Connect with us

Mitra Hijau

N’PURE Tanam 10 Ribu Pohon di Bekasi dan Demak untuk Cegah Abrasi

Published

on

N'PURE tanam pohon Mangrove Rhizophora di Demak dan Bekasi.

N’PURE bukan sekadar brand kecantikan lokal yang memberikan janji manis wajah cantik dalam waktu seketika. Lebih dari itu, N’PURE percaya bahwa cantik merupakan proses alami. Sesuai dengan pesan yang ingin mereka sampaikan “Pure Beauty in Natural Way”. Sebuah proses yang bisa diwujudkan oleh siapapun tanpa terkecuali dengan rutin merawat diri.

Terlebih lagi, NPURE membawa visi untuk mendorong wanita Indonesia lebih percaya diri dengan memiliki kulit cantik alami yang sehat.

Bicara soal perawatan diri, maka bukan hanya soal menggunakan skincare. Lebih jauhnya, kandungan apa yang ada di dalam produk kecantikan tersebut rasa-rasanya juga menjadi salah satu faktor yang patut untuk dipertimbangkan.

Dalam konteks ini, brand kecantikan tersebut telah menghadirkan produk skincare yang menggunakan kandungan alami. Produk milik N’PURE terbebas dari bahan beracun seperti Paraben, Alkohol, Mineral Oil, dan SLS.

Klaim tersebut pastinya bukan semata guna memenuhi kebutuhan iklan. Salah satu produk brand skin care ini yaitu Marigold Flower Anti-Aging Deep Cleansing Foaming Face Wash, mengandung ekstrak kelopak bunga marigold. Marigold bisa dikatakan sebagai calendula-nya Indonesia. Tumbuhan tersebut mempunyai pigmen organik yang berperan sebagai antioksidan.

Penyerahan sertifikat kerjasama LindungiHutan kepada N'PURE brand skin care.
Penyerahan sertifikat apresiasi atas upaya penghijauan yang N’PURE lakukan dari perwakilan tim LindungiHutan di kawasan pesisir desa Pantai Bahagia, kecamatan Muara Gembong, kabupaten Bekasi, Jawa Barat (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Langkah yang telah dilakukan oleh N’PURE selama kurang lebih 5 tahun merupakan sebuah langkah yang semestinya kita apresiasi. Di tengah masifnya kompetisi antara brand kecantikan saat ini, N’PURE tetap mengutamakan kualitas dan kepuasan penggunanya.

Bukan hanya itu, NPURE juga peduli dari mana asal bahan baku yang mereka gunakan. Brand kecantikan satu ini sadar akan keanekaragaman hayati di Indonesia. Dengan demikian, mereka senantiasa berusaha semaksimal mungkin guna memilih bahan baku alami yang berasal dari tanah Indonesia.

Baca juga: 10 Brand Skin Care Peduli Hutan Indonesia

N’PURE Brand Skincare Menanam Mangrove di Bekasi dan Demak

Proses penanaman pohon mangrove N'Pure bersama LindunguiHutan.
Proses penanaman pohon mangrove hasil kolaborasi N’PURE dan LindungiHutan di pesisir desa Bedono, kecamatan Muara Gembong, kabupaten Demak, Jawa Tengah (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Kesadaran dan kepedulian N’PURE atas kelestarian alam tidak hanya terwujud pada produknya yang ramah lingkungan, tetapi juga dalam kontribusi nyata lainnya yang diberikan. Kontribusi tersebut diwujudkan dalam bentuk kampanye alam dengan tajuk #PureGreenSafeNature.

N’PURE bersama LindungiHutan mengajak Pure’s Friend untuk ikut mengambil peran menghijaukan Indonesia. Dengan melakukan pembelian 1 N’PURE Clear Pad/1 N’PURE Cica Beat the Sun, maka Pure’s Friend telah turut serta melakukan penanaman 1 pohon di pesisir desa Pantai Bahagia, kecamatan Muara Gembong, kabupaten Bekasi, Jawa Barat dan pesisir desa Bedono, kecamatan Sayung, kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Pada tanggal 22 Oktober 2021 dan 27 Mei 2022, NPURE bersama LindungiHutan telah menanam kurang lebih 10.000 pohon mangrove Rhizophora sp. Jumlah pohon mangrove yang tertanam tersebut merupakan simbol kepedulian terhadap kelestarian alam.

Harapannya, pohon bakau yang telah brand tanam di pesisir utara pulau Jawa mampu mengurangi emisi karbon yang kian hari semakin parah sekaligus menjadi benteng alam. Hutan mangrove yang lestari bermanfaat untuk mencegah terjadinya abrasi dan banjir rob akibat peningkatan tinggi air laut.

Baca juga: Somethinc Menanam Puluhan Ribu Pohon untuk Pesisir Utara Jawa

Kondisi Pesisir Utara Jawa di Pantai Bahagia, Bekasi dan Desa Bedono, Demak

N’PURE bersama LindungiHutan memilih kedua lokasi tersebut dengan mempertimbangkan beberapa hal. Desa Pantai Bahagia yang terletak di kecamatan Muara Gembong, kabupaten Bekasi, Jawa Barat dipilih lantaran memiliki potensi untuk menjadi destinasi wisata bahari. Kawasan ini dapat dikembangkan menjadi tempat konservasi hutan mangrove sekaligus penangkaran satwa yang dilindungi yaitu Lutung Jawa.

Mitra petani dan masyarakat pantai bahagia menanam mangrove hasil kolaborasi LindungiHutan dan NPURE.
Lokasi penanaman mangrove di Bekasi (Dok: Business Development/LindungiHutan).

Sayangnya realita berkata lain, kondisi saat ini di daerah pesisir desa Pantai Bahagia bertolak belakang dengan rencana pengembangannya. Pantai Bahagia menjadi langganan banjir rob luapan air laut dan mengalami abrasi pesisir hingga 10-20 meter per tahunnya. Alhasil, garis pantai pun berkurang dan penduduk yang bermukim di sekitar pantai harus kehilangan tempat tinggalnya.

Fenomena serupa juga terjadi di desa Bedono, kecamatan Sayung, kabupaten Demak, Jawa Tengah. Wilayah tersebut sejatinya menyimpan potensi besar dalam bidang perikanan, budidaya hasil laut, serta wisata bahari.

Namun, pesisir utara Demak memiliki risiko daya rusak yang besar. Potensi kenaikan air lautnya saja hingga 3 cm/tahun, muka tanah pun mengalami penurunan mencapai 25 cm/tahun. Daratan Demak terancam tenggelam dalam waktu 10-20 tahun.

Berkaca kepada persoalan tersebut, N’PURE bersama LindungiHutan bertekad untuk mencegah kerusakan lebih lanjut yang diakibatkan oleh bencana abrasi. Lewat penanaman 10.000 pohon mangrove Rhizophora sp. yang diharapkan dapat memberikan social impact yang baik.

Tanaman mangrove Rhizophora sp. atau bakau mampu mengendapkan lumpur di akar-akar pohon bakau sehingga mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratan. Selain itu, Mangrove Rhizophora juga memiliki akar yang dapat mempercepat penguraian limbah organik dan limbah kimia. Dengan begitu, dapat mencegah terjadinya pencemaran air laut.

Semoga, apa yang didedikasikan oleh N’PURE bersama LindungiHutan berbuah kebaikan bagi masyarakat sekitar dan juga bumi kita.

Ikut Berkolaborasi Bersama Menghijaukan Indonesia dengan Mudah seperti NPURE bersama LindungiHutan

LindungiHutan telah berkerjasama dan berkolaborasi dengan 300+ brand dan perusahaan untuk memberikan dampak kebaikan sosial dan lingkungan. Kami membuka kesmpatan untuk menjalin kerjasama dengan berbagai brand kecantikan dan skin care seperti NPURE.

Muhamad Iqbal adalah SEO content writer di LindungiHutan dengan fokus pada tulisan-tulisan lingkungan, kehutanan dan sosial.

Survey LindungiHutan