Connect with us

Bisnis Lestari

Klinik Terapung Rimba Raya: Asa untuk Mewujudkan Kemudahan Akses Kesehatan di Wilayah Pedalaman

Published

on

Melihat klinik terapung Rimba Raya Conservation.

Rimba Raya Conservation sangat menyadari, meskipun ada upaya dari pemerintah dan entitas internasional, kebutuhan akan kesehatan orang-orang yang terpinggirkan masih belum terpenuhi. Sumber daya yang tidak memadai, alokasi yang kurang tepat, hingga kualitas yang belum mumpuni menjadi hambatan utama bagi ketersediaan perawatan kesehatan yang efektif dan terjangkau bagi masyarakat kurang mampu.

Berkaca kepada fakta tersebut, Rimba Raya Conservation lantas membangun klinik terapung untuk memberi akses bagi desa-desa terpencil sekalipun layanan kesehatannya masih sangat terbatas.

Rimba Raya melakukan program penyuluhan kesehatan untuk 7 desa di wilayah konsesi pada Mei 2019. Program penyuluhan tersebut sangatlah sukses. Bahkan, pada bulan Desember 2019 dilakukan penambahan bagi 3 desa baru.

Dengan adanya klinik terapung rimba raya ini, anak-anak dan wanita khususnya mendapat manfaat yang besar. Wanita hamil diberikan pendampingan dan pemantauan. Anak-anak disediakan suplemen dan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Klinik terapung juga memenuhi kebutuhan mendesak untuk menjangkau orang-orang yang memiliki akses terbatas ke pelayanan kesehatan dan profesional. Pendanaan dari mitra memungkinkan Rimba Raya Conservation senantiasa bergerak maju dengan visi menyediakan perawatan kesehatan kritis di daerah terpencil.

Klinik terapung adalah salah satu inisiasi program Rimba Raya Conservation.
Suasana pengobatan di klinik terapung Rimba Raya. Melalui klinik terapung ini, anak-anak dan wanita khususnya mendapat manfaat yang besar.

Pelayanan yang diberikan oleh tenaga kesehatan profesional serta didukung tim Rimba Raya memberikan manfaat bagi mereka yang lemah, lanjut usia, hamil, dan tentu saja anak-anak di komunitas setempat. Mereka semua adalah yang memiliki sumber daya terbatas dan tidak dapat melakukan perjalanan ke rumah sakit lantaran terkendala jarak jauh dan biaya layanan.

Rimba Raya berkomitmen akan terus meningkatkan jumlah dan jangkauan layanan kesehatan. Sejauh ini, total sudah ada 2.164 pasien (warga desa binaan) mendapatkan manfaat langsung pelayanan kesehatan. Sistem barter bibit pohon/sampah dilakukan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis. Tentu sebuah cara yang murah dan memudahkan masyarakat.

Baca juga: Atasi Pencemaran Sampah, Rimba Raya Conservation Inisiasi Berbagai Program Menarik

RImba Raya Conservation berharap dapat memperluas kemitraan yang telah dijalin baik dengan pemerintah maupun pihak terkait. Melalui adanya kerja sama tersebut, akses layanan kesehatan di wilayah konsesi bisa terus ditingkatkan dan dimaksimalkan.

COVID-19 dan Upaya-Upaya dalam Menyikapinya Melalui Program Kapal Terapung Rimba Raya

Wajar, kondisi pandemi yang mengamuk di seluruh dunia membuat layanan kesehatan menjadi isu yang lebih penting dari sebelumnya. Tahun 2020, Rimba Raya Conservation telah melakukan 3 perjalanan penyuluhan kesehatan dengan klinik terapung ke semua desa di zona proyek. Untungnya, COVID-19 berdampak kecil di wilayah desa binaan.

Ketika dalam masa kritis seperti pandemi COVID-19, Rimba Raya mengambil aksi nyata melalui sumber daya yang dimiliki untuk memberikan edukasi bagi masyarakat setempat. Melalui program kapal terapung, Rimba Raya membantu mereka dalam memahami apa itu COVID-19? Bagaimana proses penyebarannya? Serta apa yang harus dilakukan masyarakat agar dapat melindungi diri sendiri dan orang lain. Edukasi menjadi langkah pertama yang penting dalam menetapkan prosedur dan protokol yang efektif.

Masyarakat sudah semestinya memahami tentang virus COVID-19, sehingga mereka dapat mengikuti pedoman yang dibuat untuk melindungi mereka. Lebih jauh, Rimba Raya Conservation turut berpartisipasi dalam menyediakan masker, informasi, pengobatan, dan sosialisasi mengenai budaya dan gaya hidup yang harus disesuaikan dalam rangka menyikapi pandemic COVID-19.

Baca juga: Perempuan dan Peran Pentingnya Menurut PT Rimba Raya Conservation

Tentang Rimba Raya Conservation

Rimba Raya Conservation adalah proyek yang mengelola cagar keanekaragaman hayati bersama pengembangnya InfiniteEARTH. Sejak tahun 2008, Rimba Raya Conservation telah melakukan proses pengenalan dan pemantauan pada areal yang kini menjadi konsesi Perizinan Berusaha Pemanfaatan Hutan di Seruyan, Kalimantan Tengah.

Bersama dengan Orangutan Foundation International (OFI) dan Infinite Earth, proses panjang untuk skema Avoided Deforestation Plan dengan proyek REDD+ pertama di Indonesia akhirnya membuahkan hasil.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Unduh Annual Report LindungiHutan