Connect with us

Mitra Hijau

Mirae Asset Sekuritas Laksanakan CSR Lingkungan dengan Menanam 200 Pohon di Jakarta

Published

on

Mirae Asset Sekuritas Laksanakan CSR Lingkungan dengan Menanam Pohon di Jakarta..
Bersama LindungiHutan, PT Mirae Asset Indonesia turut serta menghijaukan Jakarta melalui inisiasi kampanye alam bertajuk ‘Pohon Mirae Asset Sekuritas Lindungi Jakarta’.

Melalui program CSR lingkungan tersebut, Mirae Asset menanam 200 pohon mangrove di Ekowisata Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK), Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara pada 18 Juni 2022. Peralihan fungsi mangrove menyebabkan meningkatnya sedimen, abrasi, dan menurunnya kualitas tanah di kawasan PIK. Maka dari itu, perlu upaya restorasi dan konservasi lingkungan.
Video kegiatan penanaman pohon Mirae Asset Sekuritas dan LindungiHutan di Ekowisata Hutan Mangrove PIK, Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara.

PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia adalah sebuah perusahaan Investasi dengan berbagai layanan lengkapnya yang berlokasi di Jakarta dan beroperasi sejak tahun 1994.

Adapun, layanan yang dimaksud seperti Pialang Saham (Perdagangan Online dan Offline), MAXFUND (Platform Perdagangan Reksadana Online), dan Investasi Perbankan) Penjamin IPO, NCD. MTN. REPO.

PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia adalah bagian dari bisnis global Mirae Asset Daewoo Group yang saat ini memiliki 25 Office Education dan galeri-galeri untuk melakukan pendidikan yang baik untuk nasabah dan turut membantu dalam pembukaan rekening untuk pelanggan baru di seluruh wilayah Indonesia.

Sebagai institusi finansial terdepan di Korea, Mirae Asset ingin memastikan semua kegiatan Investasi berdasarkan pada prinsip yang wajar dan kecakapan yang diakumulasikan dari pengalaman yang luas di dunia Investasi. Perusahaan juga bekerja keras untuk memberikan para klien nilai yang lebih dan membantu mewujudkan masyarakat yang dinamis dan bersemangat melalui Investasi.

Baca juga: PT Smart Multi Finance Menanam 150 Pohon di Hutan Mangrove Jakarta

Program dan Proyek CSR Mirae Asset Sekuritas Indonesia

Tentu, Mirae Asset sebagai sebuah perusahaan menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai bentuk tanggung jawab kepada masyarakat dan lingkungan. Adapun, beberapa program CSR tersebut seperti bantuan penanggulangan COVID-19 Pasar Modal Peduli Indonesia.

Mirae Asset Sekuritas sebagai anggota Bursa Efek Indonesia berkomitmen sebisa mungkin untuk membantu pemerintah menanggulangi pandemik dari berbagai aspek. Perusahaan juga mengikuti program Bantuan Penanggulangan Pandemi yang diselenggarakan dengan kerja sama BEI, KPEI, dan KSEI.

Perusahaan memberikan dana tunai sebesar Rp100.000,00 ke rekening Pasar Modal Peduli Indonesia untuk disalurkan melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Mirae Asset Gelar CSR Lingkungan Bersama LindungiHutan

Salah satu petinggi Mirae Asset Sekuritas ikut menanam mangrove di Jakarta.
Seorang perwakilan Mirae Asset Sekuritas Indonesia ikut terlibat menanam bibit mangrove di Ekowisata Hutan Mangrove PIK, Jakarta secara langsung didampingi LindungiHutan (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Sebagai perusahaan yang bergerak di lingkup Investasi, Mirae Asset nyatanya juga menaruh konsen terhadap upaya-upaya pelestarian lingkungan. Hal tersebut dibuktikan dengan program CSR lingkungan yang diselenggarakannya.

Bersama LindungiHutan, PT Mirae Asset Indonesia turut serta menghijaukan Jakarta melalui inisiasi kampanye alam bertajuk ‘Pohon Mirae Asset Sekuritas Lindungi Jakarta’.

Melalui kampanye alam tersebut, Mirae Asset sukses mengumpulkan 200 pohon Mangrove Rhizophora dan telah ditanam di Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta pada 18 Juni 2022. Proses penanaman pohon berjalan dengan lancar dan dibantu oleh Pengelola Ekowisata PIK.

Aksi nyata PT Mirae Asset Indonesia untuk ikut berpartisipasi langsung bersama-sama menghijaukan Indonesia seharusnya kita apresiasi bersama. Kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian alam dan merawat bumi kita agar senantiasa hijau perlu ditanamkan dan dilakukan oleh banyak orang dan pihak. Dengan demikian, akan makin banyak ‘mata’ yang mengawasi dan ‘tangan’ yang melindungi alam kita.

Baca juga: Gramedia Ecoliteracy: Program Penghijauan 250 Pinus di Gunung Andong Bersama LindungiHutan

Jalankan Program CSR Lingkungan Bersama LindungiHutan

Ingin jalankan program CSR yang berdampak dan berkelanjutan? LindungiHutan solusinya! Kami telah membantu 450+ perusahaan dan brand dalam melakukan aksi penghijauan di seluruh Indonesia.

200 Bibit Mangrove Ditanam di Ekowisata Hutan Mangrove PIK, Jakarta

Hutan mangrove PIK adalah sebuah kawasan ekowisata yang eksis di tengah-tengah perubahan lahan Jakarta Utara, yaitu Ekowisata Mangrove PIK.

Selain menjadi wisata keluarga, spot pemotretan, prewedding, dan shooting, mangrove di daerah Jakarta bagian utara ini juga berperan besar dalam upaya pencegahan abrasi pantai, penyeimbang kualitas air dan udara, dan mencegah intrusi air laut.

Tidak hanya dari segi ekologi, secara ekonomi mangrove juga memberikan kontribusi langsung terhadap pendapatan masyarakat seperti penyerapan tenaga kerja serta tambak hewan laut di daerah pesisir.

Sayangnya, tidak mudah menjaga ekosistem mangrove. Sebab, keberadaan hutan mangrove berangsur-angsur berubah menjadi tempat permukiman, kondominium, pusat bisnis, rekreasi, dan lapangan golf yang dilakukan tanpa memperhatikan kondisi mangrove itu sendiri.

Peralihan fungsi mangrove menyebabkan meningkatnya sedimen, meningkatnya abrasi, dan menurunnya kualitas tanah di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta Utara. Dengan keadaan semacam ini, lambat laun akan berimbas dengan penurunan jasa ekosistem yang tersedia. Jasa ekosistem menjadi makin berkurang atau bahkan hilang sehingga menimbulkan ketidaknyamanan, kerugian ekonomi, dan ancaman bencana.

Baca juga: PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) Tanam 300 Pohon di Jakarta

Manfaat dan Keunggulan Menanam Pohon Bakau

Mirae Asset Indonesia bersama LindungiHutan menginisiasi kampanye alam penanaman pohon sebagai langkah konservasi dan restorasi lingkungan.

Pohon Mangrove Rhizophora dipilih karena hutan mangrove memiliki banyak manfaat seperti:

  • Mencegah abrasi dan erosi tanah,
  •  Menahan angin kencang dari laut,
  • Menahan proses penimbunan lumpur,
  • Menjaga wilayah penyangga dan menyaring air laut menjadi air tawar di daratan,
  • Mengolah limbah beracun, menghasilkan oksigen, dan menyerap karbon dioksida,
  • Tempat berlindung, bersarang, dan berkembang biak burung atau satwa lain,
  • Tempat memijah dan berkembang biak ikan, keran, kepiting, dan udang.

Baca juga: AXA Mandiri dan MAGI Menanam 100 Mangrove di Pulai Pari, Kepulauan Seribu

Semoga penanaman pohon mangrove yang diinisiasi oleh Mirae Asset Sekuritas bisa membawa kebaikan bagi lingkungan dan masyarakat setempat.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Sedekah Pohon LindungiHutan