Powered by ProofFactor - Social Proof Notifications

Hino Finance Indonesia Gelar Penanaman 2.000+ Mangrove di Jakarta dan Tangerang

PT Hino Finance Indonesia dan LindungiHutan menjalin kerjasama untuk penanaman pohon mangrove di Jakarta dan Tangerang. Kolaborasi ini terjalin sebagai upaya nyata bersama menghijaukan Indonesia
Hino Finance Indonesia dan LindungiHutan Berkerjasama untuk Pelaksanaan CSR Lingkungan dengan Menanam Pohon di Jakarta dan Tangerang.

PT Hino Finance Indonesia (HFI) adalah perusahaan joint venture dengan dan antara Hino Motors Ltd, Summit Global Auto Management B.V, dan PT Indomobil Multi Jasa Tbk.

HFI  bergerak di bidang pembiayaan kendaraan merek Hino dan juga berkomitmen guna memberikan yang terbaik bagi seluruh pelanggan di Indonesia.

PT Hino Finance Indonesia didirikan di Jakarta, Indonesia dengan Akta Pendirian Nomor 45 tanggal 11 Juli 2014 yang dibuat di hadapan notaris Popie Savitri Martosuhardjo Pharmanto, SH. HFI telah memperoleh persetujuan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada tanggal 14 Juli 2014 dengan Nomor AHU-17318.40.10.2014.

Baca juga: PT Pigeon Indonesia Lakukan Penghijauan Indonesia

Hino Menanam Mangrove bersama LindungiHutan Sebanyak 2.000+ Pohon

Penyerahan bibit mangrove secara simbolik dari Hino Finance kepada LindungiHutan dalam implementasi program CSR lingkungan.
Penyerahan bibit mangrove secara simbolik dari PT Hino Finance Indonesia kepada perwakilan LindungiHutan di Ekowisata Hutan Mangrove PIK Jakarta Utara (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Bersama LindungiHutan, PT Hino Finance Indonesia turut berkontribusi dalam menghijaukan Indonesia melalui kampanye alam bertajuk “Green Action with Hino Finance Indonesia” yang dilaksanakan di 2 kawasan penghijauan yaitu Eduwisata Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk dan muara sungai Cisadane desa Tanjung Burung, kecamatan Teluk Naga, kabupaten Tangerang pada tanggal 26 April 2022.

Kegiatan tersebut menjadi kabar baik bagi kita semua, sebab kontribusi nyata yang telah diberikan oleh PT Hino Finance Indonesia bersama dengan LindungiHutan menjadi langkah yang patut diapresiasi. Langkah tersebut bisa menjadi contoh awal perjalanan bagi kita semua untuk ikut berkolaborasi melestarikan bumi.

PT Hino Finance Indonesia sendiri melakukan penanaman pohon mangrove Rhizophora sp. di dua lokasi yang berbeda. Lokasi yang pertama terletak di Muara Cisadane dengan jumlah pohon 2,300. Kemudian, di lokasi kedua yaitu di Jakarta Utara terdapat 600 pohon yang juga berhasil ditanam.

Total, telah ada 2.900 pohon bakau yang ikut menghijaukan Indonesia. Pohon yang Hino Finance Indonesia dan LindungiHutan diharapkan mampu membantu penyerapan emisi karbon yang menjadi salah satu penyebab bencana perubahan iklim dan mencegah terjadinya abrasi.

Sekilas tentang Muara Cisadane dan Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta

Mitra petani bibit LindungiHutan di jakarta menanam mangrove di hutan mangrove PIK, Jakarta.
Mitra penggerak penghijauan dan petani bibit melakukan kegiatan penanaman bibit pohon bakau di hutan mangrove PIK hasil kolaborasi LindungiHutan dan PT Hino Finance Indonesia (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Pemilihan kedua lokasi penanaman tersebut tentu atas dasar beberapa pertimbangan. Muara Cisadane adalah salah satu muara yang ada di Pulau Jawa, tepatnya di Kabupaten Tangerang. Bermula dari sampah yang hanyut terbawa air sungai, sebuah daratan kecil yang tadinya kosong dan hanya dihuni tanaman mangrove kini berubah menjadi pulau sampah.

Selama bertahun-tahun, sampah dari wilayah sekitar Sungai Cisadane, Tangerang tersangkut di pulau kecil tersebut. Akibatnya, sampah-sampah menumpuk dan mengeras layaknya tanah. Kondisi ini makin diperparah karena tidak adanya upaya penanggulangan yang dilakukan, sehingga muara sungai juga mengalami pendangkalan. Bahkan, ‘pulau sampah’ ini makin meluas lantara adanya endapan sampah di dasar sungai dan laut hingga membuat tempat tersebut dapat dipijak.

Kini, setelah sekian tahun, warga desa Tanjung Burung, kecamatan Teluk Naga, kabupaten Tangerang, Banten, mengeluhkan kondisi lingkungannya di muara Sungai Cisadane. Warga menyebut sebagian besar sampah merupakan limbah industri dan juga rumah tangga.

Penanaman mangrove di pinggiran muara sungai Cisadane, Tangerang.
Lokasi penanaman mangrove PT Hino Finance Indonesia di pinggiran muara sungai Cisadane sebagai upaya kolaborasi untuk bumi bersama LindungiHutan (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Lain tempat lain masalah pula, pemilihan lokasi penanaman di Pantai indah Kapuk (PIK) merujuk kepada perannya sebagai wilayah yang menjadi benteng abrasi serta erosi di kawasan pantai Jakarta. Terdapat kawasan wisata hutan mangrove dengan luas mencapai 99 hektare di Ekowisata Hutan Mangrove PIK, Jakarta Utara. Di mana 40% lahan di kawasan hutan mangrove digunakan untuk konservasi hutan yang asri dan alami.

Nyatanya, Jakarta tetap menjadi daerah rawan banjir sebab penyerapan airnya yang masih buruk serta ditambah naiknya permukaan air laut.

Masyarakat ikut terlibat menanam pohon mangrove di pinggiran sungai Cisadane.
Mitra penggerak dan pemuda setempat ikut serta menanam bibit mangrove di pinggiran muara sungai Cisadane desa Tanjung Burung, kecamatan Teluk Naga, kabupaten Tangerang (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Berkaca pada dua persoalan di kedua wilayah tersebut, PT Hino Finance Indonesia ikut mengambil peran bersama LindungiHutan untuk melakukan konservasi dan restorasi lingkungan dengan melakukan penanaman 2.900 pohon Mangrove Rhizophora.

Tanaman mangrove ini mempunyai banyak manfaat seperti:

  • Mangrove Rhizophora mampu mengendapkan lumpur di akar-akar pohon bakau sehingga mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratan,
  • Akar pohonnya dapat mempercepat penguraian limbah organik dan kimia yang dapat mencemari laut,
  • Selain itu, buah mangrove juga bisa diolah menjadi beberapa produk makanan, misalnya dodol, kopi, dan sirup mangrove.

Semoga apa yang telah ditanam oleh PT Hino Finance Indonesia bersama LindungiHutan akan berbuah manfaat serta kebaikan-kebaikan yang melimpah bagi masyarakat sekitar.

Ikut Ambil Peran Menghijaukan Indonesia sepert PT Hino Finance Indonesia

LindungiHutan telah berkolaborasi dengan 200+ mitra hijau dari brand lokal dan perusahaan untuk berperan nyata dengan menanam pohon. Kami menjalin kemitraan dengan 40+ mitra penghijauan lapangan dan petani bibit untuk memberikan dampak sosial-lingkungan berkelanjutan.

Muhamad Iqbal
Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.