Connect with us

Emisi Karbon

5 Kelebihan Kalkulator Jejak Karbon Imbangi!

Published

on

Carbon calculator

Seperti kita ketahui bersama, fenomena pemanasan global tidaklah muncul tiba-tiba. Berbagai aktivitas yang manusia lakukan ternyata menghasilkan emisi karbon yang dalam kurun waktu lama menjadi salah satu penyebab bumi memanas.

Maka dari itu, penting untuk menyadari besaran emisi yang dihasilkan dari aktivitas sehari-hari. Dari banyaknya kalkulator jejak karbon yang ada, Imbangi merupakan salah satu yang terbaik di antaranya.

Dengan Imbangi, Anda bisa mengetahui besar jejak karbon yang dihasilkan bahkan hingga melakukan carbon offsetting. Kenapa harus Imbangi? Berikut 5 kelebihan kalkulator jejak karbon Imbangi!

1. GRATIS

Yup, Anda tidak salah membaca. Untuk menghitung jejak karbon menggunakan kalkulator karbon Imbangi Anda tak dikenai biaya apapun. GRATIS!!! Anda juga tidak dibatasi untuk melakukan berapa kali perhitungan layaknya versi trial atau freemium. Hasil perhitungan emisi karbon bisa Anda dapatkan langsung setelah selesai memasukkan data yang dibutuhkan.

Imbangi bisa digunakan baik oleh individu, perusahaan korporasi, UMKM, atau siapapun yang memerlukan perhitungan emisi karbon.

2. Mudah Digunakan

tutorial-kalkulator-jejak-karbon-Imbangi

Barangkali mendengar istilah kalkulator jejak karbon, hal pertama yang terlintas di kepala adalah rumit! Padahal, penggunaan kalkulator karbon Imbangi hanya memerlukan 3 langkah saja untuk mengetahui hasilnya. 

Anda hanya perlu membuka laman https://m.lindungihutan.com/imbangi/, kemudian memilih kategori perhitungannya, mengisi sedikit data yang diminta, dan voila! Besaran jejak karbon Anda sudah dapat diketahui!

Coba Imbangi GRATIS di Sini!

Ada berbagai banyak kategori perhitungan yang dapat Anda coba dengan mudah. Cukup beberapa langkah saja untuk mengetahui besar emisi karbon yang dihasilkan

Kalkulator jejak karbon Imbangi.

3. Banyak Kategori Perhitungan

Kalkulator-jejak-karbon-Imbangi-

Melalui kalkulator jejak karbon Imbangi, Anda dapat menghitung jejak karbon yang dihasilkan dari berbagai aktivitas. Imbangi menyediakan berbagai kategori perhitungan seperti AC (pendingin ruangan), bahan bakar industri, kendaraan, konsumsi listrik wilayah, peralatan listrik, dan ternak.

Kategori tersebut juga akan terbagi lagi ke dalam jenis-jenis yang lebih spesifik. Seperti misalnya kategori peralatan listrik yang di dalamnya kamu bisa menghitung emisi dari penggunaan kipas angin, komputer, laptop, kulkas, televisi, dan lain sebagainya.

Jadi, tak perlu khawatir dengan banyaknya jenis aktivitas yang Anda lakukan selama seharian. Karena dengan Imbangi, aktivitas tersebut dapat dihitung besar emisi karbonnya!

4. Terpercaya

kalkulator-karbon-Imbangi

Buat Anda yang penasaran dengan cara kerja kalkulator jejak karbon Imbangi, Tim Research and Development LindungiHutan menggunakan kalkulasi yang sesuai dengan IPCC dan jurnal-jurnal ilmiah pendukung. Jadi, dapat dipastikan hasil perhitungan emisinya valid.

Secara umum, menghitung emisi menggunakan carbon calculator membutuhkan dua data utama yaitu data aktivitas dan faktor emisi. Nantinya, data dari aktivitas tersebut akan dikalikan dengan faktor emisi setiap kategorinya.

5. Integrasi Langsung Upaya Carbon Offset

Carbon-offsetting

Bukan hanya menghitung, tetapi Anda juga bisa ikut berkontribusi nyata menekan emisi karbon tersebut. Setelah menghitung jejak karbon dari Imbangi, Anda praktis dapat melakukan tebus karbon secara langsung melalui penanaman pohon.

Caranya, dengan menekan menu “Tebus Emisi Karbon”, lalu Anda akan diminta memilih lokasi penanaman yang ada. Setelah itu, jenis pohon, jumlah pohon yang akan ditanam, dan estimasi biaya yang dibutuhkan akan disesuaikan dengan besaran emisi yang Anda hasilkan sesuai perhitungan yang dilakukan. Terakhir, Anda akan diarahkan ke halaman transaksi dan melakukan pembayaran.

Selain individu atau perorangan, LindungiHutan juga mengajak perusahaan Anda bukan hanya menghitung besar konsumsi emisi karbon akvitas bisnis, tetapi juga melakukan carbon offsetting dengan menanam mangrove. Penanaman mangrove tersebut akan dilakukan di 5 lokasi yang tersebar di Pulau Jawa.

Selama kerja sama carbon offsetting, LindungiHutan memberikan jaminan pengamanan keberadaan pohon, replant atau penyulaman, penanaman di area tersendiri, site visit berkala oleh tim LindungiHutan dan juga monitoring serta reporting.

Itulah 5 alasan kenapa kamu mesti menggunakan kalkulator jejak karbon Imbangi. Karena selain GRATIS, ada banyak kelebihan dan kemudahan yang ditawarkan. Jadi, ayo segera coba Imbangi dan tanam pohonmu bersama LindungiHutan!

Hitung Emisi Karbonnya dengan Kalkulator Jejak Karbon Imbangi, Lakukan Carbon Offsetting Bersama LindungiHutan

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rawat Bumi LindungiHutan