampanye Alam

Adapun 5 donatur terbanyak selama bulan Januari berasal dari:

  • JEJAKIN yang menanam 7.948 pohon.
  • PT Maju Kirana Gemilang yang menanam 7.000 pohon.
  • PT Bank DBS Indonesia yang menanam 2.000 pohon.
  • PT Michelin Indonesia yang menanam 1.000 pohon.
  • PT Asuransi Rama Satria Wibawa yang menanam 760 pohon.

Semoga angka dan segala capaian tersebut menjadi sebuah tanda. Tanda yang mengisyaratkan bahwa masih ada banyak orang-orang yang peduli dan mau berbuat baik demi menghijaukan bumi kembali. LindungiHutan mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas hal-hal baik yang diupayakan selama bulan Januari 2023.

Semoga pohon-pohon yang ditanam akan tumbuh dan berbuah kebaikan yang dampaknya dapat dirasakan seluruh makhluk hidup di bumi. Panjang umur selalu kebaikan!

Manfaat Menanam Pohon yang Perlu Kamu Ketahui!

Menanam pohon.
Berikut 9 manfaat menanam pohon yang perlu kamu ketahui!

Fyi, menanam pohon adalah cara paling mudah dan murah kalau kamu ingin buat hijau bumi kembali.

Sebab, pohon memiliki beragam fungsi dan manfaat secara ekologis, ekomi, dan sosial budaya. Cara dan metode lain untuk mengatasi perubahan iklim dan pemanasan global juga dapat dilakukan, tetapi menanam pohon mempunyai keunggulan dari berbagai aspek.

Manfaat menanam pohon dan sedekah pohon untuk lingkungan diantaranya yaitu:

  • Pohon bermanfaat untuk menghasilkan oksigen (O2) yang digunakan oleh semua makhluk hidup guna bertahan hidup,
  • Selain menghasilkan oksigen (O2), pohon mampu menyerap karbon dioksida (CO2) dari udara yang berpengaruh pada pemanasan global,
  • Mencegah potensi bencana alam (banjir, tanah longsor, abrasi, terjangan angin) dan salah satu langkah mitigasi bencana,
  • Menahan laju air hujan dan menjaga keberadaan air tanah untuk mengurangi risiko kekeringan di musim kemarau,
  •  Mencegah erosi tanah (pengikisan lapisan tanah) akibat arus air, angin, dan faktor alam lain yang mengurangi jumlah lahan produktif,
  • Membantu mengurangi risiko desertifikasi (perubahan lahan menjadi gurun pasir) yang tandus dan gersang serta peningkatan area lahan kritis,
  • Menurunkan tingkat suhu di sekitar hutan dan kawasan pohon tumbuh. Serta meningkatkan kelembapan udara,
  • Tempat hidup berbagai satwa, hewan, serangga, primate, burung dan fauna lain yang menggantungkan diri dari kelestarian hutan,
  • Melindungi keseimbangan alam dan mengurangi polusi udara, cahaya, suara dan zat polutan yang terjadi di kawasan perkotaan dan permukiman.

Baca juga: Komunitas Berkontribusi Atas 5048 Donasi Pohon Terkumpul selama Bulan Januari hingga Agustus 2022

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sedekah Pohon LindungiHutan