Connect with us

Mitra Hijau

AXA Group Dorong Karyawan Terlibat Aksi Peduli Lingkungan

Logo LindungiHutan - Green - Square - 1280 x 1280 pixels - PNG

Published

on

AXA Mandiri bersama LindungiHutan menanam 500 mangrove di PIK, Jakarta.

AXA Mandiri dan AXA merupakan entitas bisnis asuransi global AXA Group di Indonesia yang berfokus pada asuransi jiwa, asuransi umum, dan aset manajemen untuk memberikan solusi perlindungan, perencanaan keuangan, dan pengelolaan aset kepada masyarakat Indonesia di setiap tahap kehidupan mereka melalui berbagai jalur.

Sekilas tentang AXA Group

Di sektor asuransi jiwa, PT AXA Mandiri Financial Services mendistribusikan produk perlindungan dan layanan melalui jalur bancassurance. Sedangkan untuk jalur keagenan dilaksanakan oleh PT AXA Financial Indonesia. Di sektor asuransi umum, perlindungan masyarakat Indonesia diberikan oleh PT Mandiri AXA General Insurance. Lalu untuk pengelolaan aset dan investasi dilayani oleh PT Architas Asset Management Indonesia.

Setiap tahun, AXA Group mengadakan acara AXA Week for Good yang sebelumnya disebut Corporate Responsibility Week (CR Week). Kegiatan ini dilakukan selama satu minggu penuh yang melibatkan para jajaran direksi beserta karyawan untuk melakukan aksi positif dalam mendukung pilar utama keberlanjutan yaitu perubahan iklim dan keanekaragaman hayati serta perlindungan inklusif.

Karyawan dan direksi AXA Group Indonesia pada acara CSR AXA Week for Good.
Perwakilan karyawan AXA berfoto sebelum menanam mangrove pada seremoni AXA Week for Good di Ekowisata Mangrove PIK bersama LindungiHutan pada 6 Oktober 2021 (Dokumentasi: LindungiHutan/Business Development).

AXA Week for Good dilaksanakan setiap tahunnya sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab AXA Group untuk mendukung kualitas hidup masyarakat serta menjaga kelestarian lingkungan.

Selain banyak kegiatan yang diselenggarakan secara lokal, AXA Group juga menyelenggarakan tantangan global dengan semua koresponden AXA Hearts in Action.

Pada tahun 2021, karyawan AXA Group dari seluruh dunia bergabung untuk membersihkan sampah di pantai, sungai, hutan, dan jalan.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 24 jam penuh ini menjadi kesempatan bagi karyawan untuk belajar lebih banyak mengenai dampak sampah terhadap lingkungan, bagaimana mencegah, menggunakan kembali dan mendaur ulang sampah bila memungkinkan.

Acara tersebut menunjukkan bahwa AXA Group mendorong karyawan untuk berkumpul untuk mendedikasikan waktu dan sumber daya mereka untuk berbuat kebaikan bagi lingkungan sekitar.

Melalui aksi tersebut, AXA Group juga mendukung prinsip 3R dalam pengelolaan sampah, yaitu reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), dan recycle (mendaur ulang).

Aksi ini merupakan salah satu solusi yang bisa diterapkan mengingat permasalah sampah yang masih belum terselesaikan, baik di Indonesia maupun secara global.

Baca juga: Perjuangan Pak Ujang dan Rekan-rekan Menjaga Kelestarian Hutan Mangrove di Jakarta

AXA Week for Good: Penanaman 500 Mangrove di Jakarta

Pada tanggal 6 Oktober 2021, AXA Group telah selesai melaksanakan penanaman pohon Mangrove bersama LindungiHutan dalam kampanye alam dan rangkaian acara yang bertajuk “AXA Week for Good: Penanaman 500 Pohon Mangrove di PIK, jakarta Utara”.

Dokumentasi pelaksanaan acara CSR menanam mangrove AXA bersama LindungiHutan di PIK, Jakarta Utara.
Pelaksanaan acara penanaman pohon mangrove di PIK, Jakarta untuk memperingati program AXA Week for Good 2021 (Dokumentasi: LindungiHutan/Business Development).

Acara ini dilaksanakan di Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Sebanyak 500 bibit pohon mangrove pada pelaksanaan kegiatan.

Pantai Indah Kapuk (PIK) merupakan sebuah wilayah yang menjadi benteng abrasi dan erosi di kawasan Jakarta. Terdapat kawasan wisata hutan Mangrove dengan luasan mencapai 99 hektar bisa ditemukan di PIK, dengan 40% lahan di kawasan hutan yang digunakan untuk konservasi hutan bakau alami.

Meskipun begitu, kondisi hutan mangrove PIK belum mampu berfungsi sebagaimana mestinya. Jakarta tetap menjadi daerah rawan banjir karena penyerapan air yang buruk dan naiknya permukaan air laut. Kawasan yang seharusnya menjadi tameng pada wilayah pesisir, sekarang ini sudah banyak berganti menjadi pemukiman mewah.

Perubahan bentangan alam yang terjadi di wilayah pantai utara Jakarta adalah penyebab wilayah tersebut sampai saat ini mudah terendam banjir.

Jika hutan mangrove di PIK terus berkurang akan menimbulkan lebih banyak lagi bencana yang tidak diinginkan. Kurangnya kesadaran masyarakat dan pihak-pihak yang mengizinkan pembembangunan di kawasan PIK tentu menjadi akar masalah ini.

Penanaman lebih banyak pohon Mangrove yang diikuti dengan monitoring berkala merupakan salah satu solusi yang dapat dilakukan.

Oleh karena itu, AXA Group bersama dengan LindungiHutan bertekad untuk mencegah dan mengurangi masalah-masalah di atas melalui penanaman 500 pohon bakau yang dapat mengendapkan lumpur di akar-akar pohon bakau sehingga dapat mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratan.

Selain itu, pohon bakau memiliki akar yang dapat mempercepat penguraian limbah organik dan limbah kimia yang dapat mencemari laut. Penanaman mangrove di PIK merupakan langkah pertahanan terhadap resiko bencana banjir di Jakarta.

Baca juga: Pigeon Indonesia Tanam 5 Ribu Mangrove di Bekasi

Penulis: Farhana Nisa

Tertarik untuk Terlibat Langsung Menghijaukan Indonesia Seperti AXA Group

LindungiHutan telah dipercaya 40.000+ pengguna dan masyarakat Indonesia sebagai startup penanaman pohon yang mudah, transparan dan berkelanjutan. Lebih dari 200 mitra hijau telah menjalin kerja sama dengan kami.

Rawat Bumi LindungiHutan