Connect with us

Mitra Hijau

Not Your Birthday Jewelry Sukses Tanam 300+ Pohon Trembesi di Lereng Gunung Salak Bogor

Published

on

Not Your Birthday Jewelry Sukses Tanam 300+ Pohon Trembesi di Gunung Salak Bogor.
Not Your Birthday (NYB) Jewelry dan LindungiHutan berkolaborasi untuk menjalankan program penghijauan hutan kembali. Melalui program bertajuk 'Buat Bogor Bersinar dengan Kilauan Pohonmu', 385 pohon telah ditanam di lereng Gunung Salak-Endah Bogor.

Keberadaan perhiasan bukan hanya sebagai alat untuk memperindah penampilan seseorang, melainkan juga merupakan simbol yang membawa arti dan kesan elegan. Inilah mengapa banyak orang kemudian mau menggunakan perhiasan. Sayangnya, tak banyak orang pula yang mau memakai perhiasan lokal. Padahal, kualitasnya tak kalah dengan milik brand-brand ternama. Di Indonesia salah satu brand perhiasan lokal yang berkualitas adalah Not Your Birthday Jewelry.

Not Your Birthday Jewelry atau dikenal NYB Jewelry adalah brand perhiasan wanita lokal dengan taraf internasional yang terbuat dari perak. NYB Jewelry hadir untuk menjawab minimnya ketertarikan masyarakat akan perhiasan lokal. Sebab, masih banyak masyarakat percaya jika perhiasan lokal memiliki kualitas yang rendah dan minim daya tarik. Faktanya, ada banyak perhiasan lokal yang memiliki kualitas sebanding bahkan lebih daripada perhiasan impor.

Dalam proses pembuatan produknya, Not Your Birthday Jewelry bekerja sama dengan pengrajin maupun seniman lokal untuk menciptakan ekosistem yang baik antara produsen, penjual, dan seniman Indonesia. Perhiasan yang berbahan dasar 925 sterling silver ini dibuat oleh pengrajin asal Bali, di mana keahliannya dalam mengolah emas dan perak telah diakui hingga mancanegara.

Baca juga: Keanu Beauty Hijaukan Bali dengan 320 Pohon Tabebuya

Dengan adanya kerja sama yang baik, Not Your Birthday Jewelry tidak hanya mempopulerkan kerajinan lokal, tetapi juga memberikan kesempatan bagi seniman dan pengrajin Indonesia untuk terus berkarya.

Not Your Birthday Jewelry Adakan Kampanye Alam “Buat Bogor Bersinar dengan Kilauan Pohonmu”

Sadar akan pentingnya menjaga kelestarian alam, membuat Not Your Birthday Jewelry ikut berpartisipasi dalam upaya penghijauan Indonesia.

Bersama dengan LindungiHutan, sebagai wujud nyata kontribusi terhadap alam NYB Jewelry menginisiasi kampanye alam bertajuk “Buat Bogor Bersinar dengan Kilauan Pohonmu”.

Melalui kampanye alam ini Not Your Birthday Jewelry sukses mengumpulkan 375 Pohon Trembesi dan telah ditanam di Gunung Salak Bogor oleh Relawan LindungiHutan Bogor dan juga peserta gabung aksi yang berjumlah 40 orang pada 09 Januari 2022.

Kampanye ini diharapkan bisa memberikan perubahan lingkungan dan mendorong masyarakat untuk peduli terhadap kelestarian lingkungan. Penanaman bibit pohon dapat menanggulangi kerusakan ekosistem yang ada serta meningkatkan suplai oksigen di atmosfer.

Pulihnya ekosistem, juga akan menjamin ketersediaan sumber daya yang menunjang keberlangsungan hidup manusia.

NYB Jewelry Bersama LindungiHutan Hijaukan Gunung Salak Bogor

Relawan LindungiHutan Bogor ikut berperan dalam proses penanaman Not Your Birthday (NYR) Jewelry.
Relawan LindungiHutan Bogor ikut berperan dalam proses penanaman Not Your Birthday (NYR) Jewelry di lereng Gunung Salak-Endah Bogor (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Gunung Salak Endah (GSE) terletak di sebelah barat Kabupaten Bogor, jarak tempuhnya kurang lebih 40 km dari Kota Bogor. Kawasan GSE merupakan hamparan pegunungan yang masih alami, sejuk, dan udaranya segar. Sayangnya, sebagai salah satu tempat wisata, kondisi Gunung Salak mengalami banyak kerusakan lingkungan akibat ulah manusia.

Ada banyak lahan yang dibuka oleh pengelola wisata tanpa memedulikan konsekuensi terhadap lingkungan. Imbasnya, sering terjadi tanah longsor dan banjir di daerah sekitar Gunung Salak akibat kurangnya vegetasi yang dapat menahan tanah dan menyerap curah hujan yang tinggi.

Salah satu cara paling mudah untuk mengatasi kerusakan lingkungan di Gunung Salak adalah dengan menanam bibit pohon. Upaya penghijauan di Gunung Salak dapat memulihkan ekosistem yang telah rusak dan meningkatkan suplai oksigen di atmosfer.

Maka dari itu, Not Your Birthday Jewelry bersama LindungiHutan menanam 375 Pohon Trembesi sebagai upaya restorasi dan pencegahan kerusakan alam lebih lanjut. Pohon Trembesi sendiri mempunyai banyak manfaat seperti:

  • Penyerap karbon yang efektif,
  • Daunnya baik untuk dijadikan kompos,
  • Tempat peristirahatan burung,
  •  Pohon Trembesi penyerap timbal yang baik,
  •  Sebagai pohon pelindung.
  •  Daunnya untuk pakan ternak,
  • Bijinya bisa diolah sebagai selai.

Baca juga: UNICHEF Melalui U-Report Indonesia Tanam 800+ Pophon di 6 Provinsi Bersama LindungiHutan

Melalui penanaman Pohon Trembesi tersebut harapannya akan memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat setempat. Semoga penghijauan Gunung Salak dapat meningkatkan nilai pariwisata yang mana akan meningkatkan pula perekonomian daerah tersebut.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Sedekah Pohon LindungiHutan