Connect with us

Penggalang

Enggak Cuma Ramai di Twitter, K-Popers Tunjukkan Kepeduliannya terhadap Aksi Pelestarian Lingkungan

Published

on

Inisasi kampanye alam K-popers BTS ARMY

Label stigma yang selama ini diberikan kepada K-popers—sebutan bagi penggemar K-Pop, tampaknya memang benar-benar tak relevan lagi. Anggapan boros dan tidak mencintai produk dalam negeri menjadi kontradiktif atas apa yang sudah K-popers lakukan selama ini. Mereka terbukti menjadi salah satu penggerak aksi-aksi peduli lingkungan yang mungkin selama ini jarang masyarakat umum ketahui.

Sebelum berbicara tentang sepak terjangnya lebih lanjut, mengutip dari laman databoks anak muda yang menyukai artis Korea Selatan atau K-popers paling banyak tertarik dengan isu lingkungan hidup. Presentasenya tercatat mencapai 87,8%

Angka tersebut seharusnya menjadi secercah harapan untuk menumbuhkan rasa optimisme bersama bahwa isu lingkungan dan iklim bukanlah suatu kemustahilan. K-Popers sebagai representasi generasi muda bisa menjadi aktor penting sekaligus komunikator yang andal dalam mengkomunikasikan isu-isu terkait lingkungan dan perubahan iklim.

Bahkan, aksi para K-Popers ini tak hanya berhenti di media sosial saja. Berbagai petisi, donasi, hingga penanaman pohon diinisiasi oleh mereka. Mereka mau melibatkan diri dalam aksi-aksi penghijauan dengan cara yang kreatif dan tentunya unik.

LindungiHutan menjadi saksi atas berbagai upaya yang dilakukan K-Popers untuk menghijaukan bumi kembali!

Baca juga: Anniversary BTS: ARMY Hadiahkan 2.500 Pohon untuk Idola

K-Popers Tunjukkan Tajinya Kembali, ARMY Kembali Berdonasi untuk Lindungi Bumi!

Penanaman mangrove BTS ARMY.
Penanaman mangrove inisiasi ARMY di Kampung Laut, Kabupaten Cilacap.

Siapa yang enggak tahu BTS? Boyband Korea yang hadir sejak tahun 2013 ini menjadi salah satu yang paling populer di kalangan masyarakat. Selain karya-karyanya yang keren, para penggemarnya yang tergabung dalam fanbase grup ARMY Indonesia ternyata juga punya banyak kegiatan positif.

Awal tahun 2022, ARMY yang digawangi oleh Wings of Bangtan berkolaborasi dengan tim #FESTAPora menyambut anniversary BTS yang ke-9 dengan memberikan #KadoBumi untuk para idolanya.

ARMY menginisiasi kampanye penggalangan dana untuk penanaman mangrove di Desa Ujungalang, Kecamatan Kampung Laut, Kabupaten Cilacap.

BTS ARMY menanam mangrove di Kampung Laut.
ARMY Indonesia sukses menanam 1.737 mangrove.

Hal tersebut selaras dengan campaign yang tengah digaungkan oleh BTS terkait Environmental Crisis. Fyi, BTS hadir dalam UNGA SDGs memberikan speech terkait sustainability di United Nation. Nah, salah satu poin utama bahasannya adalah isu perubahan iklim yang menjadi tujuan ke-13 SDGs.

Untuk itu, ARMY Indonesia mengajak masyarakat untuk menanam pohon melalui Kampanye Alam “9000 Mangrove dari BTS ARMY INDONESIA” di https://lindungihutan.com/9000BTSARMY. Kampanye Alam yang berlangsung sejak Februari-Juli 2022 tersebut sukses mengumpulkan 1.737 pohon untuk kawasan mangrove di Kabupaten Cilacap.

Jaga Semangat, Mari Kita Hijaukan Bumi Kembali!

Apa yang dilakukan oleh ARMY Indonesia menunjukkan betapa pentingnya peran anak muda dalam mengawal isu-isu lingkungan maupun perubahan iklim. Nyatanya, K-Popers dan anak muda bisa menjadi ‘corong’ yang efektif untuk memobilisasi massa dalam melakukan aksi-aksi positif.

Bersama LindungiHutan, ARMY dan K-Pop fan base lainnya merupakan komunitas yang setia untuk #BersamaMengihijaukanIndonesia.  Kami mencatat setiap tahunnya ada lebih dari 10 Kampanye Alam yang diinisiasi oleh K-Pop fan base untuk menanam sebanyak mungkin pohon di Indonesia.

Tanpa disadari, peran mereka untuk ikut menghijaukan Indonesia memberi banyak dampak kebaikan bagi bumi dan lingkungan serta masyarakat. 

LindungiHutan berharap api semangat yang ada jangan sampai padam! Kekhawatiran akan dampak perubahan iklim dan krisis lingkungan yang ada mesti diwujudkan dalam solusi nyata.

Baca juga: Komunitas K-Pop Tercatat Mengumpulkan 9579 Pohon Selama Periode Januari-Agustus

Kami percaya, suara yang sudah mereka serukan selama ini bisa memberikan daya dorong bagi masyarakat umum untuk ikut serta #BersamaMenghijaukanIndonesia. Karena makin banyak mereka yang terlibat, maka semakin banyak pula ‘tangan’ yang ikut menjaga bumi kita.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh Annual Report LindungiHutan