Connect with us

Hutanpedia

Tanaman Penghijauan untuk Pelestarian Lingkungan

Published

on

Tanaman penghijauan lingkungan

Tanaman penghijauan merupakan tanaman yang memberikan manfaat untuk lingkungan dan masyarakat. Tidak sembarangan tanaman untuk penghijauan lingkungan, ada beberapa pohon yang bagus untuk menjaga kualitas tanah dan mendukung hidup berkelanjutan. 

Pohon-pohon yang berakar tunggang dan berdaun hijau pekat dapat menjaga stabilitas unsur tanah dan ekosistem. Meskipun semua tanaman semuanya memiliki manfaat yang besar untuk sustainability.

Mengapa Program Penghijauan Penting dalam Pelestarian Lingkungan?

Jenis tanaman penghijauan  tidak hanya penting bagi lingkungan manusia, tetapi juga menjadi dasar bagi keberlanjutan dan kesehatan sistem lingkungan dalam jangka panjang.

Tanaman hijau menyerap karbon dioksida dari atmosfer dan menghasilkan oksigen yang dibutuhkan untuk kehidupan. Maka dari itu, tindakan penghijauan meningkatkan sumber makanan dan perlindungan yang baik.

1. Mengurangi Karbon Dioksida

Tanaman menggunakan karbondioksida saat berfotosintesis dengan mengeluarkannya dari atmosfer. Akibat penggundulan hutan menyebabkan meningkatnya kadar karbondioksida yang berisiko pemanasan global. 

Bank Dunia memperkirakan bahwa sebanyak 50% dari pemanasan global selama 50 tahun terakhir diakibatkan oleh perubahan pola penggunaan lahan dan penggundulan hutan di zaman modern. Rata-rata lebih dari 26 pon karbondioksida per tahun. 

2. Pendinginan Alami dan Stabilisasi Tanah

Daun-daun dapat menghalangi efek panas matahari. Sehingga tanaman berdaun hijau dapat mendinginkan melalui transpirasi.

Transpirasi merupakan proses penguapan air dari pori-pori tumbuhan, mendingan lingkungan melalui pendinginan evaporatif.  Tumbuhan dapat menstabilkan tanah melalui akarnya, mengikat tanah dan melalui daunnya dengan mencegah tetesan air hujan mengikis tanah. Selain itu, juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas air. 

Baca juga: 10+ Manfaat Menanam Pohon untuk Lingkungan dan Manusia

3. Perlindungan

Tanaman penghijauan terutama pohon atau semak belukar menyediakan perlindungan dan tempat berteduh bagi banyak hewan dan tumbuhan lainnya. Pohon memberikan naungan untuk tumbuhan kecil.

Apabila penebangan pohon dilakukan dan dikombinasikan dengan kekeringan maka bisa menyebabkan angin mengikis lapisan tanah dari banyak lahan pertanian sehingga berdampak pada kerusakan tanaman.

Salah satu solusi untuk menangani kondisi seperti ini adalah menanam deretan pohon di sekitar lahan pertanian untuk menghalangi angin.

4. Meningkatkan Reputasi dan Keuangan Perusahaan

Memberikan perhatian lebih pada lingkungan berdampak bagus untuk reputasi perusahaan. Sebab, kita semua dapat dikatakan bergantung pada kondisi lingkungan sekitar.

Selain itu, jika perusahaan menerapkan penghijauan dapat meningkatkan minat kolaborasi atau kerjasama antar perusahaan. Alhasil, berdampak pada keuangan perusahaan yang stabil. 

Mengenal Lebih Dekat Tanaman Penghijauan

Tanaman penghijauan merupakan jenis tanaman yang hebat dalam melawan polusi, mengurangi limpasan air hujan, dan membantu mendinginkan lingkungan. Tanaman mengandung (evapotranspirasi) ET yang lebih tinggi dibandingkan lainnya, naungan, dan refleksi bagus. 

Semakin besar tajuk dan semakin besar tingkat ET tanaman, maka semakin besar pula dampaknya

Warna daun tanaman yang terang menyebabkan suhu daun lebih rendah dan refleksi energi lebih besar.  Hanya saja, hal ini hanya berdampak pada pendinginan ketika ET tinggi (misalnya, dengan tanaman yang disiram dengan baik) sehingga bermanfaat untuk meredam pemanasan global dan ekosistem.

Contoh Tanaman Penghijauan

Ada beberapa contoh jenis tanaman penghijauan yang bagus di antaranya sebagai berikut: 

  • Salvia ( Salvia spp. dan cvs., Zona 4–9)
  • Telinga domba ( Stachys byzantina dan cvs., Zona 4–8)
  • Heuchera ( Heuchera spp. dan cvs., Zona 4–9)
  • Maple sycamore ( Acer pseudoplatanus * dan cvs., Zona 4–7)

Baca juga: Simak Hasil Publikasi Ilmiah LindungiHutan di Widyantara

LindungiHutan Menanam Lebih Dari 800 RIBU Pohon di 50 Lokasi Penanaman Bersama 500+ Brand dan Perusahaan

Penulis: Risa Fitriana

Survey LindungiHutan