Connect with us

Mitra Hijau

Scarlett Whitening Menanam 3.000 Pohon di 4 Daerah Rayakan Hari Sejuta Pohon

Published

on

Scarlett Whitening menjalin kerjasama dengan LindungiHutan untuk melakukan penghijauan pada Hari Sejuta Pohon.

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan total jumlah pulaunya mencapai 16.771. Sebagai negara kepulauan yang besar kita patut bersyukur karena dilimpahi dengan kekayaan alam yang melimpah. Kekayaan tersebut salah satunya berupa keberadaan hutan mangrove yang luas.

Mengutip dari laman kkp.go.id, diketahui bahwa luas mangrove Indonesia seluas 3.364.076 Ha. Namun, luasan hutan mangrove tersebut nyatanya masih belum cukup menjadi benteng alam guna melindungi masyarakat sekitar pantai. Buktinya, tingkat abrasi di pesisir utara Pulau Jawa masih tinggi. Terdapat 7.957,89 hektare wilayah pesisir yang hilang akibat abrasi.

Berkaca pada persoalan tersebut, Scarlett Whitening melakukan kolaborasi bersama LindungiHutan untuk upaya penghijauan di beberapa daerah.

Kolaborasi Program Penghijauan Brand Skincare Scarlett Whitening Bersama LindungiHutan

Proses penanaman pohon hasil kerjasama dengan Scarlett Whitening oleh mitra penggerak penghijauan LindungiHutan.
Proses penanaman Mangrove Rhizophora hasil kerjasama LindungiHutan dan brand Scarlett Whitening oleh mitra penggerak penghijauan (Dok: Bussines Development/LindungiHutan).

Sebagai upaya mendukung pelestarian alam, brand Scarlett Whitening menginisiasi kampanye alam bertajuk #SayangiDiriSayangiBumi. Dalam rangka menyambut Hari Gerakan Sejuta Pohon, brand perawatan kulit ini berkolaborasi dengan LindungiHutan menanam pohon mangrove Rhizophora sp. sejumlah lebih dari 3.000 pohon di berbagai daerah, mulai dari Kendal, Bontang, Semarang, hingga Demak.

Scarlett Whitening merupakan brand kecantikan yang sudah berdiri sejak tahun 2017. Lahir dari tangan dingin seorang artis dan presenter kondang Felicya Angelista. Scarlett menghadirkan produk kecantikan untuk perawatan wajah, tubuh, dan juga rambut. Produk-produk tersebut selain dapat mencerahkan kulit juga aman bagi pengguna karena terbebas dari kandungan Mercuri dan Hydroquinone.

“Meskipun Scarlett adalah brand yang bergerak di bidang kecantikan, namun kami ingin berkontribusi langsung melakukan penanaman pohon demi menjaga keberlangsungan lingkungan dan makhluk hidup. Kami ingin menyebarkan awareness bahwa selain menyayangi diri, kita juga tidak boleh lupa untuk menyayangi bumi. Daerah-daerah yang kami pilih merupakan daerah yang yang terdampak abrasi cukup parah, kami berharap reboisasi hutan mangrove bersama LindungiHutan bisa membantu mencegah abrasi tersebut,” Ungkap Felicya Angelista, Owner Scarlett.

Baca juga: Scarlett Whitening Tanam 1.666 Pohon di Pantai Bahagia Bekasi

Komitmen brand Scarlett Whitening terhadap kepedulian lingkungan sudah seharusnya kita apresiasi. Kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian alam harus dimiliki oleh semua orang, termasuk juga bagi industri maupun perusahaan. Apa yang sudah didedikasikan oleh Scarlett dalam menghijaukan Indonesia patut untuk diikuti jejaknya oleh berbagai pihak lain.

Di lain pihak, Miftachur “Ben” Robani, CEO LindungiHutan mengaku senang dengan kerja sama yang dijalin bersama brand Scarlett Whitening. Sebab, hal tersebut menjadi pencapaian nilai yang selama ini LindungiHutan pegang yaitu “Bersama Menghijaukan Indonesia”.

“Bagi LindungiHutan, kerja sama dengan Scarlett merupakan pencapaian nilai kolaborasi yang kami pegang, yaitu: “Bersama Menghijaukan Indonesia”. Ketika pesan menjaga lingkungan terkadang sulit dicerna semua orang, konsumen diberikan pilihan untuk menjaga kecantikan dirinya sekaligus mendukung brand yang punya komitmen dalam ikut menjaga lingkungan hidup. Kami berharap, makin banyak konsumen Indonesia yang peduli dengan berbagai upaya konservasi lingkungan, serta melakukan tindakan nyata untuk mencegah kerusakan alam yang lebih parah,” Tutur Ben.

Mari Berkolaborasi dan Bekerjasama untuk Penghijauan Bersama LindungiHutan

LindungiHutan merupakan startup yang mempermudah brand dan perusahaan menjalankan program CSR lingkungan atau TJSL dengan menjalin kemitraan bersama 30+ masyarakat lokal di berbagai daerah di Indonesia. Ayo membuat dampak kebaikan untuk lingkungan dan sosial dengan mudah.

Scarlett Whitening Menanam Ribuan Pohon di 4 Daerah

Dalam kampanye alam ini, Scarlett Whitening bersama LindungiHutan memilih lokasi penanaman pohon Mangrove Rhizophora di 4 daerah yang berbeda yaitu Kendal, Bontang, Semarang, dan Demak. Semua lokasi tersebut dipilih dengan mempertimbangkan berbagai alasan. Ke-4 daerah tersebut memiliki isu lingkungan yang serupa yaitu bencana abrasi yang kian hari makin meresahkan penduduk setempat.

Lokasi penanaman pertama dilakukan di Pantai Kartika Jaya, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal yang dilakukan pada 2 Januari 2022. Pantai tersebut terletak dekat dengan tambak budidaya milik warga yang menjadi poros utama ekonomi warga setempat. Sayangnya, sejak tahun 2009 daerah Patebon terkena abrasi parah dan menyebabkan Pantai Kartika Jaya terkikis seluas lebih dari 60 hektare.

Bergeser menuju lokasi penanaman ke 2 yang dilaksanakan pada 2 Januari 2022, di Bontang Mangrove Park (BMP) yang terletak di Kota Bontang, Kalimantan Timur. BMP merupakan destinasi wisata dengan konsep Conservation, Education, and Adventure yang dicanangkan oleh Balai Taman Nasional Kutai. BMP diharapkan dapat menjadi sarana pendidikan mangrove yang terbaik di Indonesia. Dengan adanya BMP diharapkan akan berimplikasi pada kualitas ekosistem mangrove yang makin baik dan lebih terjaga.

Selanjutnya, LindungiHutan dan Scarlett juga menanam mangrove di Desa Bedono Kabupaten Demak pada 3 Januari 2022. Desa Bedono dipilih sebagai lokasi penanaman karena melihat potensi yang sangat prospektif di bidang perikanan, budidaya hasil laut, dan wisata bahari.

Akan tetapi, potensi tersebut urung termanfaatkan dengan maksimal karena potensi kenaikan air laut hingga 3 cm/tahun membuat daratan Demak terancam tenggelam dalam 10-20 tahun. Bahkan, saat ini telah ada 200 rumah penduduk yang tenggelam.

Baca juga: BFI Finance Menanam 1.000 Pohon di 4 Provinsi Bersama LindungiHutan

Lokasi penanaman terakhir berada di pesisir Tambakrejo, Tanjungmas, Semarang Utara, Kota Semarang. Tambakrejo adalah dusun paling utara di Kelurahan Tanjungmas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang yang dikenal sebagai desa nelayan.

Berbagai hasil tangkapan laut diperoleh para nelayan Tambakrejo untuk dijual langsung dalam keadaan segar maupun diolah terlebih dahulu. Laut yang selama ini menjadi tumpuan hidup nelayan Tambakrejo kini mulai mengancam masa depan. Ombak Laut Jawa secara perlahan mengikis daratan Tambakrejo dan mengancam tempat tinggal penduduk karena jarak pantai yang makin dekat.

Berkaca pada permasalahan yang dialami 4 daerah tersebut, LindungiHutan bersama Scarlett Whitening mengambil langkah nyata guna turut berkontribusi dalam upaya konservasi dan restorasi lingkungan. Upaya tersebut dilakukan dengan cara menanam pohon Mangrove.

Manfaat Menanam Pohon Mangrove

Rhizophora sp. diketahui menyimpan banyak manfaat bagi lingkungan seperti mampu mengendapkan lumpur di akar-akar pohon bakau sehingga bisa mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratan. Selain itu, tanaman bakau juga dapat mempercepat penguraian limbah organik dan kimia yang mencemari laut.

Semoga pohon mangrove yang ditanam brand Scarlett Whitening bersama LindungiHutan dapat memberikan manfaat baik bagi penduduk setempat dan juga bagi lingkungan. Kampanye alam ini masih merupakan awal perjalanan panjang dalam mewujudkan Indonesia yang hijau dan lestari.

Baca juga: Arei Outdoor Gear Tanam 1.000 Pohon di Kota Semarang, Jawa Tengah

Sedekah Pohon LindungiHutan